BERITA PRESS RELEASE Kunjungan Industri SMK Negeri 1 Padaherang, Kab. Pangandaran ke GAMELAB.ID

Kunjungan Industri SMK Negeri 1 Padaherang, Kab. Pangandaran ke GAMELAB.ID

Oleh Syamsul Arifin | Rabu, 15 Februari 2023

Kunjungan Industri SMK Negeri 1 Padaherang, Kab. Pangandaran ke GAMELAB.ID

Kegiatan Kunjungan Industri SMK Negeri 1 Padaherang, Kab. Pangandaran di GAMELAB.ID sangat seru dan meriah. Apalagi siswa-siswi SMK Negeri 1 Padaherang, Kab. Pangandaran sangat aktif pada saat sesi tanya jawab.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Siswa-siswi SMK Negeri 1 Padaherang, Kab. Pangandaran berkesempatan untuk berkunjung ke GAMELAB.ID pada hari Rabu (15/2/2023). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka melaksanakan salah satu kegiatan yang termasuk ke dalam kurikulum SMK, yakni Kunjungan Industri (KI).

Kunjungan Industri di GAMELAB.ID

Rabu pagi, suasana aula GAMELAB.ID mulai ramai dengan kehadiran siswa-siswi SMK Negeri 1 Padaherang, Kab. Pangandaran yang berjumlah sekitar 95 orang. Walaupun suasana langit sedikit mendung, tak menyurutkan semangat dan antusiasme siswa-siswi SMK Negeri 1 Padaherang, Kab. Pangandaran untuk mengikuti kegiatan Kunjungan Industri.

Kegiatan Kunjungan Industri ini dimulai pada pukul 08.30 WIB dengan agenda pertama adalah seminar. Materi seminar ini dibawakan oleh Kak Nia dengan tema Pengenalan Dunia Industri dan Proses Produksi di Educa Studio dan GAMELAB.ID.

Kunjungan Industri SMK Negeri 1 Padaherang, Pangandaran ke GAMELAB.ID

Kak Nia mengawali seminar dengan pengenalan perusahaan PT Educa Sisfomedia Indonesia yang merupakan ‘payung’ dari startup Educa Studio dan GAMELAB.ID. Educa Studio sendiri fokus di bidang game edukasi, aplikasi cerita interaktif hingga video di YouTube.

Adapun produk dari Educa Studio adalah seperti Marbel, Riri Cerita Anak Interaktif, Emak-Emak Matik, Kabi (Kisah Teladan Nabi), Kolak (Koleksi Lagu Anak) dan lain-lain. Kak Nia pun mengenalkan produk Educa Studio tersebut satu per satu kepada siswa-siswi SMK Negeri 1 Padaherang, Kab. Pangandaran.

Setelah pengenalan Educa Studio, tak lupa Kak Nia juga mengenalkan tentang GAMELAB.ID. GAMELAB.ID adalah tempat pelatihan, magang online dan kelas intensif yang sangat cocok untuk siswa-siswi SMK/SMA dan umum.

Kunjungan Industri SMK Negeri 1 Padaherang, Pangandaran ke GAMELAB.ID

Baca Juga : Memperkaya Pengetahuan Industri, SMK AL Mubarok Seminar Industri bersama Gamelab Indonesia

Sesi Tanya Jawab Kunjungan Industri

Kegiatan Kunjungan Industri di GAMELAB.ID tersebut makin seru ketika Kak Nia membuka sesi tanya jawab. Salah satu pertanyaan yang menarik adalah ketika siswi dari SMK Negeri 1 Padaherang, Kab. Pangandaran bertanya tentang monetisasi game. 

Menurutnya, materi tentang monetisasi game sangat jarang dibahas di sekolah atau di mana pun. Kak Nia pun memberikan penjelasan bahwa monetisasi game itu berhubungan dengan keuangan. Sehingga ini tergantung dari game developernya, apakah game yang dibuat adalah game gratis atau komersial.

Adapun proses untuk membuat game yang menghasilkan (uang) prosesnya cukup panjang mulai dari menentukan target penggunanya, riset mendalam, memiliki tim yang solid hingga membuat dan memasarkan game. Prosesnya memang sulit, tapi bukan berarti mustahil.

Kunjungan Industri SMK Negeri 1 Padaherang, Pangandaran ke GAMELAB.ID

Setelah itu, Kak Nia juga bertanya kepada siswa-siswi SMK Negeri 1 Padaherang, Kab. Pangandaran tentang seperti apa alur produksi game. Salah satu siswi SMK Negeri 1 Padaherang, Kab. Pangandaran pun menjawabnya.

Ia menjelaskan bahwa alur produksi game dimulai dari membuat konsep game (storyboard), aset (gambar), sound, programming dan tester. Sesi tanya jawab ini memang sangat hidup karena banyak siswa-siswi SMK Negeri 1 Padaherang, Kab. Pangandaran yang mengajukan dan menjawab pertanyaan.

Seru sekali kan Kunjungan Industri siswa-siswi SMK Negeri 1 Padaherang, Kab. Pangandaran? Apakah sekolah kamu sudah mengadakan kegiatan Kunjungan Industri di GAMELAB.ID? Jika belum, yuk sampaikan ke guru atau sekolah kamu agar mengadakan Kunjungan Industri di GAMELAB.ID.

Kunjungan Industri SMK Negeri 1 Padaherang, Pangandaran ke GAMELAB.ID

Selain Kunjungan Industri, sekolah kamu juga bisa mengikuti Program SMK Binaan GAMELAB.ID. Program ini sudah diikuti lebih dari 140 SMK di seluruh Indonesia. Adapun tujuan dari Program SMK Binaan GAMELAB.ID adalah mencetak siswa-siswi SMK yang berkompeten, siap kerja dan berwirausaha. 

Nantinya, di Program SMK Binaan ini ada program bernama Kelas Industri. Jika sekolah kamu ingin mengadakan Kunjungan Industri atau mengikuti Program SMK Binaan GAMELAB.ID, sekolah kamu bisa hubungi Tim GAMELAB.ID di sini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Rabu, 15 Februari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI