Yuk, mengenal apa itu GAME ENGINE

BERITA GAME PROGRAMMING Yuk, mengenal apa itu GAME ENGINE

Yuk, mengenal apa itu GAME ENGINE

Teman-teman mungkin pernah mendengar tentang istilah game engine, nah pada pembahasan kali ini Tim GameLab.ID akan membahas seluk-beluk game engine supaya kamu yang ingin mengembangkan game kamu sendiri bisa mengetahui salah satu materi dasar penting tersebut.

Apa itu GAME ENGINE?

Game engine itu sendiri pada dasarnya adalah sebuah perangkat lunak atau bisa berdiri sebagai library yang dapat digunakan untuk membuat game. Adapun fungsi-fungsi dasar yang ada di dalam game engine bisa dilihat pada daftar di bawah ini: 

  • rendering baik 2D maupun 3D (bisa salah satu atau bisa keduanya)
  • physics engine
  • pengatur audio
  • scripting
  • pengatur dan penampilan animasi
  • networking dan streaming data
  • pengaturan memori
  • pengaturan grafis

Seberapa Pentingkah GAME ENGINE?

Bagi pengembang game, game engine memegang peranan penting karena fungsionalitas yang disediakan di dalamnya. Analoginya jika di dalam pembuatan roti, maka game engine itu adalah mesinnya. Jadi kita dalam membuat roti tidak harus membuatnya dari nol, adapun fungsi-fungsi dasar dan penting sudah ditangani oleh mesin (game engine) tersebut.

Penggunaan game engine yang tepat akan mempermudah dan mempercepat proses produksi. Maka akan bijaksana jika kita memilih dan menggunakan game engine yang tepat menyesuaikan skala game yang kita buat. Setiap game engine juga memiliki kompleksitasnya masing-masing, perlu juga kita pertimbangkan apakah semua fitur yang disediakan di dalamnya akan kita pakai semua atau tidak.

Mengenal GAME ENGINE Populer

Sebagai tambahan, saya akan coba membahasa beberapa game engine yang populer digunakan sehingga dapat memberikan gambaran dan pertimbangan kira-kira nanti kamu bakalan cocok dengan game engine yang mana.

Unreal Engine

Unreal Engine merupakan salah satu game engine yang cocok digunakan untuk membuat game kelas AAA. Mendukung bahasa pemrograman C++ dan UnrealScript dalam pengembangannya. Mulai tahun 2015, Unreal Engine gratis digunakan dengan batas pendapatan tertentu. Mendukung pengembangan game di berbagai platform 

Informasi lengkap mengenai Unreal Engine dapat dilihat pada link berikut ini: https://www.unrealengine.com/en-US/what-is-unreal-engine-4

Unity 3D

Unity 3D merupakan game engine yang populer belakangan ini, karena fitur yang lengkap dan kemudahan penggunaannya. Hampir sama dengan Unreal Engine, Unity 3D mendukung banyak sekali platform pengembangan. Unity 3D mendukung banyak sekali bahasa pemrograman dari C++, C#, Lua , JavaScript sampai Unity Script. Unity 3D juga dapat digunakan untuk mengembangkan game dengan kelas casual sampai di kelas AAA.

Informasi lengkap mengenai Unity 3D bisa mengunjungi websitenya di sini: https://unity3d.com/

Cocos2d-x

Cocos2d-x termasuk dalam kategori game engine yang gratis, berukuran kecil dan ringan. Mendukung 3 bahasa pemrograman yaitu C++, JavaScript dan Lua. Adapun saat ini cocos2d-x mendukung IDE yang ramah dalam perangkat lunak bernama Cocos-Creator. Sebelumnya, pengembang game harus memprogram dari nol secara full-code untuk menggunakan game engine ini. 

Adapun kelebihan dari game engine ini adalah sangat ringan dan dapat berjalan dengan sangat baik di berbagai perangkat mobile. Untuk membuat game berbasis web, terdapat varian lainnya bernama Cocos-HTML5. Untuk informasi lebih lengkap dapat mengunjungi http://www.cocos2d-x.org/

Construct

Construct hadir sebagai salah satu game engine yang menarik karena dapat dijalankan di mana saja dan kapan saja. Versi terbarunya yaitu Construct-3 dapat dijalankan di web browser dengan dukungan editor yang cukup fun dan mudah dipahami. Mendukung bahasa pemrograman JavaScript dan hasil pengembangan gamenya dapat dijalankan di berbagai platform termasuk web game (HTML 5) maupun mobile game. 

Saat ini construct-3 mendukung fitur multiplayer, cloud save, dan banyak lagi lainnya. Sayangnya game engine ini tidak gratis, untuk personal use kita harus berinvestasi sekitar Rp 1,5 juta per tahun, sedangkan untuk Organisasi kita harus berinvestasi sekitar Rp 2,2 juta per tahun. Untuk informasi lebih lengkap dapat mengunjungi https://www.scirra.com/

Corona

Corona Game Engine adalah game engine berbasis Lua yang sangat ringan, mudah digunakan namun powerfull. Fokus pada pengembangan game 2D, hasil pengembangan dapat dijalan di berbagai platform seperti iOS, Android, Amazon, Fire TV dan Android TV. 

Game Engine ini gratis untuk fitur-fitur utama (Core). Untuk informasi lebih lanjut tentang Corona bisa membuka situs berikut: https://coronalabs.com/

Phaser

Phaser adalah salah satu game engine HMTL 5 yang cukup powerfull. Jika kamu berkeinginan membuat game berbasis web, maka game engine ini cocok buat kamu. Mudah dipelajari dan mudah digunakan. Mendukung WebGL maupun Canvas dan memiliki banyak komponen dasar yang siap pakai. Kamu bahkan bisa mengembangkan sendiri komponen-komponen yang dibutuhkan jika perlu. 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Phaser bisa kunjungi situs berikut ini: https://phaser.io/

PENUTUP

Nah sekarang kamu semua sudah mengetahui pentingnya mengenal game engine, memilih game engine serta mengenal berbagai game engine yang populer. Kalau kamu masih bingung, tenaaaangg.... di GameLab.ID kamu juga bisa lho belajar game-game engine tersebut. Segera bergabung di kelas online atau program magangnya ya... Mbak-mbak dan Mas-mas Trainer sudah siap menunggu kamu, tunggu apa lagi... langsung join di sini ya: https://www.gamelab.id/how-to-join

 

game engine tools software unity construct cocos corona phaser instant facebook html5
Septi Yuliana

Septi Yuliana

Rabu, 20 Juni 2018