BERITA MAGANG Pentingnya Magang Kerja Bagi Anak Sekolah Menengah Kejuruan

Pentingnya Magang Kerja Bagi Anak Sekolah Menengah Kejuruan

Pentingnya Magang Kerja Bagi Anak Sekolah Menengah Kejuruan

Magang kerja merupakan salah satu poin penting yang harus dicapai seorang siswa di sekolah kejuruan jika ingin melanjutkan kejenjang yang berikutnya. Magang menjadi hal penting dan menjadi salah satu hasil yang harus dicapai oleh siswa di sekolah kejuruan

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

Magang kerja sering kali kita dengar apalagi kalau kita punya anak yang sedang menempuh jejang pendidikan sekolah menengah kejuruan atau perguruan tinggi. Kadang-kadang kita sebagai orang tua malah merasa magang itu merepotkan karena anak kita harus keluar kota atau ngekos. Walau ada sedikit yang menyatakan tidak keberatan kalau anak ngekos, malah jadi mandiri tapi bagi sebagian besar orang tua merasa juga kalau magang di tempat yang jauh cukup merepotkan. 

Tujuan Magang Bagi Anak SMK

Sebelum masuk ke manfaat magang bagi anak SMK, kita harus mengetahui tentang apa itu tujuan magang bagi anak-anak SMK terlebih dahulu. Magang yang harus dilakukan, semata-mata hanya untuk menilai sejauh mana wawasan dan skill siswa namun ada tujuan lain diadakannya magang bagi siswa di SMK.

Mengimplementasikan ilmu yang didapat di sekolah

Sebagian besar anak SMK tentu sudah dibekali dengan skill yang sesuai dengan jurusan atau kompetensi yang sudah ia ambil saat mendaftar SMK. Bhakansejak kelas X semua siswa sudah dibekali dnegan berbagai macam skill yang tujuannya agar bisa diimplementasikan saat sudah nanti magang atau bahkan saat nanti sudah lulus dari sekolah.

Gambar : Tujuan dilakukan Magang

Siswa di SMK memang berbeda dengan siswa di SMA yang lebih banyak dibekalai oleh teori daripada dengan praktek di lapangan. Siswa SMK memang di persiapkan untuk langsung bekerja begitu ia lulus dari SMK, karena itu mereka dibekali lebih banyak skill dan praktek dari pada dengan teori semata. Implementasi ilmu dan skill yang didapatkan saat di sekolah diharapkan bisa menjadi sebuah bekal untuk siswa memulai belajar di dunia industri.

Untuk itu magang dilakukan sebagai batu loncatan siswa untuk unjuk gigi dengan kemampuannya perusahaan tempat ia melakukan magang. Harapannya agar siswa bisa langsung bekerja ditempat ia melakukan magang jika siswa tersebut berkompeten sesuai dengan standar perusahaan. 

Membentuk pola pikir yang konstruktif dan kritis

Tujuan lain dari mengikuti magang bagi siswa SMK adalah untuk mentuk pola pikir yang konstruksif dan kritis. Dimana siswa SMK bisa lebih berpikiran terbuka membina, membangun dan memperbaiki, sehingga kita tidak tenggelam dalam situasi pesimis dan ketakutan yang tak beralasan. Dengan magang siswa perlahan akan mulai menegrti situasi di dunia kerja sehingga mereka memiliki gambaran bagaimaan situasi bekerja di perusahaan yang menyebabkan mereka bisa memiliki pola pikir yang konstruktif.

Selain konstruktif juga diharapkan siswa bisa berpikir kritis dan membangun menanggapi segala macam  hal yang ada disekitarnya. Karena di tempat magang siswa haruslah aktif dalam memberikan masukan dan aktif utnuk menyuarakan pendapatnya untuk mengimbangi pola kerja di industri.

Melatih komunikasi dan kerjasama secara profesional

Melakukan magang juga bertujuan untuk melatih komunikasi dan kerjasama siswa secara lebih profesional. Di tempat magang siswa akan melihat bagaimana proses kerja sebagai seorang profesional, dengan demikian diharapkan siswa dapat mengikuti cara kerja profesional seperti di tempat magangnya.

Melihat bagaimana pentingnya proses komunikasi dan kerjasama yang ada di tempat magang bisa mempengaruhi siswa yang magang di tempat tersebut. Bentuk komunikasi yang dimaksud disini bukanhanya komunikasi secara lisan saja namun juga secara tertulis, bagaimana memahami brief atau membuat laporan harian yang harus dibuat sesuai dengan yang di minta perusahaan. Siswa akan terlatih untuk berpikir dan pbertindak profesional sesuai dengan perusahaan tempat magangnya.

Gambar : Tujuan mengikuti magang bagi siswa SMK

Membentuk etos kerja

Tujuan selanjutya adalah dapat membentuk etos kerja yang baik bagi siswa dan siswi di SMK. Setelah lulus kerja di harapkan siswa di SMK memiliki skill dan kemampuan yang sesuai dengan kompetensinya, bukan hanya memiliki nilai yang bagus saja.

Dengan adanya etos kerja yang baik tersebut, sehingga siswa lulusan dari SMK akan siap untuk terjun langsung ke dalam industri dan siap bekerja sesuai dengan kompetensinya.

Menambah wawasan serta keterampilan siswa

menambah wawasanserta keterampilan siswa juga menjadi tujuan utama dalam kegiatan magang tersebut. Untuk menambah kemampuan dan wawasan siswa SMK maka perlu praktek langsung di dunia industri agar dapat merasakan dan mengobservasi kegiatan di industri seperti apa.

Namun untuk di jaman yang serba modern ini, hal tersebut bisa dilakukan secara online terutama untuk siswa pada jurusan RPL dan Multimedia. Semua media yang digunakan sudah bisa dilakukan secara online, sehingga siswa dapat mengaksesnya darimanapun dan kapanpun dengan sangat mudah.


Manfaat magang bagi anak SMK

Setelah mengetahui tujuan dari diadakannya kegiatan magang untuk siswa SMK, maka yang selanjutnya perlu diketahui adalah manfaat magang bagi siswa SMK adalah sebagain berikut ini :

Adaptasi dengan dunia kerja

Mengikuti magang bisa menjadi latihan bagi siswa di SMK untuk melihat dunia kerja itu seperti apa, sehingga mereka bisa mulai beradaptasi untuk membiasakan diri bekerja sesuai dengan kompetensinya. Adaptasi yang dilakukan dapat berbeda-beda dari satu anak dengan anak yang lainnya. Beradaptasi juga merupakan suatu kemampuan khusus yang dimiliki oleh seseorang. Sehingga orang satu dengan orang lainnya akan mendapatkan pengalaman beradaptasi yang berbeda-beda tergantung dari sudut mana ia menyikapinya.

Sama halnya denga beradaptasi di dunia kerja, utnukanak-anak SMK tentu saja membutuhkan latihan untuk beradaptasi di dunia kerja apalagi mereka memang dipersiapkan untuk langsung bsia bekerja begitu lulus dari sekolah, berbeda halnya dengan siswa SMK yang memiliki waktu lebih panjang untuk mulai beradaptasi di dunia kerja.

Gambar : Manfaat magang bagi siswa SMK

Meningkatkan  Profesionalitas di bidangnya

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari mengikuti magang adalah meningkatkan profesionalitas. Mengikuti magang dapat meingkatkan profesionalitas, mengapa bisa begitu?

Karena pada saat megnikuti magang, siswa akan dipaksa untuk mengikuti culture atau cara kerja di dalam perusahaan tersebut. Dimana jika bekerja tentu saja harus totalitas agar sesuai dengan target perusahaan. Jiak tidak sesuai dengan target perusahaan tentu akanmenyebabkan kerugian pada perusahaan. untuk itu siswa yang melakukan magang akanmengikuti culture yang ada di perusahaan tersebut sehingga mereka bisa bekaerja secara profesional dan harus sesuai dengan target perusahaan agar tidak merugi.

Membentuk mental dan sikap yang bertanggung jawab

Masih berhubungan dengan poin diatas, magang juga bisa membentuk mental dan sikap yang bertanggung jawab. Karena memang berlatih bekerja harus sesuai dengan yang ada di perusahaan. Perusahaan akan ketat dalam hal disiplin dan tanggung jawab karena jika tidak menerapkan hal tersebut makan perusahaan akan merugi karena semua terget perusahaan tidak akan tercapai dengan baik.

Untuk itu siswa SMK yang magang secara otomatis akan terbentukmental dan sikap yang bertanggung jawab atas pekerjaan yang ia kerjakan tentu saja dengan disesuaikan target dari perusahaan tempat ia melakukan magang tersebut.

Gambar : Manfaat magang yang biss diambil bagi anak SMK

Mendapat ilmu dan wawasan

Siswa yang melakukan magang tentunya akan mendaptkan ilmu dan wawasan yang baru baik itu seputar dunia kerja maupun hal umum. Saat magang tentunya siswa akan mulai dari hal yang mudah dan akan terus meningkat seiiring dengan waktu dan kemempuan ia yang terus meningkat. 

Saat proses itu lah siswa akan mendapat banyak sekali wawasan dan ilmu deputar dunia kerja yang tidak ia dapatkan sebelumnya di sekolah. Ilmu yang ia dapatkan selama masa magang tersebut dapt ia terapkan kembali saat nanti ia sudah benar-benar masuk ke dunia kerja.

Ilmu dan wawasan yang didaptkan tidak hanya sebatas pada wawasan dalam bekerja namun juga wawasan dalam membangun bisnis, struktur organisasi yang ada dalam suatu perusahaan maupun jenjang karir yang bisa dia lakukan dari kompetensi yangisa miliki tersebut.

Belajar Menghargai uang

Hal yang penting dalam bekerja adalah bisa menghargai uang. Mengapa bisa seperti itu? Saat anak magang ia akan merasakan beratnya bekerja, sehingga ia akan mulai belajar cara menghargai uang yang ia dapatkan dari bekerja. Anak akan lebih selektif lagi dalam menggunakan uang karena mereka sudah merasakan bagaimana susahnya bekerja mencari uang itu.
Karena yang kita tahu untukanak seumuran siswa SMK yang masih menerima uang dari kedua orang tuanya, sebagian besar tidak akan mengetahui bagaimana kedua orangtuanya bekerja keras mencariuang untuknya. Dengan emngikuti magang, ia akan merasakan secara lansgung bagaimana mendapatkan uang untuk menghidupi dirinya sendiri.

Membangun hubungan yang baik dengan instansi penyelenggara

Yang terakhir adalah dapat membangun hubungan yang baik dengan instansi atau perusahaan tempat ia melakukan magang. Poin ini sebenarnya tidak selamanya menjadi patokan manfaat untuk magang karena tidak semua siswa yang melakukan magang akan mendapatkan hasil yang baik dari perusahaan tempat ia melakukan magang. Hal ini dapat terjadi apabila siswa saat magang memang kompeten dibidangnya dan memiliki tingkah laku dan attitude yang baik sehingga pihak perusahaan akan memberikan feed back yang baik kepada siswa tersebut bahkan bisa mengangkatnya menjadi pegawai tetap di perusahaannya.

 


Sumber : 

  • https://radarsemarang.com/2018/05/23/manfaat-program-magang-bagi-siswa-smk/
  • https://www.liputan6.com/news/read/3874065/7-tujuan-prakerin-bagi-siswa-dan-10-manfaat-yang-bisa-didapatkannya\
  • https://mamikos.com/info/tujuan-dan-manfaat-magang-pkl/
  • https://manfaat.co.id/manfaat-prakerin-bagi-siswa-sekolah-dan-instansi-perusahaan

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

magang smk
Febriani Sari

Febriani Sari

Senin, 23 September 2019