BERITA CLOUD COMPUTING Cloud Computing Untuk Investasi Jangka Panjang

Cloud Computing Untuk Investasi Jangka Panjang

Cloud Computing Untuk Investasi Jangka Panjang

Kini cloud computing alias komputasi awan semakin ramai dibicarakan di mana-mana. Singkatnya cloud computing merupakan pemanfaatan teknologi komputer yang berbasis internet di mana semua data dapat disimpan pada server yang ada di internet. Penggunaan clo

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

Kini cloud computing alias komputasi awan semakin ramai dibicarakan di mana-mana. Singkatnya cloud computing merupakan pemanfaatan teknologi komputer yang berbasis internet di mana semua data dapat disimpan pada server yang ada di internet. Penggunaan cloud computing bahkan dimanfaatkan dalam dunia bisnis sebagai investasi jangka panjang. Cloud computing tidak serta merta menjadi sebuah sesuatu yang hype sehingga menjadikannya investasi jangka panjang. Namun karena manfaat serta perannya dalam teknologi khususnya untuk penyimpanan data, sehingga menjadikan cloud computing menjadi sesuatu yang patutu untuk diinvestasikan.

Cloud Computing 

Cloud computing atau komputasi awan merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.  Teknologi komputer yang menggunakan sistem cloud ini, menjadikan internet sebagai pusat server dalam mengelola data dan aplikasi pengguna. Melalui sistem cloud, pengguna dapat menjalankan program tanpa instalasi dan dapat mengakses data pribadi mereka dengan akses internet.

Gambar : Manfaat menggunakan cloud computing

Penggunaan teknologi ini sangat membantu operasional perusahaan Anda. Hingga, saat ini banyak pebisnis yang mulai beralih dari metode konvensional menjadi teknologi cloud dan hal ini membuka peluang bisnis denganmemanfaatkan cloud computing.  Sekarang makin bertambah saja deretan perusahaan yang mulai membangun model usaha mereka dengan mengandalkan layanan cloud computing, misalnya Spotify. Dan berikut adalah penjelasan mengenai manfaat cloud dalam kehidupan sehari-hari, khususnya cloud computing.

  1. Data tersimpan terpusat di server
    manfaat pertama dari cloud computing adalah penyimpanan data yang terpusat pada satu server yang berdasarkan layanan dari provider layanan cloud computing tersebut. Dengan begitu pengguna tidak perlu menyediakan infrastruktur, baik itu media penyimpanan maupun data center karena keseluruhan data telah disediakan secara virtual melalui komputer.
    Selain itu dengan menggunakan cloud kita tidak perlu mengkhawatirkan tentang privasi, karena keamanan data dapat disimpan dengan aman di server yang difasilitiasi oleh penyedia layanan cloud computing, seperti  jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dan sebagainya.
  2. Keamanan data terjamin
    Seperti sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, kita tidak perlu mengkhawatirkan tentang masalah privasi maupun keamanan data yang ada pada cloud kita. Karena data yang berada pada cloud tersebut sudah disimpan dalam server yang sudah disediakan oleh penyedia layanan cloud computing
    Selain dari segi keamanan data dari pencurian data atau penyalahgunaan data, Cloud computing juga memiliki sistem pemulihan data yang tahan lama, sehingga kalian tidak perlu khawatir dengan data-data yang terhapus atau hilang tiba-tiba. Beberapa perusahaan memanfaatkan layanan dari cloud service untuk pemulihan data dengan harga yang lebih terjangkau daripada harus melakukan pemulihan data secara manual.
  3. Fleksibilitas dan skalabilitas tinggi
    Cloud Computing memiliki fleksibilitas yang tinggi dimana kita dapat mengaksesnya dimana pun berada serta kapan pun dengan bantuan koneksi internet. Misalnya saja kita membutuhkan untuk mengakses dokumen dan data saat berada di luar rumah, kita bisa berinteraksi dengan kantor visual kita dengan cepat dan tanpa kesulitan kapan pun kita memerlukannya melalui perangkat apapun yang tersambung dengan internet.
    Selain kelebihan pada tingkat flesibilitasnya, cloud computing juga memberikan manfaat pada skalabilitasnya. Layanan ini sangat ideal untuk perusahaan dengan permintaan bandwidth yang selalu meningkat atau berfluktuasi. Kebutuhan penyimpanan yang dibutuhkan setiap perusahaan berbeda-beda, hal ini dapat dengan mudah diatur dengan mengurangi atau mingkatkan kapasitas cloud dengan layanan server jarak jauh, sesuai dengan kebutuhan.
  4. Investasi jangka panjang
    Dengan menggunakan teknologi cloud computing, secara tidak langsung kita sudah berhemat dengan mengurangi biaya pembelian inventaris seperti infrastruktur dan hard disk. Sebagai pelanggan, kita hanya akan dikenai biaya rutin per bulan yang sudah disepakati dengan penyedia layanan cloud service ,jika dibandingkan dengan biaya pembelian infrastruktur dan hard disk maka akan lebih murah. Biaya royalti terhadap perangkat lunak juga akan berkurang karena keseluruhan sudah  dijalankan dengan komputasi berbasis teknologi cloud.

Baca juga artikel lainnya : Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Cyber Security


Cloud computing dan investasi jangka panjang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya cloud computing, memilik manfaat untuk investasi terutama untuk investasi bisnis jangka panjang. Karena perusahaan akan diuntungkan dengan adanya penghematan biaya yang dikeluarkan olehperusahaan dapat diminimalkan dengan menggunakan layanan cloud computing.  Penggunaan cloud computing saat ini juga menjadi sebuah hal yang wajib dilakukan oleh perusahaan-perusahaan jika mereka menginginkan investor untuk mendanai perusahaannya.

Gambar : Cara kerja cloud computing

Saat ini banyak e-commerce dengan jumlah pengguna yang sangat besar juga pasatinya memanfaatkan penggunaan cloud computing sebagai media penunjang peroduknya. Misalnya saja Gojek, merupakan salah satu start up dengan jumlah pelanggan yang sangat banyak. Bayangkan jika Gojek harus mneggunakan media konvensional utnuk menunjang perusahaannya, yang terjadi adalah cost membengkak dan pelayanan menjadi terganggu dan berakkibat berkurangnya pengguna aplikasinya. Berbeda jika menggunakan cloud computing, maka integrasi data pengguna menjadi lebih mudah di akses dan pengelolaannya menjadi lebih mudah dan aman dengan biaya yang lebih murah tentunya.

Adanya perusahaan-perusahaan seperti Gojek dan start up lainnya juga akan membawa dampak arus investasi menjadi lebih baik. Seperti yang dikemukakan oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), orang tidak akan tertarik berinvestasi di negara di mana tidak ada sarana cloud computing dan AI yang baik. Ibaratnya orang disuruh bangun pabrik di negara yang nggak ada listriknya. hal ini tentu saja akan mempengaruhi arus investasi yang ada saat ini. Dengan adanya pernyataan seperti itu tentu akan menimbulkan dampak yang besar bagi perubahan teknologi penyimpanan pada perusahaan-perusahaan.

TIdak menutup kemungkinan dengan pemanfaatan teknologi cloud computing ini akan semakin membuka pintu bagi investor asing untuk ikut mendanai perusahaan-perusahaan yang ada di dalam negeri. Jika ada teknologi yang memudahkan mengapa tidak dimanfaatkan dengan baik agar fungsi dan manfaatnya dapat dirasakan secara nyata.

 


Sumber : 

  • https://infokomputer.grid.id/read/121787602/mengapa-skill-cloud-computing-penting-bagi-arus-investasi-ke-indonesia?page=all
  • https://www.robicomp.com/manfaat-cloud-dalam-kehidupan-sehari-hari.html
  • https://www.hashmicro.com/id/blog/manfaat-utama-cloud-computing/
  • https://fingerspot.com/news/8-manfaat-ini-buktikan-pentingnya-cloud-bagi-perusahaan

 

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

cloud computing industri 4.0 komputasi awan
Febriani Sari

Febriani Sari

Kamis, 26 September 2019