BERITA GAME ARTWORK Pentingnya Referensi dalam Pembuatan Artwork

Pentingnya Referensi dalam Pembuatan Artwork

Pentingnya Referensi dalam Pembuatan Artwork

Pasti kalian sudah sering mendengar kata Referensi ketika melihat suatu karya. Tidak peduli karya tersebut sebuah karya tulis, ilustrasi, atau bahkan seni musik. Penulis akan menjelaskan kenapa referensi itu penting dalam pembuatan sebuah karya.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Dalam pembuatan sebuah karya seni, sangat sulit untuk membuat sebuah karya hanya berdasarkan imajinasi dan pikiran kita sendiri.

Praktik penggunaan referensi sudah dilakukan oleh banyak seniman atau pengarang selama bertahun-tahun untuk membantu mereka dalam membuat karya.

Referensi dibutuhkan untuk memudahkan pembuatan sebuah karya seni dan menjadikannya lebih akurat dan baik. 

Baca Juga : Hal yang diperlukan Ketika Memasuki Dunia Kerja.

Poin Penting Penggunaan Referensi

Dalam artikel ini, penulis mengumpulkan dan menjelaskan poin-poin penting penggunaan referensi dalam pembuatan sebuah karya menurut penulis. Penggunaan referensi adalah salah satu tips dalam pembuatan sebuah karya.

Pengumpulan Informasi

Banyak yang menganggap bahwa menggunakan referensi dalam pembuatan karya seni adalah sebuah hal yang curang. Namun, hal tersebut adalah salah karena banyak seniman-seniman terkenal yang menggunakan referensi dalam pembuatan karya mereka.

Referensi berbeda dengan Tracing atau menjiplak. Dengan referensi kita dapat lebih mempelajari tentang karya yang akan kita buat.

Contohnya dalam membuat gambar ilustrasi dengan latar sebuah kamar rumah sakit, Seniman yang tidak pernah masuk ke dalam kamar rumah sakit akan membuat karya yang berbeda dengan seniman yang sudah pernah masuk ke dalam kamar tersebut bahkan jika seniman tersebut sampai memotret kamar tersebut untuk referensi.

Hal yang dipikirkan sebelum membuat gambar ruangan kamar rumah sakit tersebut tanpa referensi cenderung hanya sebuah ruangan kosong berisi kamar tidur dan sebuah jendela terbuka memperlihatkan pemandangan langit biru.

Namun, seniman yang mencari referensi sebelum membuat sebuah karya akan menambahkan beberapa barang yang tidak terpikirkan ada di dalam sebuah kamar rumah sakit contohnya adalah: televisi, papan tulis putih, alarm, mesin-mesin kesehatan, dan bahkan sebuah wastafel.

Inti dalam penggunaan referensi dalam contoh tersebut adalah untuk mengumpulkan informasi yang dibutuhkan.

Sarana Belajar 

Ketika mempelajari tentang anatomi manusia, kita membutuhkan referensi yang tepat seperti foto atau bahkan model tubuh manusia seperti ketika di kelas seni dimana dosen atau guru akan mendatangkan model baik laki-laki atau perempuan yang menggunakan pakaian ketat atau bahkan telanjang agar seniman dapat mengetahui bentuk tubuh manusia yang benar-benar akurat.

Tidak hanya anatomi, kita memerlukan referensi untuk berbagai hal seperti karakteristik kain untuk dapat menggambarkan bentuk baju yang terlihat nyata, dan berbagai macam tekstur dan warna yang digunakan besi, aluminium, kayu, dan lain-lain.

Dengan menggunakan referensi, kita mempelajari karakteristik tekstur dan warna yang digunakan oleh berbagai objek dan menambahkan informasi tersebut ke dalam Visual Library atau Perpustakaan Visual pada otak kita.

Semakin banyak informasi yang kita kumpulkan dan pelajari, semakin lancar seorang seniman membuat sebuah karya.

Dengan informasi-informasi tersebut, seniman dapat membuat sebuah karya yang tidak nyata menjadi terlihat nyata contohnya adalah seniman yang menggambar mobil terbang.

Imajinasi yang disertai dengan pengetahuan visual atau bahkan pengetahuan tentang bidang tertentu seperti fisika memiliki kemungkinan dapat membantu mengembangkan teknologi manusia. 

Mencari sebuah ide

Kebanyakan seniman atau bahkan anda pasti pernah menghadapi Art Block, yaitu saat dimana seseorang merasa tidak memiliki hal yang menarik ataupun ide untuk membuat karya.

Mencari sebuah referensi dengan tema yang dibutuhkan akan sangat membantu dalam penggambaran sebuah karya di dalam pikiran kita. Cobalah untuk berjalan-kaki di sekitar kota dan mungkin anda akan menemukan sebuah hal yang bisa menjadi ide sebuah karya.

Bahkan pada jaman digital sekarang ini, kita dapat berjalan-jalan dan mendapatkan ide dengan Google Maps atau bahkan hanya dengan berselancar di internet dan media sosial.

Memiliki pengetahuan yang luas di dalam Perpustakaan Visual seperti pada poin sebelumnya juga dapat membantu merancang sebuah ide original yang dapat diaplikasikan ke dalam sebuah karya.

Akhir kata, semoga artikel yang penulis buat dapat membantu pembaca dapat menyadari pentingnya referensi dalam pembuatan suatu karya sehingga dapat memperoleh hasil yang lebih memuaskan dalam membuat karya seni atau Artwork.

Belajar desain sekarang makin gampang, lho! Mulai dari belajar desain 2D, bikin artwork, ilustrasi, bahkan sampe bikin animasi, sekarang bisa di rumah, pilih kelasnya sendiri. Yuk, daftar dan ikuti Kelas Design di Gamelab.  


M. ZULFIAN BASYARAHIL

M. ZULFIAN BASYARAHIL

Selasa, 25 Januari 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI