BERITA GAME DEVELOPMENT Tips Menjadi Developer Game Solo

Tips Menjadi Developer Game Solo

Tips Menjadi Developer Game Solo

Apakah kamu memiliki hobi bermain game ? Hampir semua orang menyukai kegiatan bermain game, baik hanya untuk mengisi waktu senggang hingga menjadikan game sebagai sumber penghasilan. Setelah memainkan game, apakah kamu pernah bertanya tanya bagaimana oran

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

Apakah kamu memiliki hobi bermain game ? Hampir semua orang menyukai kegiatan bermain game, baik hanya untuk mengisi waktu senggang hingga menjadikan game sebagai sumber penghasilan. Setelah memainkan game, apakah kamu pernah bertanya tanya bagaimana orang bisa membuat game yang kalian mainkan itu, dan kalian ingin membuat game kalian sendiri ? 

Di zaman yang canggih sekarang ini, semua orang sudah bisa membuat game nya sendiri dengan menggunakan bantuan dari berbagai macam game engine yang sudah tersedia secara gratis seperti unity engine, unreal engine, Godot engine dan masih banyak lagi. Namun membuat game tidaklah semudah memainkan game. Apalagi jika kamu memutuskan untuk menjadi developer solo yang mengerjakan semuanya sendiri.

Berikut ini adalah apa apa saja yang kalian perlu lakukan jika ingin menjadi Developer game solo dari pengalaman yang sudah saya lalui.

  1. Sebelum kamu memulai projek mu lebih baik kamu mempersiapkan kemampuan kamu dalam logika pemrograman dan pembuatan asset. Pilihlah game engine yang kamu sukai.
  2. Ketika kamu memiliki ide game yang akan kamu buat, akan lebih baik jika kalian meminta pendapat dari orang lain terlebih dahulu, apakah ide kalian tersebut bagus menurut orang lain juga, jangan sampai setelah kalian bersusah payah menyelesaikan game kalian tersebut, ternyata tidak ada orang yang mau memainkannya karena game yang menurut kamu bagus belum tentu bagus juga untuk orang lain.
  3. Dalam proses pembuatan program, gunakanlah coding standard yang sesuai dengan bahasa yang kalian gunakan. Hal ini bertujuan agar program yang kalian buat itu terlihat lebih rapi sehingga lebih mudah dipahami, ketika  dibutuhkan update ataupun perawatan, kamu tidak akan mengalami kesulitan ketika harus membaca ulang program tersebut.
  4. Meskipun bekerja sendiri, kamu harus tetap menggunakan version control.  karena version control dapat digunakan untuk menjaga project yang kamu buat tetap aman, contohnya ketika kamu melakukan kesalahan fatal dalam proses pembuatan game kamu bisa memanfaatkan version control ini untuk mengembalikan project kamu ke keadaan sebelumnya.
  5. Siapkan demo dari game yang kamu buat untuk memastikan apakah game kamu bisa dimainkan dengan lancar, minta orang lain juga untuk memainkan demo dari game kamu, dan mintalah pendapat mereka. Jika masih ada kekurangan jangan lupa untuk sesegera mungkin dilakukan perbaikan.
  6. Dan yang terpenting, kamu harus menyelesaikan game yang kamu buat, jangan sampai projek mu berhenti di tengah jalan. 

Semoga bermanfaat ya!

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

tips game development game studio
Anugrah Arif Windiatama

Anugrah Arif Windiatama

Jumat, 25 Oktober 2019