BERITA KELAS INDUSTRI Pentingnya Sinkronisasi Penyelarasan Kurikulum Pada Kelas Industri

Pentingnya Sinkronisasi Penyelarasan Kurikulum Pada Kelas Industri

Pentingnya Sinkronisasi Penyelarasan Kurikulum Pada Kelas Industri

Kelas Industri merupakan salah satu program pemerintah agar dapat mencetak SDM dari SMK yang lebih berkualitas dengan bekerja sama langsung dengan perusahaan ataupun industri. SMK NU 01 Kendal dan Game Lab Indonesia melakukan sinkronisasi kurikulum

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

Kelas Industri merupakan salah satu program pemerintah agar dapat mencetak SDM dari SMK yang lebih berkualitas dengan bekerja sama langsung dengan perusahaan ataupun industri. Instansi pendidikan khususnya SMK diberikan kebebasan untuk mencari rekanan industri yang sesuai dengan kompetensi dan tujuan dari sekolah tersebut. Beberapa sekolah ada yang bekerja sama dengan 1 atau bahkan lebih, untuk meningkatkan kualitas SDM yang nantinya hasrus dihasilkan oleh sekolah tersebut. Dengan bekerjasama dengan industri rekanan tersebut, sekolah haruslah mengikuti cara kerja atau materi dari industri tersebut, melalui Sinkronisasi Kurikulum. Hal ini dilakukan dengan tujuan menyempurnakan pengembangan kurikulum yang selaras antara Dunia pendidikan dan Dunia Industri.

Foto : Sinkronisasi kurikulum Kelas Industri SMK NU 01 Kendal

Salah satu partner sekolah kami, yaitu SMK NU 01 Kendal jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, telah melakukan Sinkronisasi Kurikulum sebagai awal dari proses kelas industri pada tanggal 7 ontober 2019. Dari hasil sinkronisasi kurikulum tersebut telah disepakati kurikulum yang baik dan tidak mengganggu waktu belajar reguler siswa yang mengikuti kelas industri. Karena selain kurikulum dari industri, siswa tersebut masih harus mengikuti kurikulum reguler dari pemerintah, sehingga sebisa mungkin kurikulum dari industri dibuat dan di mapping sebaik mungkin agar tidak bertabrakan dengan kurikulum reguler.

Foto : Diskusi penyelarasan kurikulum kelas industri

Setelah disepakati kurikulum dan waktu pelaksaan maka selanjutnya guru produktif dari jurusan Rekayasa Perangkat Lunak yang melakukan kerjasama akan mengikuti pelatihan utnuk meningkatkan kompetensi. Pelatihan atau peningkatan kompetensi diharapkan guru akan lebih siap untuk menerapkan materi atau kurikulum dari industri kepada siswa-siswinya, sehingga materi dapat tersampaikan dengan baik. Harapan kami dengan adanya kelas industri dan kerja sama dengan sekolah atau SMK, dapat meningkatkan kualitas SDM yang dihasilkan oleh SMK, meningkatkan lapangan pekerjaan yang dihasilkan para lulusan SMK dengan membuka usaha mandiri sehingga tidak hanya bergantung pada industri namun dapat membuat sendiri perusahaan atau industrinya sendiri.

 

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

smk sinkronisasi kurikulum kelas industri
Febriani Sari

Febriani Sari

Senin, 7 Oktober 2019