BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Pengertian Dan Cara Mengatasi Art Block

Pengertian Dan Cara Mengatasi Art Block

Oleh Noviar Dhia Salsabila | Selasa, 25 Januari 2022

Pengertian Dan Cara Mengatasi Art Block

Saat ingin membuat sebuah karya seni tapi tiba-tiba ide terhambat dan tidak memiliki inspirasi karena Art Block. Mari temukan arti dan cara mengatasinya!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Saat ingin membuat sebuah karya seni atau saat ingin mengerjakan tugas yang mengharuskan kita untuk memakai kreativitas di luar batas tapi justru kita hanya duduk diam berhadapan dengan kanvas putih kosong dan tanpa disadari waktu sudah terbuang dengan sia-sia.

Kita hanya terdiam di depan kanvas karena tidak bisa memikirkan ingin membuat apa bahkan menyoret-nyoret kertas pun tidak membawakan hasil karena kita tidak memiliki inspirasi sama sekali. Hal itulah yang biasa disebut Art Block. Setiap seniman pasti pernah mangalaminya.

Pada kesempatan ini, penulis akan memberikan penjelasan singkat mengenai apa itu Art Block dan cara yang sekiranya dapat membantu mengatasi Art Block.

Apa Itu “Art Block”?

Art Block merupakan keadaan ketika seniman merasa sudah tidak bisa berpikir kreatif dan seakan kreativitasnya terhenti atau telah mencapai batasnya. Inspirasi atau pun ide yang biasa mengalir dan bermunculan kini terhenti.

Jadi setiap kali kita harus berurusan dengan karya seni kita tidak bisa menciptakan apapun. Meskipun dikepala sudah memiliki bayangan, tapi ternyata kita tidak bisa mengeksekusi nya sama sekali. Progres dari gambar yang ingin kita buat akhirnya terhenti.  

Art block membuat kita tidak ingin melanjutkan karya karena kita tidak yakin harus membuat yang seperti apa lagi dan belum tentu karya yang kita paksakan ini akan tereksekusi dengan baik atau bahkan akan memuaskan diri kita sendiri.

Baca Juga : Mepertajam Ilmu Desain Grafis, SMK Ma'arif Sudimoro Melaksanakan UKK bersama Gamelab Indonesia

Cara Mengatasi “Art Block”

Menambah Referensi

Salah satu cara untuk mengatasi art block adalah dengan mencari atau menambah referensi. Bisa berupa menambah referensi karya visual dari seniman-seniman terdahulu dan seniman yang sekiranya memiliki style yang sama dengan anda,  bisa juga menambah referensi video yang menjelaskan cara seniman membuat sebuah karya. 

Dengan menambah referensi dapat memberikan sedikit bayangan baru tentang karya yang mau dibuat dan hasil yang diinginkan. Selain itu menambah referensi juga dapat memberikan inspirasi baru untuk membuat sketsa karya.

Manajemen Waktu

Jika mengalami Art Block karena schedule yang berantakan dan rasanya banyak sekali tugas yang menumpuk sehingga saat kita ingin berkarya yang muncul di dalam pikiran justru tugas-tugas yang belum selesai. Cara mengatasinya adalah dengan memanage waktu dengan memprioritaskan tugas yang deadlinenya paling dekat.

Manajemen waktu atau mengatur waktu dapat membantu kita dalam memilah hal-hal yang penting dan tidak. Seperti sekiranya tugas yang sudah dekat dengan deadline yang harus segera dikerjakan dan dengan tugas lain yang sekiranya bisa di kesampingkan untuk beberapa saat. Membuat anda lebih fokus dengan tugas-tugas yang memang urgent.

Caranya dengan membuat semua kegiatan yang harus dilakukan, kemudian kategorikan kegiatan tersebut dengan kategori kegiatan yang harus  selesai pada minggu ini, bulan depan, dll. Atau pun dengan kategori sesuai dengan yang diinginkan. Pastikan kategori ini teroganisir mulai dari yang paling di prioritaskan supaya tidak  membebankan diri sendiri untuk kedepannya. Jangan lupa untuk menulis tanggal deadlinenya.

Saat semua tugas sudah teratur dan selesai, barulah bisa berpikir jernih tentang karya apa yang ingin dibuat.

Jangan Memaksakan Diri

Terkadang ingin sekali menyelesaikanya sebuah  karya hanya dalam satu hari atau satu sesi jadi esok hari tidak perlu pusing memikirkan karya itu lagi tapi malah mengalami Art Block. Jika memang seperti itu tidak perlu memaksakan diri membuatnya di hari itu juga. Karena dengan memaksakan diri justru akan membebankan diri sendiri dan membuat kita berpikiran jelek mengenai kemampuan diri.

Jadi, saat mengalami Art Block  tidak perlu memaksakan diri. Lepaskan pikiran-pikiran tentang karya itu dan kerjakan hal lain terlebih dahulu, atau bisa juga dengan bermain game, media sosial, membaca cerita, dll. Kemudian ketika sudah merasa cukup, kembalilah berkarya.

Setelah itu, kamu bisa mulai berkarya lagi dengan belajar skill-skill baru dalam dunia desain. Yuk, join kelas desain di Gamelab dan pilih kelasnya sesuai passion kamu, di sini.


Noviar Dhia Salsabila

Noviar Dhia Salsabila

Selasa, 25 Januari 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI