BERITA PRAKERJA Apa Itu Kartu Prakerja? Dan 16 Pertanyaan Lain Seputar Prakerja!

Apa Itu Kartu Prakerja? Dan 16 Pertanyaan Lain Seputar Prakerja!

Oleh Syamsul Arifin | Rabu, 8 Maret 2023

Apa Itu Kartu Prakerja? Dan 16 Pertanyaan Lain Seputar Prakerja!

Apa itu Kartu Prakerja? Di artikel ini kamu akan menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut. Bahkan, kamu juga akan mengetahui jawaban dari daftar pertanyaan seputar Kartu Prakerja yang sering diajukan.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Pemerintah telah resmi membuka Program Kartu Prakerja 2023. Prakerja Gelombang 48 sudah terpenuhi dan sekarang Prakerja Gelombang 49 baru dibuka. Kamu bisa membaca artikel Prakerja 2023 Gelombang 49 Kapan Dibuka? Ini Link Pendaftarannya! untuk mendaftar Gelombang 49. Tapi, sebenarnya apa itu Kartu Prakerja? Dan untuk siapa program Kartu Prakerja ini?

Apa Itu Kartu Prakerja dan Pertanyaan Lain yang Sering Ditanyakan

Berikut ini daftar pertanyaan yang paling sering ditanyakan mulai dari apa itu Kartu Prakerja? Hingga untuk siapa program Kartu Prakerja? Simak terus ya!

Apa Itu Kartu Prakerja?

Program Kartu Prakerja merupakan bantuan biaya pelatihan yang diberikan kepada Warga Negara Indonesia yang telah memenuhi syarat. Program ini dimaksudkan untuk mengembangkan sekaligus meningkatkan keterampilan para penerimanya.

Apa Tujuan Kartu Prakerja?

Tujuan Kartu Prakerja adalah untuk meningkatkan kompetensi peserta dan meningkatkan produktivitas sekaligus daya saing peserta. Program ini juga dapat bertujuan untuk meningkatkan skills peserta agar dapat memenuhi standar industri.

Apakah Kartu Prakerja untuk Menggaji Pengangguran?

Tidak! Program Kartu Prakerja merupakan bantuan biaya untuk mengikuti pelatihan dan meningkatkan kompetensi kerja pesertanya. Adapun pesertanya siapa saja yang telah memenuhi syarat termasuk yang sudah bekerja pun bisa.

Berapa Besaran Insentif Prakerja 2023?

Untuk Program Kartu Prakerja 2023, besaran insentif yang akan diterima oleh peserta adalah sebesar Rp4,2 juta. Untuk pembagiannya, kamu bisa membaca lebih lanjut di artikel Wow, Insentif Kartu Prakerja 2023 Alami Kenaikan, Ini Detailnya! yang sudah di-publish.

Apa Itu Kartu Prakerja - GAMELAB.ID

Apakah Bantuan Kartu Prakerja Bisa Diberikan secara Tunai?

Tidak bisa. Insentif Kartu Prakerja diberikan dalam bentuk non-tunai dan hanya bisa digunakan untuk membeli pelatihan online, offline atau campuran keduanya.

Siapa yang Berhak Menerima Manfaat Kartu Prakerja?

Siapa saja selama Warga Negara Indonesia, berusia 18 tahun ke atas, bukan pejabat pemerintahan seperti ASN, Polri/TNI, Komisaris BUMN/BUMD dan lainnya. Kamu bisa membacanya selengkapnya di Ternyata Begini Cara Daftar Program Kartu Prakerja 2023 Lewat HP [Lengkap dengan Tutorial] untuk melihat persyaratannya.

Apakah Harus Menganggur untuk Bisa Daftar Kartu Prakerja?

Tidak! Jika kamu sudah bekerja, korban PHK atau karyawan yang membutuhkan peningkatan keterampilan, kamu boleh daftar Kartu Prakerja 2023. Selama kamu tidak sedang menempuh pendidikan formal, maka kamu berhak menerima insentif Prakerja.

Apakah Lulusan SMA, SMK atau Universitas bisa Daftar Prakerja?

Tentu bisa! Program Kartu Prakerja diberikan kepada siapa saja yang telah memenuhi syarat. Di antaranya adalah tidak sedang menempuh pendidikan formal. Jadi, kalau kamu lulusan SMA, SMK atau Perguruan Tinggi, kamu bisa mendaftar Kartu Prakerja.

Siapa Pelaksana Program Kartu Prakerja?

Yang melaksanakan program ini adalah Manajemen Pelaksana. Manajemen Pelaksana ini berada di bawah naungan Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Adapun kebijakan terkait Kartu Prakerja ini dirumuskan oleh Komite yang berisi 8 orang menteri.

Berapa Kali Insentif Kartu Prakerja Diberikan?

Insentif Kartu Prakerja diberikan satu kali seumur hidup. Tapi, kamu bisa menggunakannya untuk membeli beberapa kelas atau pelatihan online.

Apakah Kartu Prakerja Bisa Digunakan oleh Orang Lain?

Tidak bisa. Insentif Kartu Prakerja hanya diberikan kepada peserta yang telah lolos administrasi dan tes online. Jadi, insentif hanya diberikan sesuai dengan nama peserta Kartu Prakerja yang telah terdaftar sebelumnya alias tidak bisa dipindahtangankan pada orang lain.

Apa Itu Kartu Prakerja - GAMELAB.ID

Berapa Jumlah Penerima Manfaat Kartu Prakerja 2023?

Untuk Kartu Prakerja 2023, pemerintah sebelumnya telah menyatakan bahwa ada 1 juta orang yang akan menerima insentif sebesar Rp4,2 juta. Kamu bisa membaca artikel Info Penting Kartu Prakerja 2023: Ketentuan, Syarat dan Jadwal Pendaftaran.

Untuk Menjadi Penerima Insentif Kartu Prakerja, Apakah Harus Mengikuti Tes Online?

Iya. Selain kamu harus lolos data administrasi seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Keluarga) dan data lain seperti email dan nomor handphone, kamu juga harus lolos tes online. Setidaknya, ada 2 tes online yang harus kamu kerjakan yakni tes kemampuan dasar dan tes motivasi.

Apakah Tes Ini Mempengaruhi Kelolosan?

Pastinya iya. Tes ini merupakan bagian dari seleksi. Oleh sebab itu, jika kamu tidak lolos tes online ini maka kamu juga tidak akan lolos menjadi peserta Program Kartu Prakerja 2023.

Apakah Ada Limit Waktu Pengerjaan Tes?

Tenang, kamu bisa menggunakan kertas, pulpen dan alat lainnya untuk mengerjakan tes. Tidak ada limit waktu, tapi pastikan jaringan internet stabil dan kamu mengerjakan tes dengan baik dan benar.

Ada Berapa Gelombang Kartu Prakerja?

Di tahun 2023, pemerintah telah membuka Kartu Prakerja Gelombang 49 setelah sebelumnya membuka Prakerja Gelombang 48 dan kuotanya penuh. Gelombang 50 akan dibuka jika kuota Gelombang 49 sudah penuh.

Setiap gelombang ini dibuka dalam periode tertentu dengan jumlah kuota yang telah ditentukan. Oleh sebab itu, jika masih ada gelombang yang saat ini dibuka, kamu harus segera daftar. Jika tidak, maka bisa saja kamu gagal mengikuti Kartu Prakerja karena kuota gelombang sudah penuh.

Jika Kuota Penuh, Apakah Masih Bisa Daftar Gelombang Berikutnya?

Iya. Jika kamu gagal lolos di gelombang sebelumnya, kamu masih memiliki kesempatan untuk mengikuti gelombang berikutnya.

Apa Itu Kartu Prakerja - GAMELAB.ID

Kelas Prakerja Unggulan: Musik Digital

Apa kelas pelatihan Prakerja terbaik? Jawabannya tergantung dari kebutuhan kamu sendiri. Skills apa yang kamu butuhkan atau ingin kamu tingkatkan? Jika kamu ingin menjadi seorang yang ahli di bidang musik digital, kamu bisa mencoba kelas pelatihan Membuat Musik Digital Menggunakan FL Studio Untuk Menjadi Multimedia Designer dari GAMELAB.ID.

Di kelas ini kamu akan mempelajari beberapa hal yang berkaitan dengan musik digital. Beberapa di antaranya adalah seperti:

- Pengetahuan dasar musik digital

- Belajar membuat beat drum

- Belajar membuat nada sederhana

- Belajar membuat lagu ambience

- Praktik recording, mixing hingga mastering

- Belajar menggunakan VST/Plugin

- Belajar membuat musik instrumental

Semuanya akan kamu lakukan hanya dengan menggunakan FL Studio. Keren sekali kan? Yuk segera manfaatkan saldo Prakerja-mu untuk membeli kelas Membuat Musik Digital Menggunakan FL Studio Untuk Menjadi Multimedia Designer dari GAMELAB.ID.

Baca Juga : Mengintip Dunia Programmer, Apa yang Tidak Dikatakan di Kampus!

Penutup

GAMELAB.ID secara resmi telah menjadi lembaga pelatihan atau partner Prakerja 2023. Salah satu kelas pelatihan yang saat ini bisa kamu daftar adalah Membuat Musik Digital Menggunakan FL Studio Untuk Menjadi Multimedia Designer dari GAMELAB.ID.

Beberapa keunggulan Kelas Prakerja di GAMELAB.ID adalah materi sesuai dengan kurikulum atau kebutuhan industri, didampingi trainer profesional dan pastinya ada sertifikat resmi. Kamu bisa menggunakan sertifikat resmi ini untuk melamar kerja. 

Yuk, segera daftar kelas Prakerja di GAMELAB.ID. Informasi lebih lanjut tentang Kelas Prakerja dan cara redeem voucher Prakerja di GAMELAB.ID, kamu bisa hubungi Tim GAMELAB.ID di sini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Rabu, 8 Maret 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI