BERITA GAME ARTWORK Tips and Tricks Membuat Desain Karakter dalam Game

Tips and Tricks Membuat Desain Karakter dalam Game

Tips and Tricks Membuat Desain Karakter dalam Game

Salah satu saya tarik pada game adalah karakternya. Lalu, bagaimana cara membuat desain karakter yang menarik? Simak tips and tricks nya disini!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Karakter dalam fiksi adalah tokoh yang berada di dalam sebuah narasi. Pada game, karakter tersebuh adalah tokoh-tokoh yang ada di dalamnya, baik karakter pemain, karaker pembantu, ataupun karakter lawan.

Desain karakter menjadi sangat penting dalam game, karena karakter tersebut menggambarkan seperti apa dunia game didalamnya, bagaimana alur cerita suatu game, serta penggambaran interaski antara game dengan pemain. Karakter dengan latar belakang viking tentu memiliki desain yang berbeda dengan karakter science fiction.

Berbeda dengan film dan animasi, desain karakter game lebih kompleks karena harus sesuai dengan gameplay  di dalamnya. Selain itu ada beberapa skill khusus yang disesuaikan dengan karakter yang akan dibuat. Eits, Tidak hanya itu! artsyle karakter dari berbagai genre game juga sangat beragam.

Baca Juga : Kolaborasi Seru Hiberjung dan Gamelab Indonesia

Tips and Tricks Memaksimalkan Desain Karaktermu

1. Membuat Informasi Detail Mengenai Karakter

Bayangkan seperti apa karakter yang ada dalam dunia game tersebut. Berapa usianya, apa gendernya, bagaimana ciri-ciri fisiknya, warna rambut, warna mata, jenis pakaian, senjata apa yang digunakan, dsb.

Coba deskripsikan karakter yang ingin dibuat. Semakin detail, akan semakin baik. Hal ini dapat membantu untuk memberikan gambaran lebih mengenai karakter yang akan dibuat, dan sesuai dengan hasil jadi karakternya nanti. Selain itu, dapat menghindari untuk hasil yang berbedadari yang direncanakan sebelumnya.

2. Mencari Referensi

Sangat penting untuk mencari referensi. Selain untuk memberikan design karakter yang lebih akurat, juga membantu mengkoreksi kesalahan yang bisa terjadi pada pembuatan karakter. Refernsi bisa didapat dari mana saja. Baik fotografi, sejarah, fenomena unik, animasi, film, komik, dll.

Setelah mendapatkan referensi yang sesuai, bisa cocokkan satu sama lain sesuai dengan bentuk karakter yang diinginkan. Jika memilih referensi dari karakter game lain, usahakan untuk menggunakan berbagai karakter dari game yang berbeda.

3. Pastikan Anatomi Karakter Benar

Salah satu kesalahan yang sering tidak dihiraukan ketika mendesai karakter adalah kesalahan anatomi. Seperti mata yang besar sebelah ataupun proporsi badan yang tidak sesuai. Perbaiki kesalahan tersebut dengan memperbanyak referensi dan mengimplementasikan ke karakter tersebut.

Sebagus apapun karakter yang kamu buat, kesan yang diapatkan dari karakter itu akan kurang apabila anatomi tubuhnya tidak sesuai. Maka dari itu, jangan lupa perbaiki kesalahan anatomi dari karakter yang sudah kamu buat.

4. Jangan Ragu untuk Exaggerate Karakter

Desain karakter yang paling lazim adalah bentuk tubuh manusia. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa membuat jenis karakter lainnya. Coba tambahkan bagian tubuh karakter yang unik dan dapat menjadi ciri khas dari karater itu. Seperti karakter setengah monster, makhluk hidup mitologi, cyborg, robot, binatang, ataupun monster.

Keunikan yang ada pada desain karakter akan membuat karaktermu berbeda dari lain. Selain bentuk tubuh, bisa juga exaggerate karater dengan model rambut ataupun pakaian yang unik, dan tentunya sesai dengan tema game.

5. Konsentrasi di Bagian Mata Karakter

Mata adalah bagian tubuh yang bisa mencerminkan kepribadian dan isi pikiran seseorang. Tidak hanya itu, pada karakter game juga bisa menggambarkan ekspresi, emosi, hingga kepribadian karakter.

Itulah alasannya kenapa saat ini, banyak karakter game memiliki warna dan bentuk mata yang bervariasi. Pada game dengan style anime tentu memiliki bentuk mata yang berbeda dengan game yang memiliki style semi realis. Begitu juga karakter antagonis dan protagonist, penggambarannya tentu memiliki mata yang berbeda.

Jika karakter yang dibuat tidak menggunakan mata, seperti alien ataupun monster, bsia memperkuat elemen lain di sekitar wajah.

6. Buat Beberapa Jenis Desain

Adakalanya, satu karakter desain tidak cocok dengan dunia game di dalamnya. Hal tersebut wajar, karena sebuah desain tentu tidak langsung sempurna dengan sekali buat. Selain itu, juga bisa menjadi pertimbangan untuk memilih hasil jadi desain dari beberapa opsi yang ada.

Memang, sedikit merepotkan membuat desain beragam untuk satu karater. Tetapi, hal ini tidak sia-sia untuk dilakukan. Beberapa opsi yang dibuat juga bisa dipilih dan dikombinaikan untuk penyempurnaan desain karakter, dan akhirnya bsia menjadi karakter yang authentic.

7. Pastikan Karakter Tidak Sama

Saat ini, ada banyak karakter game dengan desain dan artstyle yang beragam. Namun sayangnya, ada kemungkinan karakter yang kamu buat juga memiliki desain serupa dari karakter yang sudah ada. Namun, kamu sendiri tidak mengetahui ada karakter yang serupa dari desain karakter yang ada.

Hal ini bisa dihindari dengan meminta kritik dan saran dari orang terdekat. Ada kemungkian mereka mengetahui karakter yang memiliki bentuk yang mirip dari desainmu. Setelah itu, perbaiki desain karakter tersebut dan buatlah berbeda dari karakter serupa.

Nah, itu dia tips and tricks cara membuat desain karakter. Bagaimana? Apakah langsung akan kamu praktikkan?


Referensi:


Elyzabeth Cipra Manurung

Elyzabeth Cipra Manurung

Jumat, 3 Desember 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI