Uji Kompetensi Keahlian

Ukur pencapaian kompetensi siswa sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh, sekaligus sertifikasi capaian kompetensi peserta didik yang sudah diakui secara Nasional.

Apa itu Uji Kompetensi Keahlian?

Ketahui terlebih dahulu mengenai Uji Kompetensi Keahlian

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan langkah penjaminan mutu pendidikan dan kompetensi pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yang berbentuk ujian praktik kejuruan wajib yang digunakan untuk mengukur kompetensi siswa selama menempuh pendidikan kejuruan sesuai bidang yang telah dipilih. Tentunya, setiap SMK dapat menyelenggarakan UKK sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Materi uji yang diberikan di dalam UKK pada umumnya menggunakan standar yang telah ditetapkan oleh industri maupun oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Dan dalam pelaksanaannya, sekolah dapat bekerjasama dengan LSP ataupun bermitra dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI).

Gamelab Indonesia telah diverifikasi layak untuk menyelenggarakan Uji Kompetensi Keahlian. Dan kini membuka kerjasama dengan SMK di seluruh Indonesia untuk pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian.
Materi uji yang diberikan telah disesuaikan dengan kebutuhan terkini dunia Industri, sehingga peserta didik yang lulus memiliki sertifikat dan kompetensi yang dibutuhkan Industri.

Mengapa Uji Kompetensi Keahlian bersama Gamelab?

Melalui penyelenggaraan Uji Kompetensi Keahlian bersama Gamelab akan diperoleh manfaat sebagai berikut

1
Mengukur pencapaian kompetensi siswa SMK yang telah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh
2
Memfasilitasi siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikannya untuk mendapatkan sertifikat yang telah terverifikasi secara Nasional
3
Mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi yang berorientasi pada capaian kompetensi lulusan SMK sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
4
Memfasilitasi kerjasama SMK dengan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA) dalam rangka pelaksanaan Uji Kompetensi sesuai kebutuhan DUDIKA
5
Materi UKK disusun berdasarkan skema sertifikasi sesuai dengan jenjang kualifikasi peserta uji/asesi yang memuat kemampuan melaksanakan pekerjaan spesifik, operasional, dan/atau penjaminan mutu
6
Ujian dilaksanakan berbasis komputer melalui LMS Gamelab Indonesia dan sertikat kompetensi didapatkan dalam bentuk digital

Perangkat Uji Kompetensi Keahlian Gamelab

Perangkat Uji Kompetensi Keahlian Gamelab terdiri atas :

  1. Kisi-kisi Soal Praktik Kejuruan (KSP)

    Merupakan kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan spesifik, operasional dasar, dan pengendalian mutu yang harus dikuasai peserta uji.

  2. Kisi-kisi Soal Teori Kejuruan (KST)

    Merupakan pemahaman, aplikasi, dan penalaran serta logika pengetahuan yang terkait dengan kompetensi keahliannya masing-masing.

  3. Soal Praktik Kejuruan (SPK)

    Tes berbentuk penugasan untuk mengerjakan satu atau beberapa pekerjaan untuk menghasilkan suatu produk sesuai bidang yang ditempuh.

  4. Soal Teori Kejuruan (STK)

    Tes berbentuk pilihan ganda dan uraian, serta dilaksanakan dalam bentuk Tes Berbasis Komputer melalui LMS Gamelab

  5. Lembar Pedoman Penilaian Soal Praktik (PPsp)

    Merupakan deskripsi kompetensi yang digunakan sebagai acuan dalam pemberian skor setiap komponen penilaian.

Contoh Sertifikat Uji Kompetensi Keahlian

Peserta uji yang kompeten dan telah lulus akan mendapatkan sertifikat digital seperti berikut

Bidang Kompetensi Gamelab

SMK-SMK dengan jurusan berikut dapat bekerjasama dengan Gamelab

Multimedia (MM)

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Desain Komunikasi Visual (DKV)

Bisnis Daring Pemasaran (BDP)

Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran (OTKP)

Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL)

Dan keahlian kompetensi lainnya

Partner Uji Kompetensi Keahlian Gamelab

Berikut adalah SMK yang telah bekerjasama dengan Gamelab dalam pelaksanaan UKK

Foto Kegiatan Pelaksanaan UKK SMK Tunas Harapan Pati bersama Tim Gamelab Indonesia

Pelaksanaan TeFA SMK Telekomunikasi Tunas Harapan
Pelaksanaan TeFA SMK Telekomunikasi Tunas Harapan
Pelaksanaan TeFA SMK Telekomunikasi Tunas Harapan
Pelaksanaan TeFA SMK Telekomunikasi Tunas Harapan

Tertarik menyelenggarakan Uji Kompetensi Keahlian bersama Gamelab?

Gamelab bersedia bekerjasama dengan SMK di seluruh Indonesia yang berkeinginan menyelenggarakan Uji Kompetensi Keahlian sekaligus sertifikasi kompetensi keahlian. Hubungi tim kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait kerjasama Uji Kompetensi Keahlian.