F.A.Q


  1. Waktu untuk proses pendaftaran KP dapat dilakukan dalam waktu 3 minggu sebelum peserta KP memulai kegiatan KP. Minggu 1 untuk registrasi dan menyelesaikan berkas yang diinput di GameLab, Minggu ke 2 untuk Daftar Ulang, yaitu pelunasan training fee dan proses pengiriman serta penerimaan surat Pernyataan KP, Minggu ke 3 untuk jadwal Conference call.
  2. Registrasi di www.gamelab.id, lakukan sign in menggunakan akun Facebook.
  3. Pilih Master Class, terdapat beberapa Class yang dapat kamu ambil seperti: Game 2D Art, Game 3D Art, Game Audio, Game Progamming, Game Testing, Game Data Analysis, Game Animation, Board and Card Game. Pilih Class sesuai dengan jurusan atau minat kamu.
  4. Upload Berkas. Isi formulir yang telah disediakan terlebih dahulu kemudian upload semua berkas-berkas yang dibutuhkan seperti: Surat Pengajuan KP (Resmi dari Kampus/Sekolah), Scan KTP, dan Scan KTM, pastikan untuk scan KTP dan KTM dalam format landscape.
  5. Validasi, proses validasi 1-3 hari dan akan di konfirmasi via Email dan WA yang di inputkan saat registrasi akun GameLab. Jadi pastikan Email aktif dan No Hp akun WA.
  6. Daftar Ulang, apabila DITERIMA lakukan pelunasan training fee (saat melakukan transfer masukan kode registrasi, kode registasi tertera di dasboard saat kamu login, kode registrasi sebagai kode unik yang dapat kamu masukan di 3digit terakhir nominal transfer)
  7. Setelah melalukan pelunasan training fee akan mendapatkan Surat Pernyataan KP dari GameLab via Email, unduh surat tersebut lalu dibubuhi dengan materai 6000 dan ditandatangani, lampirkan Surat Pengajuan KP Asli resmi dari kampus/sekolah, masukan semua berkas dalam map, kirim  via pos.
  8. Selanjutnya jika berkas yang dikirim sudah kami terima, kami akan upload Surat Penerimaan KP dan kamu resmi menjadi peserta KP di GameLab.id
  9. Conference call akan dijadwalkan setelah peserta KP dinyatakan diterima.

Iya, KP di GameLab.id berbayar.

Pembayaran tersebut digunakan untuk:

  1. Trainer online selama masa kerja praktek
  2. Modul online yang dapat diakses selama masa kerja praktek
  3. Sertifikat online tanda telah selesai KP (jika lulus)

Sistem KP di GameLab.id wajib Online, karena GameLab.id merupakan sebuah platform KP online.

  1. Untuk jam onlinenya sesuai jam kantor kami yaitu jam 08:00-17:00.
  2. Setiap hari wajib melakukan absen datang dan pulang melalui web gamelab.id.
  3. Setiap hari wajib Laporan project jam 11.30 dan 16.30.

Game Programming

Pengerjaan : Setup : Build :
- Visual Studio (Minimal 2013)
- Cocos2d-x 3.15 atau 3.16 (belum boleh diatasnya)
- Python 2.7 - Java
- Apache Ant 1.9
- Android NDK r13b
- Android SDK

 

Game 2D Art
-CorelDRAW Graphics Suite X8

Game 3D Art
-Blender 2.79

Tidak boleh, karena menggunakan software yang berbeda-beda menjadi tidak efisien saat trainer akan mengecek hasil kerja kalian.

Peserta KP akan mengerjakan  satu proyek yang sama yaitu Kelas Online yang diakhiri dengan Placement Test. Setelah menyelesaikan kelas online dan melakukan placement test, maka masing-masing peserta akan mendapat proyek utama dengan jumlah yang berbeda sesuai dengan kemampuan peserta KP.

Boleh, wajib meng-update absensi dan laporan kerja praktek.

Boleh, dan tetap wajib melakukan absensi, namun trainer akan mengecek setiap hari kerja.

Jika lupa untuk mengisi absen akan mempengaruhi nilai kedisiplinan kamu. Kelalaian absen akan menyebabkan kamu dianggap tidak hadir dan melakukan tindakan indisipliner.

Untuk mengetahui kinerja kamu selama kamu melakukan KP dan sebagai track record kerja apakah kamu sudah melakukan KP sesuai dengan SOP atau belum.

Kelengkapan berkas-berkas dapat diperoleh jika peserta KP telah dinyatakan LULUS dan sudah menyelesaikan Laporan KP yang di Acc oleh trainer dan pembimbing.

Untuk meminta berkas-berkas tersebut bisa konfirmasi via WA ke kak Septi (0857 2673 7832)

Kamu bisa datang ke kantor Educa Studio, sebelumnya kamu harus membuat janji terlebih dahulu.

Bisa, kamu dapat melakukan konsultasi dengan trainer kamu pada hari Jumat. Lakukan konfirmasi dengan trainer terlebih dahulu sebelum datang ke kantor Educa Studio.

Peserta KP bisa mengajukan ketidak hadiran maksimal 1 bulan 1x dengan alasan yang bisa diterima adalah sebagai berikut: 

  1. Ada anggota keluarga yang meninggal dunia
  2. Ada keperluan ke kampus atau sekolah

Adapun prosedur pengajukan ketidakhadiran adalah sebagai berikut: 

  1. Peserta mengajukan ijin maksimal 3 hari sebelum Hari H
  2. Sertakan alasan yang jelas dan sesuai dengan 2 poin alasan yang diterima
  3. Peserta yang tidak mendapatkan approval dari trainer tetapi tetap tidak absen dan mengirimkan laporan dianggap membolos

Untuk sakit, harus menyertakan surat dokter. Jika tidak, maka akan dianggap membolos. 

Peserta KP dinyatakan TIDAK LULUS apabila peserta KP :

  1. peserta KP tidak mampu menyelesaikan kelas dan modul
  2. peserta KP tidak ada progress yang signifikan setiap harinya
  3. peserta KP tidak menyelesaikan proyek studi kasus yang sudah diberikan trainer
  4. peserta KP tidak mau atau tidak mampu menyelesaikan proses administrasi dan finalisasi penyelesaikan proyek studi kasus

Peserta KP dinyatakan DISKUALIFIKASI apabila peserta KP tidak ada progress yang signifikan setiap harinya, tidak melakukan proses pelaporan, penyelesaian kelas online atau proyek yang sesuai dengan SOP, melakukan tindakan indisipliner yang berlebihan.

Apabila ada peserta KP yang melakukan tindak indisipliner (tidak membalas chat atau diskusi di Group Belajar, tidak ada kabar, tidak ada laporan, susah untuk dihubungi dan kegiatan sejenis lainnya) sebanyak 3x, maka peserta KP akan secara otomatis gugur dan dinyatakan DISKUALIFIKASI. Hal ini dilakukan tanpa ada peringatan atau pemberitahuan terlebih dahulu supaya peserta KP memiliki rasa tanggung jawab. 

Secara otomatis, kalau peserta KP masuk ke daftar diskualifikasi akan di masukkan oleh sistem ke dalam daftar hitam. Selain tindakan indisipliner, berikut hal-hal yang membuat peserta Kerja Praktek langsung DIDISKUALIFIKASI

  1. Tidak mengikuti conference call yang sudah diberitahukan oleh pihak manajemen Game Lab Indonesia. 
  2. Tidak membalas chat atau komunikasi oleh pihak manajemen atau dari trainer.