BERITA INFORMASI Tips Mengatasi Stress pada Remaja

Tips Mengatasi Stress pada Remaja


Tips Mengatasi Stress pada Remaja

Artikel ini menjelaskan atau memaparkan tentang tips mengatasi stres pada remaja. Disini dijelaskan ada 5 tips yang dapat dipahami dan dilakukan oleh kita, dengan memahami dan melakukan tips ini maka hidup akan menjadi lebih baik, produktif dan bahagia se

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Tidak heran lagi dengan yang namanya stres pada remaja, semua orang bisa mengalami stres apalagi pada usia remaja seperti sekarang ini banyak yang mengalami stres karena stres dapat menyerang semua orang tanpa mengenal usia, maka tidak heran lagi jika sekarang dengan usianya yang masih remaja banyak mengalami stres. Tapi tidak perlu khawatir karena sebenarnya stres merupakan hal yang normal yang sering terjadi atau dialami oleh setiap orang. Jadi, stres juga bukan berarti dikatakan stres seperti gangguan jiwa yang mengakibatkan menjadi gila melainkan stres terjadi karena pikiran yang terlalu banyak dipikirkan sehingga pikiran menjadi tidak karuan atau bisa dikatakan dengan ketidakmampuan seseorang untuk mengatasi sebuah masalah yang tidak bisa dihadapi oleh mental, fisik maupun emosional pada diri seseorang karena merasa tertekan baik secara fisik maupun psikologis yang kemudian pada suatu saat dapat mempengaruhi keadaan fisik tersebut. 

Remaja adalah masa perkembangan atau masa peralihan dimana dari usia anak-anak ke usia dewasa. Salah satu pakar perkembangannya masa remaja merupakan masa yang dikatakan sebagai masa-masa sulit, mengapa dikatakan sebagai masa sulit karena masa sulit pada masa remaja ini banyak sekali yang dihadapinya yaitu dalam menghadapi perubahan hidupnya. Perubahan tersebut adalah kebutuhan untuk beradaptasi dengan suatu perubahan fisik dan psikologis pada seseorang dengan membentuk hubungan baru termasuk dalam mengekspresikan perasaan seksual. Dalam semua perubahan tersebut secara tidak langsung menuntut remaja untuk dapat mengendalikan dirinya sendiri dengan baik. Akan tetapi perubahan ini sering terjadi secara cepat karena banyak remaja yang mengalami manifestasi dari stres yang dihadapinya diantaranya yaitu depresi karena masalah atau karena banyak hal yang terlalu dipikirkan, kecemasan dalam hidupnya, pola makan dan pola tidur sangat tidak teratur, serta berbagai jenis lainnya. Masalah-masalah yang dihadapinya tersebut akan sangat mengganggu kesehatan pada fisik dan emosi yang tinggi serta psikologis pada remaja.

Berikut ini adalah tips untuk mengatasi stres pada remaja:

Melaksanakan ibadah

Yaitu melakukan kegiatan-kegiatan seperti shalat sunnah atau mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an karena semua kegiatan tersebut dapat menenangkan pikiran pada saat stres.

Me time (waktu untuk diri sendiri)

Bisa dengan meluangkan waktu untuk memanjakan diri, melakukan relaksasi tubuh kemudian bisa juga memanfaatkan waktu untuk perawatan kulit dengan langkah sederhana, seperti memakai masker wajah, dan lain-lain. Dengan  melakukan me time bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental kita, bahkan me time juga bisa menyegarkan pikiran yang menggangu sehingga terasa lebih segar.

Liburan atau refreshing (menyegarkan)

Bisa dengan melakukan aktivitas berlibur ke suatu tempat wisata baik itu wisata alam ataupun wisata yang lainnya yang dapat menengkan pikiran dan menyegarkan tubuh sehingga akan membuat pikiran menjadi lebih tenang, baik dan segar.

Bertukar cerita dengan teman

Kita bisa dengan bercerita apa saja kepada teman tentang masalah yang sedang dipikirkan atau masalah yang sedang dihadapi sehingga kita merasa masalah itu terlalu berat dan harus bagaimana lagi cara mengatasinya, jadi kita bisa minta pendapat atau solusi dari teman dengan bercerita maka itu akan lebih meringankan masalah yang sedang dipikirkan sehingga akan lebih tenang terhadap kita.

Melakukan aktivitas olahraga

Bisa melakukan jalan santai atau jalan cepat selama kurang lebih 30 menit. Dengan melakukan jalan kaki atau jalan cepat juga bisa memanjakan mata dengan menikmati pemandangan pohon-pohon sekitar perjalanan atau bisa juga dengan melakukan aktivitas olahraga yoga yang membuat tubuh menjadi lebih lentur dan mengurangi ketegangan otot yang memusatkan pikiran melalui pernapasan dalam yang bisa memicu respons relaksasi tubuh dan menjadi aktivitas penghilang stres. Melakukan olahraga selain untuk membuat tubuh menjadi sehat dengan olahraga juga dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Semua tips di atas adalah cara untuk membantu remaja dalam mengatsi stres. Kemudian setiap orang  juga memiliki cara mengatasi stres yang mereka lakukan dengan cara yang berbeda-beda. Ketika hidup kita penuh dengan tekanan yang dapat menyebabkan stres, maka kita perlu memanfaatkan waktu atau mengenali hal-hal yang dapat membuat kita stres serta cara mengatasinya. Tips stres atau melakukan cara untuk mengatasi stres merupakan sesuatu yang sangat membutuhkan komitmen serta usaha yang berkesinambungan. Dengan memahami semua cara untuk mengatasi stres, maka hidup akan menjadi lebih baik, produktif dan bahagia serta kita bisa menjalani hari tanpa rasa cemas maupun gelisah. Demikianlah beberapa tips mengatasi stres pada remaja yang bisa kita terapkan secara mandiri dengan sebaik mungkin.

 

Sumber referensi : https://persfe.com/tips-sederhana-mengatasi-stres-pada-remaja/#.YVCSdVMxfqs

           


Putri Helmalia Rinzani

Putri Helmalia Rinzani

Jumat, 8 Oktober 2021