BERITA SMK Launching Kelas Industri Gamelab Indonesia dan SMK NU 05 Kaliwungu Selatan

Launching Kelas Industri Gamelab Indonesia dan SMK NU 05 Kaliwungu Selatan

Launching Kelas Industri Gamelab Indonesia dan SMK NU 05 Kaliwungu Selatan

Bersamaan dengan Sosialisasi Ujian Sekolah, SMK NU 05 Kaliwungu Selatan melangsungkan acara Launching Kelas Industri Gamelab, untuk jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Kelas Industri serta kerjasama antara industri dan dunia pendidikan saat ini sangatlah penting, mengingat banyak sekali lulusan SMK yang mebutuhkan penyerapan tenaga kerja kedunia industri dengan tepat. Namun tepat saja tidak cukup, tetapi juga harus sesuai dengan standar kompetensi pada industri. 

Baik dari pihak sekolah maupun industri sama-sama kesulitan menemukan talent yang tepat sesuai dengan standarnya, oleh karena itu industri dan sekolah bekerjasama untuk menghasilkan output lulusan SMK yang bisa terserap dengan baik serta sesuai dengan standar di industri.

Sabtu, 18 Desember 2021 SMK NU 05 Kaliwungu menyelenggarakan kegiatan launching Kelas Industri Gamelab yang dihadiri oleh Bapak Wakil Bupati Kendal, H. Windu Suko Basuki, S.H., beserta pengawas SMK, komite, dan wali siswa. Dari tim Gamelab Indonesia diwakili oleh Septi Yuliana, S.Ds. sebagai koordinator program kelas industri dan Andi Saputro, S.Kom., sebagai kepala kurikulum dan pengajar, hadir ke SMK NU 05 Kaliwungu Selatan. Tak hanya itu, dalam kegiatan ini juga dilangsungkan peresmian laboratorium yang baru khusus untuk program Kelas Industri Gamelab Indonesia. 

Kedua belah pihak juga melaksanakan sinkronisasi kurikulum sebagai salah satu bagian dari kerjasama SMK dengan Industri. Sinkronisasi kurikulum dilaksanakan dengan tujuan merencanakan, membuat kesepakatan dan memastikan nantinya seluruh kegiatan proses pengimplementasian kurikulum industri dimiliki oleh mitra industri (PT Educa Sisfomedia Indonesia - Gamelab) pada kurikulum sekolah berjalan lancar.

Kerjasama SMK dan Industri

SMK NU 05 Kaliwungu Selatan dan PT Educa Sisfomedia Indonesia (Educa Studio dan Gamelab Indonesia) sebagai mitra industri telah menjalin kerjasama sinergis di beberapa bidang yaitu:

  • Link and match jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  • Sinkronisasi dan Pengembangan Kurikulum
  • Pembentukan kelas industri Gamelab “Game Developer"
  • Pengembangan lab standard industri
  • Guru tamu dan pengajar dari industri
  • Magang siswa
  • Pembentukan teaching factory

Kegiatan pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya laboratorium baru, khusus untuk kegiatan pembelajaran Program Kelas Industri Gamelab

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS)

Mengenal SMK NU 05 Kaliwungu Selatan

SMK NU 05 Kaliwungu Selatan merupakan sekolah berbasis pesantren yang beralamatkan di Jalan Soponyono No. 99, Kelurahan Kedungsuren, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

Memiliki visi “Mewujudkan lulusan yang kompeten, berkarakter, dan berjiwa enterpreneur”,  saat ini SMK NU 05 Kaliwungu Selatan mempunyai 2 kompetensi keahlian diantaranya:

  • Teknik & Bisnis Sepeda Motor (TBSM)
  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Laboratorium standar industri, siap untuk pelaksanaan program kelas industri "Game Developer"

Tentang Gamelab Indonesia

Gamelab Indonesia fokus pada pendidikan vokasi, khususnya SMK. Berdiri pada tahun 2018 di bawah PT Educa Sisfomedia Indonesia (Educa Studio). Educa Studio sendiri berdiri pada tahun 2011 yang fokus pada pengembangan media pembelajaran interaktif seperti edugames, animasi dan komik. 

Gamelab memiliki berbagai program pendidikan dan pelatihan seperti: 

  • Magang Online, termasuk integrasi Program Kampus Merdeka
  • Kelas industri dan Teaching Factory untuk SMK dan Perguruan Tinggi
  • Program Kartu Prakerja, program pelatihan dari pemerintah
Baca Juga : Kerjasama Kelas Industri IT Rabbi Radhiya dan Gamelab Indonesia

Pembukaan Kelas Industri dan Teaching Factory

Akhir kata, apabila ada SMK yang tertarik untuk melakukan kerjasama dengan industri bisa menghubungi tim Gamelab Indonesia untuk kami bantu fasilitasi dan realisasi. Program-program di Gamelab Indonesia fokus dan menyesuaikan kebutuhan pendidikan vokasi SMK yang terdiri dari: 


Dea Vinta Permata Efendi

Dea Vinta Permata Efendi

Senin, 20 Desember 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI