BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Tutorial Membuat Ilustrasi dengan Teknik Paper Cut Out Menggunakan Program CorelDraw

Tutorial Membuat Ilustrasi dengan Teknik Paper Cut Out Menggunakan Program CorelDraw

Oleh Aretha Izaamira | Jumat, 21 Januari 2022

Tutorial Membuat Ilustrasi dengan Teknik Paper Cut Out Menggunakan Program CorelDraw

Ingin sekali-kali mencoba membuat sebuah ilustrasi berbeda dan seakan-akan terbuat dari kertas? atau sekadar tertarik ingin mengetahui cara membuat nya menggunakan program CorelDraw? Yuk mari kita simak artikel berikut ini!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

CorelDraw adalah program aplikasi berbasis vektor. Aplikasi yang dikembangkan oleh Corel Corporation di Ottawa, Kanada ini sering digunakan untuk membuat ilustrasi, logo, banner  sampai sampul buku.

Hal ini terjadi karena ilustrasi yang dibuat oleh CorelDraw yang berbasis vektor ini tidak gampang pecah walapun ukuran nya menjadi sangat besar. Tidak sama dengan ilustrasi yang dibuat bukan dengan berbasis vektor.  

Apa itu Efek Paper Cut Out ?

Efek paper cut out adalah  efek buatan, hasil manipulasi  gambar yang dirangkai sedemikian rupa hingga memberikan  ilustrasi yang dibuat oleh seniman itu seakan-akan terlihat terbuat dari beberapa lapis kertas nyata yang  digabungkan  dalam satu ilustrasi. 

Baca Juga : Hobi Desain? Berikut Peluang Kerja Lulusan Desain Grafis yang Kompetitornya Sedikit!

Langkah-Langkah Membuat Ilustrasi yang Mempunyai Efek Paper Cut Out

Buat Perencanaan Ide Ilustrasi

Sebelum memulai pembuatan ilustrasi, persiapkan ide-ide yang anda ingin buat. Jika anda mengalami kesulitan memilih, ide juga bisa di dapatkan dari mencari referensi dari karya-karya di internet dan seniman lain yang mungkin  sudah pernah mencoba.

Anda juga bisa mencoba mencari referensi dari sekitar anda seperti bunga atau awan. Untuk ilustrasi ini saya membuat gambar ilustrasi anak yang sedang diluar dan menemukan seekor kucing.

Gambar sketsa

Buat Sketsa

Untuk mempermudah proses pembentukan objek ilustrasi, anda dapat memulai dengan membuat sketsa sederhana tipis untuk membantu anda. Sketsa bisa dibuat secara digital maupun secara tradisional menggunakan pensil dan kertas. Jika menggunakan pensil dan kertas anda dapat mengambil foto dari sketsa tersebut dan menggunakan perintah import.  

Buat Lembar Kerja

Buatlah lembar kerja menggunakan tombol new documentUntuk ilustrasi kali ini saya akan menggunakan ukuran 1080x1080 px karena ukuran ini sering dipakai untuk post  bentuk square di media sosial Instagram.

Setelah membuat lembar kerja import sketsa dari ilustrasi kedalam bidang gambar. Ada beberapa cara untuk melakukan perintah import di CorelDraw.

Yang pertama adalah klik tombol  menu file dan klik import. Yang kedua adalah dengan menggunakan perintah Ctrl+i maka window untuk  import gambar akan keluar.

Dan yang terakhir anda juga bisa langsung menaruh foto sketsa nya ke bidang gambar. Untuk mempermudah pengerjaan, sketsa bisa kita turunkan transparansinya nya menggunakan transparency tool . 

Jangan lupa untuk mengunci layer sketsa agar tidak bergerak-gerak ya. Caranya adalah dengan klik kanan lalu klik lock.

Tracing Garis Sketsa

Tracing  atau salinlah sketsa yang sudah dibuat menggunakan  pen tool . 

Hasil tracing sketsa

Warnailah Objek dan Background

Setelah selesai menyalin, buang layer sketsa. Jangan lupa unlock layer sketsa dahulu ya agar tidak lupa.

Buat lah background ilustrasi, bisa menggunakan pen tool, ellipse atau rectangle tool. Yang akan saya gunakan untuk ilustrasi ini adalah ellipse tool dengan background putih di paling belakang.

Setelah itu warnailah background, untuk mewarnai saya menggunakan gradien tool untuk memberikan efek gradasi. Setelah selesai mewarnai background  anda bisa melanjutkan mewarnai objek dengan warna dasar yang diinginkan.

Untuk menambah kesan kertas dari ilustrasi, garis  outline dari objek nya bisa dihilangkan terlebih dahulu. 

Mewarnai Background

Setelah mewarnai objek dengan warna dasar, atur urutan objek dari yang paling dekat sampai ke yang paling jauh menggunakan perintah klik kanan dan order.

Jika anda ingin, anda juga bisa menambahkan shading tambahan menggunakan warna yang lebih gelap untuk membuat kesan layering  dari kertas. Di tahap ini kita juga bisa menambahkan komponen-komponen lain agar membuat ilustrasi menjadi semakin menarik.

Warna Dasar dan Shading

Berikan Bayangan dengan Shadow Tool

Setelah selesai mewarnai anda bisa memulai menambahkan bayangan di bawah setiap objek yang anda buat. Semakin jauh suatu objek, bisa anda  tambahkan oppacity bayangan nya.

Anda juga bisa berkreasi dengan warna gelap apa yang akan dipakai untuk objek nya, tidak perlu selalu menggunakan warna hitam. Warna merah tua ataupun biru dan ungu tua pun juga bisa digunakan.

Selain warna bayangan, anda juga bisa bermain dengan tipe bayangan. Terdapat dua bayangan yaitu bayangan keluar (drop shadow tool) dan bayangan kedalam (inner shadow tool) .

Bayangan Arah LuarBayangan Arah ke Dalam

Hasil Akhir

Dan jadilah ilustrasi dengan efek seperti paper cut out! semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berkreasi! Yuk, belajar ilustrasi digital berbasis vektor sebagai bekal awal menjadi ilustrator! Daftar dan ikuti kelas Mengoperasikan CorelDRAW Untuk Menjadi Seniman Digital sekarang!

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Aretha Izaamira

Aretha Izaamira

Jumat, 21 Januari 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI