BERITA SMK Kerja Sama Kelas Industri SMK N 1 Sanden Bantul dan Gamelab Indonesia

Kerja Sama Kelas Industri SMK N 1 Sanden Bantul dan Gamelab Indonesia

Kerja Sama Kelas Industri SMK N 1 Sanden Bantul dan Gamelab Indonesia

Kabar baik dan kabar gembira, SMK N 1 Sanden sepakat bekerja sama dengan Gamelab Indonesia untuk pembentukan kelas industri untuk Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Kabar gembira datang dari SMK N 1 Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada hari Rabu (16/2/2022), terjalin kerja sama antara SMK N 1 Sanden dengan Gamelab Indonesia, PT Educa Sisfomedia Indonesia (Educa Studio).  

Kerja sama tersebut meliputi pembentukan kelas industri yang mengusung kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak. Seperti apakah acaranya? Mari kita simak lebih lengkapnya.

Kerja sama SMK dan Industri

SMK N 1 Sanden, Bantul dan PT Educa Sisfomedia Indonesia (Educa Studio dan Gamelab Indonesia) sebagai mitra industri telah menjalin kerja sama sinergis di beberapa bidang yakni:

  • Link and match jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  • Sinkronisasi dan Pengembangan Kurikulum
  • Pembentukan kelas industri Gamelab
  • Pengembangan lab standar industri
  • Guru tamu dan pengajar dari industri
  • Magang siswa

Pembukaan Jurusan RPL

Peluncuran kelas industri jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dilakukan langsung oleh Wakil Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DIY, Drs Suhirman, MPd.

Bukhori Sulistyanto, S.Kom, MM selaku Ketua Program Studi Jurusan RPL di SMK ini mengatakan bahwa RPL merupakan kelas industri dengan satu paket kegiatan di mana akselerasinya bekerja sama dengan pihak industri. Dia juga menjelaskan bahwa tujuan kelas industri ini adalah untuk mewujudkan kurikulum berbasis industri. Hal ini berkaitan dengan masa depan anak-anak di desa, khususnya para siswa SMK. Dengan menyiapkan keterampilan yang mumpuni, diharapkan nantinya setelah lulus dapat terserap ke dunia usaha dan industri.

Bukhori juga menambahkan bahwa ini juga akan menjadi barometer mereka selaku pihak sekolah, terutama dalam jurusan RPL. Mengingat keterampilan dari para siswa akan selaras dengan kebutuhan dari dunia industri dan dunia usaha. Maka, diharapkan kerja sama antara SMK N 1 Sanden jurusan RPL dengan Gamelab Indonesia bisa membuat keterserapan siswa dalam dunia usaha dan dunia industri semakin tinggi.  

 

Mengenal SMK N 1 Sanden

SMK N 1 Sanden  terletak di Jalan Samas Km. 11, Ngemplak, Srigading, Sanden, Bantul, DIY. Sekolah ini mempunyai beberapa kompetensi keahlian, di antaranya:

  • Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI)
  • Agrobisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHPI)
  • Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT)
  • Teknika Kapal Penangkap Ikan (TKPI)
  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  • Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)
  • Teknik Bodi Otomotif (TBO)

 

Tentang Gamelab Indonesia

Gamelab Indonesia berfokus pada pendidikan vokasi, khususnya SMK. Berdiri pada tahun 2018 di bawah PT Educa Sisfomedia Indonesia (Educa Studio). Educa Studio sendiri berdiri pada tahun 2011 yang fokus pada pengembangan media pembelajaran interaktif seperti edugames, animasi dan komik.

Gamelab memiliki berbagai program pendidikan dan pelatihan seperti:

  • Magang Online, termasuk integrasi Program Kampus Merdeka
  • Kelas industri dan Teaching Factory untuk SMK dan Perguruan Tinggi
  • Program Kartu Prakerja, program pelatihan dari pemerintah

 

Baca Juga : Kegiatan Visitasi Tim Gamelab Indonesia ke SMK Bhakti Persada Patebon Kendal

Pembukaan Kelas Industri dan Teaching Factory

Nah, apabila ada SMK yang tertarik untuk melakukan kerjasama dengan industri bisa menghubungi tim Gamelab Indonesia untuk kami bantu fasilitasi dan realisasi. Program-program di Gamelab Indonesia fokus dan menyesuaikan kebutuhan pendidikan vokasi SMK yang terdiri dari:

 


Referensi:

https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/bantul/siapkan-programer-handal-masa-depan-smk-n-1-sanden-luncurkan-jurusan-rpl/

https://cakrawala.co/siapkan-programer-game-handal-smk-n-1-sanden-luncurkan-jurusan-rpl/

http://www.smkn1sanden.sch.id/ 

 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Kamis, 17 Februari 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI