BERITA TEKNOLOGI 3 Komponen Utama Mesin Komputer : Hardware, Software dan Brainware

3 Komponen Utama Mesin Komputer : Hardware, Software dan Brainware

3 Komponen Utama Mesin Komputer : Hardware, Software dan Brainware

Sering menggunakan komputer? Sudah tahu apa saja komponen yang menyusun mesin komputer sehingga bisa berjalan dan berfungsi dengan baik? Nah, artikel ini akan membahas tentang 3 komponen utama mesin komputer beserta fungsi dan jenisnya.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Di era yang sudah serba digital dan modern ini,  semua aspek kehidupan manusia tidak terlepas dari penggunaan teknologi. Berbagai mesin dikembangkan untuk membantu memudahkan aktivitas manusia.

Salah satu teknologi tersebut adalah mesin komputer. Baik untuk keperluan pekerjaan, edukasi, bahkan kebutuhan sehari-hari lainnya, seperti mencari infromasi, belanja sampai hiburan dapat dilakukan hanya dalam satu perangkat saja, yaitu komputer.

Komputer semakin menjadi salah satu kebutuhan utama seseorang yang juga masih terus dikembangkan secara model dan fungsinya oleh perusahaan-perusahaan dalam bidang teknologi.

Mesin komputer sendiri memiliki 3 komponen utama yang membangunnya, yaitu : hardware, software dan brainware. Berikut penjelasan lengkapnya.

Hardware / Perangkat Keras

Hardware atau perangkat keras adalah semua jenis komponen pada komputer yang memiliki bentuk fisik yang dapat dlihat dan digunakan secara langsung. Hardware  berfungsi sebagai penghubung antara pengguna dengan sistem komputer.

Hardware pada komputer dibagi menjadi 3 jenis berikut :

Jenis-jenis Hardware

1. Input Device

Input device adalah perangkat keras yang memiliki fungsi sebagai gerbang masuk data. Input device adalah komponen untuk memasukkan perintah dan data ke dalam sistem komputer yang kemudian akan di olah.

Perangkat input komputer mencakup keyboard, mouse, webcam, dan scanner.

2. Processing Device

Setelah perintah atau data dimasukkan, input tersebut akan diolah dalam processing device. Komponen ini menerima dan menjalankan data ke perangkat lunak (software).

Perangkat pengolahan data pada komputer berpusat pada Central Processing Unit (CPU) yang dikenal sebagai otak dari sistem komputer. Komponen-komponen pada CPU mencakup RAM, kartu VGA, hard disk, mother board, dan cooling fan.

3. Output Device

Perintah dan data yang sudah diolah kemudian ditampilkan sebagai informasi kepada pengguna melalui output device. Output device komputer mencakup monitor, printer, headphone, speaker, dsb.

4. Storage Device

Terakhir, komputer juga memiliki perangkat keras untuk penyimpanan data yang disebut storage device. Storage device komputer mencakup internal storage dan external storage. 

Internal storage merupakan perangkat penyimpanan yang melekat pada CPU, yaitu hard disk dan RAM. Sedangkan external storage adalah perangkat penyimpanan yang dapat dilepas dan tidak menyatu dengan hardware komputer, seperti hard disk eksternal, CD, DVD dan flashdisk.

Software / Perangkat Lunak

Software atau perangkat lunak adalah data digital yang diprogram dan disimpan serta dikelola komputer untuk menjalankan fungsi tertentu. Software dibentuk dari kumpulan kode bahasa pemrograman.

Tanpa adanya software, mesin komputer tidak dapat menjalanakan perintah dari pengguna, sehingga software dianggap sebagai nyawa dari perangkat keras (hardware) komputer.

Jenis-jenis Software

Software pada komputer memiliki banyak jenis untuk menjalankan berbagai fungsi tertentu. Namun, secara umum dapat dibagi menjadi 4 kategori berikut :

1. Software Sistem

Software sistem adalah program yang pertama kali dibaca oleh komputer pada saat dinyalakan, sebagai dasar pengoperasian sistem komputer. Software sistem mengatur semua komponen pada komputer secara menyeluruh. Yang termasuk software sistem adalah sistem operasi (OS), seperti Windows dan Linux.

2. Software Aplikasi 

Selanjutnya ada software aplikasi yang adalah program atau aplikasi siap pakai pada komputer sebagai saranan pengolahan berbagai jenis data. Beberapa contoh software aplikasi, seperti :

  • Browser untuk mencari berbagai informasi dan menelusuri internet seperti Google Chrome dan Microsoft Edge
  • Aplikasi pengolahan dokumen berupa naskah, tabel dan kolom, presentasi seperti Microsoft Office
  • Aplikasi multimedia untuk menampilkan gambar, video atau musik seperti Windows Media Player dan Winamp
  • Aplikasi desain berbagai model rancangan seperti Photoshop dan CorelDraw
  • Program Antivirus untuk mendeteksi dan menghilangkan virus pada komputer seperti  Avas dan Smadav
  • Berbagai jenis game, dan program aplikasi lainnya

3. Software Tambahan

Software tambahan atau program bantu (utility) adalah program tambahan untuk menjalankan tugas-tugas khusus tertentu untuk memudahkan penggunaan komputer, Contonya, seperti screenserver, backup data, dan program pemeriksaan perangkat keras.

4. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman merupakan bahasa khusus berupa pengkodean yang berfungsi sebagai pemberi instruksi. Perintah dari pengguna diterjemahkan ke dalam bahasa pemrograman yang dapat dimengerti perangkat agar bisa menjalankan fungsinya. Contoh bahasa pemrograman seperti PHP dan Java.

5. Software Driver 

Software driver adalah program yang mengontrol dan memberi ijin komputer untuk berinteraksi dengan perangkat keras (hardware) tambahan seperti printer dan scanner.

Macam-macam Software

Software juga dibagi ke dalam beberapa kategori berikut :

  • Freeware : software gratis dan tanpa batasan waktu penggunaan, namun memiliki fitur terbatas
  • Adwaresoftware yang bisa digunakan secara gratis namun dengan adanya iklan yang muncul
  • Opensource : software gratis yang dapat dibuka kode sumbernya sehingga pengguna dapat mengubah dan mengembangkan
  • Shareware : software yang digunakan untuk keperluan tertentu, dapat diakses dengan gratis namun dengan batasan waktu
  • Malware : software yang dianggap berbahaya karena dibuat khusus untuk menyebabkan kerusakan pada komputer

Sebagai komponen penting pada sistem komputer, software memiliki fungsi-fungsi mencakup : 1) menyediakan fungsi dasar untuk kebutuhan komputer (booting, pengolahan data, keamanan, dsb), 2) mengatur kinerja hardware dan menghubungkan perangkat lunak lainnya dengan hardware, 3) penerjemah instruksi atau perintah pengguna untuk dijalanakan komputer.

Baca Juga : Mengenal Profesi Game Developer: Definisi, Tugas, Skill, dan Prospek Kerjanya

Brainware

Komponen utama terakhir yang penting untuk menjalanakan sebuah mesin komputer adalah brainware.

Brainware mengacu pada pengguna, yaitu manusia atau individu yang mampu menggunakan, menjalankan dan mengatur kinerja perangkat lunak dan perangkat keras komputer.

Brainware juga disebut alat intelektual untuk mengeksplorasi kemampuan software dan hardware. Brainware atau pengguna komputer memiliki banyak jenis, mulai dari pengguna saja sampai pengembang dan perancang.

Berikut beberapa diantaranya :

Programmer 

Programmer merupakan pengguna komputer yang juga membuat dan merancang program-program, serta menjaga keamanan sistem dan program komputer.

Operator 

Operator merupakan pengguna komputer yang menjalankan suatu sistem dan program komputer, memastikan semua perangkat komputer berjalan dengan lancar, serta melakukan maintenance dan perawatan

Administrator 

Administrator merupakan pengguna komputer yang juga mengatur administrasi perangkat komputer agar memiliki aturan dan struktur yang rapi

Selain itu, brainware lainnya mencakup engineer hardware atau software, teknisi jaringan, sistem analis, security specialist, desainer grafis, ilustrator, dsb.

Itu dia pembahasan mengenai komponen utama komputer. Yuk, optimalkan keterampilan digital (teknologi, kreatif dan bisnis) dengan ikut kelas online Gamelab! Daftar dan ikuti kelasnya di sini


Sumber Referensi :


Yemima Kristina Kolondam

Yemima Kristina Kolondam

Jumat, 14 Januari 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI