BERITA DESAINER GRAFIS Prospek Kerja Sebagai Seorang Desainer Grafis

Prospek Kerja Sebagai Seorang Desainer Grafis

Prospek Kerja Sebagai Seorang Desainer Grafis

Bekerja sebagai seorang Desainer Grafis untuk saat ini sangat lah bermacam-macam. Banyak prospek usaha yang bisa kamu masuki dengan menjadi seorang desainer grafis

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

Perubahan teknologi selain mempengaruhi perubahan pola pikir dan juga mempengaruhi tingkat kebutuhan suatu pekerjaan, salah satunya adalah sebagai seorang desainer grafis. Bekerja atau belajar sebagai seorang Desainer Grafis banyak hal yang dipelajari seperti ilmu periklanan, marketing, sosial, grafis, seni, fotografi, animasi, bahkan hingga coding. Dari banyaknya materi yang dipelajari maka akan ada saatnya untuk melakukan spesifikasi keahlian. Sehingga banyak prospek usaha yang bisa kamu masuki dengan menjadi seorang desainer grafis dan saat ini hampir semua industri membutuhkan seorang grafis desainer. Namun untuk artikel kali ini hanya akan kami bahas, 5 perusahaan yang identik dengan Desainer Grafis.

Desainer Grafis di Branding Consultant

Branding menjadi salah satu materi yang didapatkan seorang desainer grafis saat menempuh pendidikan. Bekerja di branding consultant tentunya menjadi hal yang lumrah untuk seorang desainer grafis. Desainer grafis akan bertanggung jawab untuk membranding sebuah perusahaan baru atau brand baru dengan lingkup pembuatan desain logo, packaging, maskot, company profile dan kebutuhan branding lainnya.

Desainer grafis akan bertanggung jawab pada pada visual seperti logo, tipografi, palet warna, dan gambar yang mewakili kepribadian brand-nya. Seorang desainer grafis yang bergerak pada bidang ini harus memiliki komunikasi yang sangat baik, keterampilan konseptual dan kreatif, serta hasrat untuk meneliti industri, organisasi, tren dan pesaing.Foto : Desainer Grafis (Freepik.com)

Desainer Grafis di Advertising

Seorang Desainer Grafis yang bekerja untuk kebutuhan advertising haruslah paham cara mengkomunikasikan melalui visual dengan sangat baik. Untuk kebutuhan advertising akan sangat fatal apabila visual yang ditampilkan tidak sama dengan maksud dan tujuan dari pesan yang ingin disampaikan kepada customer atau target audiece.

Detail pekerjaan yang harus mereka lakukan mulai dari mencari ide untuk mengkomunikasikan pesan dari iklan yang akan dibuat, proses eksekusi visual, hingga proses penempatan iklan yang cocok. Mereka yang bekerja di advertising haruslah mereka yang kreatif, berpikir out the box, bisa melihat hal-hal kecil yang bermakna, mengerti tren yang ada diantara target audience dan rasa ingin tahu yang tinggi.

Foto : Desainer Grafis (Freepik.com)

Desainer Grafis di Perusahaan Game

Selain di perusahaan branding dan advertising, profesi sebgai desainer grafis juga dibutuhkan di perusahaan game. Di dalam perusahaan game, desainer grafis bertugas sebagai penyedia kebutuhan gambar untuk kebutuhan game, mulai dari asset game, UI, gambar ilustrasi untuk marketing, logo, icon, hingga karkater, sesuai dengan kebutuhan di dalam game.

Desainer grafis game juga harus memikirkan tren dan style gambar yang cocok untuk game yang akan dibuat serta harus memikirkan visual yang sesuai dengan target audience. Mereka yang bekerja sebagai desainer game tentu harus sering mencari referensi dengan bermain game, mencari tren gambar. 

Foto : Desainer Grafis (Freepik.com)

Desainer Grafis di Software House

Di perusahaan software house sebenarnya tidak berbeda jauh dengan yang ada di perusahaan game, namun kita bedakan agar bisa lebih spesifik pada produknya. Desainer grafis di software house biasanya akan menangani aplikasi ataupun website. Dari hal itu dibutuhkan kemampuan untuk mendesain User Interface maupun User Experince dengan baik untuk tampilan aplikasi maupun website dengan nyaman dan user-friendly.

Jika kamu mengetahui coding web berupa html, PHP, MyQsl, Jquerry, Javascript tentu akan menjadi sebuah nilai tambah. Hal tersebut sangat berguna untuk membantu seorang desainer grafis web dalam membuat tampilan website.

Desainer Grafis di Production House

Desainer grafis dan jago dalam animasi atau pun memiliki kemampuan dalam editing video bisa jadi nilai plus buat kalian mencari tempat kerja. Ada beberapa perusahaan khusus yang memang bergerak di bidang pembuatan film, namun ada pula perusahaan lain yang bergerak dalam lain yang membutuhkan kemampuan animasi atau editing videomu. 

Desiner Grafis di Production House bisa bertugas sebagai video editing, animasi, maupun membuat motion graphics. Terlebih lagi saat ini kebutuhan akan hiburan secara digital sudah menjadi kebutuhan sehari hari. 

Foto : Desainer Grafis (Freepik.com)

Selain kelima perusahaan yang disebutkan diatas sebenarnya masih banyak perusahaan-perusahaan lainnya yang bisa menjadi prospek tempat kerja desainer grafis, seperti percetakan, studio foto, perkantoran, bahkan untuk rumah makan pun membutuhkan jasa dari desainer grafis.

Jadi tidak perlu khawatir dengan prospek kerja sebagai seorang desainer grafis akan bekerja dimana. Jika kamu tidak bekerja di kantor tau perusahaan, sebagai seorang desainer grafis masih bisa melakukan freelance dengan mencaripekerjaan lepas yang saat ini banyak internet.


Demikian artikel singkat prospek kerja desainer grafis. Berikutnya, akan saya bahas lagi berbagai pembahasan tentang desainer grafis lainnya. Oh iya, Game Lab membuka kelas DASAR GAME 2D ARTWORK MENGGUNKAN COREL DRAW juga lho, silakan register dan daftar ke kelas tersebut untuk mulai belajar.


Sumber :

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

desainer grafis graphics designer Game Lab
Febriani Sari

Febriani Sari

Senin, 16 September 2019