BERITA BISNIS & ADMINISTRASI Mengenal Cryptocurrency

Mengenal Cryptocurrency

Oleh Yemima Kristina Kolondam | Senin, 3 Januari 2022

Mengenal Cryptocurrency

Berkembang pesat beberapa tahun belakangan, apa itu cryptocurrency? Bagaimana mekanisme kerjanya? Apa saja fungsi dan kelebihan cryptocurrency?

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Istilah cryptocurrency terdiri dari dua kata, yaitu cryptography yang berarti kode rahasia, dan currency yang berarti mata uang. Sehingga cryptocurrency atau uang kripto diartikan sebagai mata uang digital atau virtual yang dilindungi dan dijamin keamanannya dengan kode rahasia. Penggunaan kode rahasia ini membuat cryptocurrency hampir tidak mungkin untuk dipalsukan.

Karena berupa uang digital, maka cryptocurrency hanya dapat digunakan pada komputer baik untuk transaksi digital maupun investasi, dan tidak memiliki bentuk fisik. Cryptocurrency berlaku secara global dan memiliki nilai yang sama di setiap negara. 

Mekanisme Kerja Cryptocurrency

Proses dan data transkasi dengan cryptocurrency dicatat dan disimpan dalam buku besar digital yang disebut blockchain. Blockchain ini tersebar luas dari satu komputer ke komputer lain dan terhubung melalui jaringan global.

Data dan proses transaksi tidak terpusat pada satu tempat, atau dikenal dengan istilah terdesentralisasi, sehingga semua tanggung jawab kontrol dan kelola berada di tangan pengguna masing-masing. Dengan kata lain, tidak ada pihak ketiga, seperti bank, yang menjadi perantara transaksi.

Cryptocurrency bersifat peer-to-peer dimana transaksi/komunikasi dua arah antara satu pihak dan pihak lain melalui jaringan komputer tidak melewati sebuah server pusat, melainkan semua pengguna merupakan server sekaligus klien.

Semua identitas pengguna dan aktivitas transaksi dalam cryptocurrency dienkripsi atau diubah menjadi kode rahasia dan dicatat dalam blokchain. Aktivitas yang sudah dicatat dalam blockchain ini bersifat permanen sehingga tidak bisa diubah atau dipalsukan.

Fungsi Cryptocurrency

Membeli Barang atau Jasa

Fungsi pertama cryptocurrency, seperti mata uang pada umumnya, adalah sebagai alat tukar barang ataupun jasa melalui transkasi atau media digital.

Beberapa toko, restoran, hotel, penerbangan, aplikasi, dan bar di dunia sudah menggunakan cryptocurrency sebagai salah satu metode transaksi resminya. Bahkan beberapa universitas juga sudah mulai menggunakan cryptocurrency.

Investasi

Selain sebagai alat tukar barang atau ajsa, cryptocurrency juga ramai dijadikan sebagai investasi belakang ini. Ini dikarenakan harga cryptocurrency yang semakin naik seiring dengan banyaknya permintaan dan peminatnya.

Mining

Cryptocurrency yang berupa kepingan emas ini juga bisa dikumpulkan dengan mining atau pertambangan yang disediakan sumber-sumber penghasil uang kripto yang disebut pool mining. Cara untuk mendapatkannya adalah dengan memecahkan teka-teki atau kode matematika yang kompleks dengan kemampuan komputasi. Apabila kode terpecahkan maka transaksi akan dikonfirmasi dan dicatat dalam blokchain, dan pengguna akan mendapat hadiah.

Jenis-jenis Cryptocurrency

Terdapat ribuan jenis cryptocurrency yang digunakan secara publik di dunia saat ini. Namun, tidak semua dapat diperdagangkan dengan bebas. Di Indonesia sendiri, terdapat 229 cryptocurrency yang diakui dan dapat digunakan secara resmi. Berikut adalah beberapa cryptocurrency yang populer digunakan di dunia saat ini:

Bitcoin (BTC)

Bitcoin adalah cryptocurrency pertama yang muncul pada tahun 2009. Saat ini Bitcoin memiliki nilai mata uang paling tinggi di dunia. Sekitar 68% cryptocurrency yang digunakan saat ini adalah jenis Bitcoin.

Degocoin (DOGE)

Jenis cryptocurrency ini merupakan turuan dari Litecoin yang muncul pada tahun 2013. Nilai mata uang Degocoin naik dengan pesat setelah mendapat dukungan dari Elon Musk, CEO Tesla. Tidak seperti Bitcoin, penambangan (mining) pada Degocoin tidak memiliki batasan jumlah koin yang ditambang.

Ether (ETH)

Ether atau lebih dikenal dengan nama Ethereum (nama blokchain-nya) adalah jenis cryptocurrency yang pencairan dananya cukup mudah. Jenis ini menggunakan kontrak pintar yang ditulis dengan kode pada blockchain sebagai persyaratan kerja sama untuk melakukan transaksi. 

Binance Coin (BNB)

Binance Coin merupakan jenis cryptocurrency yang dikeluarkan Binance Exchange pada tahun 2017. Koin digital BNB diperdangkan melalui blockchain yang sama dengan Ether, yakni Ethereum.

Cardano (ADA)

Jenis cryptocurrency ini memiliki blockchain pertama di  dunia yang sistemnya lebih efisien. Cardano saat ini juga menjadi uang kripto paling aman untuk digunakan.

Baca Juga : Mengulas Digital Branding, Sebuah Seni Menciptakan Citra yang Tak Terlupakan!

Kelebihan Cryptocurrency

  1. Cryptocurrency bersifat universal, dapat digunakan di mana saja tanpa persyaratan khusus, dan dengan nilai mata uang yang sama. 
  2. Transaksi dengan cryptocurrency lebih cepat karena dilakukan secara digital. Proses yang dilakukan hanya memakan waktu beberapa menit saja.
  3. Setiap pengguna cryptocurrency dapat melihat semua aktivitas transaksinya dengan jelas dan transparan, kecuali identitas pengguna karena diekripsi dalam bentuk kode, sehingga kerahasiaan dan keamanan tetap terjamin.
  4. Pengguna cryptocurrency memiliki kontrol penuh untuk mengelola dan mengatur uang kriptonya.

Selain kelebihan-kelebihan yang ditawarkan, cryptocurrency juga tentu memiliki kekurangaan dan risiko penggunaan seperti, rawan digunakan untuk kejahatan transaksi ilegal, risiko lupa password, serta belum diakui banyak negara untuk transaksi jual-beli dengan cryptocurrency karena dianggap ilegal.


Referensi:


Yemima Kristina Kolondam

Yemima Kristina Kolondam

Senin, 3 Januari 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI