BERITA KARIR Mengenal Profesi Data Scientist: Pengertian, Tugas, dan Skill Wajib

Mengenal Profesi Data Scientist: Pengertian, Tugas, dan Skill Wajib

Oleh Yemima Kristina Kolondam | Senin, 10 Januari 2022

Mengenal Profesi Data Scientist: Pengertian, Tugas, dan Skill Wajib

Apa itu profesi data scientist? Apa saja tugas seorang data scientist? Apa saja skill yang wajib dimiliki seorang data scientist?

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Perkembangan teknologi yang berorientasi pada big data dan pengolahan data saat ini memunculkan banyak profesi baru terkait bidang teknologi dan informasi (IT).

Data memiliki nilai yang sanggat tinggi bagi perusahaan dan pemiliki bisnis sehingga diperlukan orang-orang yang yang memiliki kemampuan dalam mengolah data tersebut dengan baik untuk dimanfaatkan bagi perkembangan bisnisnya.

Pengolahan data yang baik memberikan manfaat besar bagi perusahaan terkait pengembangan produk, strategi bisnis dan pemasaran, dsb. Salah satu profesi yang bekerja dibalik teknologi pengolahan data adalah Data Scientist.

Apa itu Data Scientist

Data scientist merupakan salah satu profesi dalam bidang IT yang sangat berkembang dan banyak dicari perusahaan atau pemiliki bisnis saat ini.

Seorang data scientist bertugas untuk mengumpulkan, menafsirkan, dan menganalisis kumpulan data dalam jumlah besar (big data) baik tersturktur maupun tidak terstuktur.

Data tersebut dapat berasal dari  berbagai sumber, mulai dari data perusahaan, media sosial, smart device (perangkat pintar), data mesin, dan berbagai data lainnya yang dimiliki perusahaan.

Pengolahan data ini bertujuan untuk memahami (mendapat insight) tentang suatu isu, serta memberikan prediksi atau kemungkinan tentang sesuatu di masa depan yang berdasarkan data. Data yang telah diolah kemudian dimanfaatkan perusahaan sebagai rekomendasi untuk membuat strategi atau keputusan bisnis.

Profesi data scientist sebenarnya mirip dengan statistikawan. Namun, perbedaan keduanya terletak pada jenis data dan metode pengolahan data yang digunakan.

Seorang statistikawan masih menggunakan metode manual, sedangkan seorang data scientist bekerja dengan data dan media digital. Dalam proses pengolahan datanya melibatkan banyak algoritma, tools, dan cara kerja mesin.

Karena itu, seorang data scientist harus menguasai ilmu multi disiplin seperti matemaika statistik, menggunakan tools analisis data, dan ilmu komputer.

Tugas dan Tanggung Jawab Data Scientist

  • Data scientist bertugas untuk menganalisis database perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk, marketing, dan strategi bisnis.
  • Selain melakukan analisis, data scientist juga mengadakan penelitian dan perancangan (percobaan) dari data-data yang ditemukan.
  • Pengolahan data yang dilakukan diharapkan bisa menghasilkan insight yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis perusahaan.
  • Data scientist harus mampu memberikan saran atau solusi berdasarkan hasil temuan dan uji data yang akurat dan efisien.
  • Data scientist juga memantau dan menganalisis kinerja dan akurasi data.
  • Soft skill seperti team work atau mampu bekerja dan berkolaborasi bersama tim juga harus dimiliki seorang data scientist untuk mendiskusikan segala keperluan terkait data, dsb.
  • Begitu juga dengan kemampuan komunikasi yang baik dan dapat menyajikan data secara jelas. 
Baca Juga : Big Data: Memahami Konsep dan Manfaatnya di Berbagai Sektor

Skill Wajib Data Scientist

Matematika dan Statistik

Seorang data scientist harus menguasai dasar-dasar ilmu matematika seperti kalkulus, aljabar, linear,  dsb karena  banyak digunakan dalam proses analisis.

Begitu juga dengan ilmu statistika yang membantu dalam  memahami makna data, validasi hipotesis data, dsb.

Matematika dan statistik juga menjadi dasar dalam menentukan algoritma yang tepat untuk sebuah data dan untuk mengembangkan software machine learning yang digunakan sebagai tools analisis data.

Pemrograman dan Penggunaan Tools Analisis Data

Untuk mengolah big data, tidak bisa menggunakan metode dan tools tradisional atau manual. Diperlukan kemampuan pemrograman (coding) untuk memvisualisasikan dan menganalis data.

Data scientist perlu menjalankan algoritma yang kompleks dan tools yang canggih untuk menunjang kerjanya. Untuk itu seorang data scientist harus menguasai sejumlah bahasa pemrograman seperti Python, SAS, SQL, dan R yang biasa digunakan pada tools analisis data, serta menguasai penggunaan tools tersebut, seperti machine learning dan teknik data mining.

Kemampuan Bisnis

Data scientist memiliki tugas dan tanggung jawab untuk berkontribusi dalam memberikan solusi atau ide-ide terkait strategi bisnis perusahaan, karena memiliki pengetahuan dan pemahaman data yang lebih dalam dan tidak dimiliki orang lain.

Untuk itu, seorang data scientist juga harus memiliki ketajaman bisnis yang kuat untuk dapat memberikan solusi-solusi (insight) yang strategis dan efisen untuk meningkatkan perkembangan bisnis perusahaan.

Soft Skills

Selain keahlian teknis dalam bidang IT tertentu, data scientist harus memiliki soft skill yang baik untuk menunjang kerjanya. Salah satunya adalah kemampuan komunikasi yang dapat menyampaikan ide dan hasil pengolahan datanya secara lisan maupun tulisan dengan baik dan jelas kepada anggota tim.

Soft skill lainnya adalah kemampuan pemecahan masalah (problem solving), di mana seorang data scientist perlu memiliki pemikiran yang kritis, analisis, dan kreatif dalam menemukan solusi, serta memiliki intuisi yang tajam untuk menggambarkan dan menyimpulkan kumpulan data yang diperoleh secara umum dengan cepat.

Demikian sedikit informasi tentang profesi data scientist. Apakah kalian tertarik berkarir sebagai seorang data scientist? Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat!


Sumber Referensi :


Yemima Kristina Kolondam

Yemima Kristina Kolondam

Senin, 10 Januari 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI