BERITA SMK 8 Jurusan SMK yang Bisa Cepet Kerja, Pilih yang Mana?

8 Jurusan SMK yang Bisa Cepet Kerja, Pilih yang Mana?

Oleh Ayu Larasati | Senin, 4 Juli 2022

8 Jurusan SMK yang Bisa Cepet Kerja, Pilih yang Mana?

Ingin lanjut ke SMK tapi masih bingung mau milih jurusan apa? Ini rekomendasi jurusan SMK yang mudah dapat kerja.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Kamu baru lulus SMP dan bingung mau melanjutkan ke mana? Kalau kamu lebih suka praktik dan ingin cepat dapat kerja setelah lulus, tidak ada salahnya untuk melanjutkan ke SMK.

Banyak lulusan SMK yang sukses berkarir di berbagai perusahaan ternama dengan gaji yang tidak kalah dengan lulusan Diploma atau Sarjana. Lalu, apa saja sih jurusan SMK yang bisa bikin kamu cepat dapat kerja?

Simak ulasan lengkapnya ya!

Jurusan SMK yang Bisa Cepat Kerja

Berikut beberapa jurusan SMK yang bisa membuatmu mudah mendapatkan pekerjaan. 

Administrasi Perkantoran/Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP)

Di jurusan ini, kamu bisa belajar mengenai pengetahuan pengelolaan hal-hal yang berkaitan dengan fungsi administratif dalam sebuah lembaga atau kantor. Selain itu, di jurusan OTKP, kamu akan belajar mengenai cara menerapkan fungsi perencanaan, manajemen, pengorganisasian, dan pengawasan.

Jurusan ini cocok untuk kamu yang teliti dan cekatan. Prospek kerja untuk jurusan OTKP terbilang bagus di berbagai bidang profesi. Kamu bisa bekerja sebagai sekretaris, admin, hingga resepsionis.

Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Teknik Komputer dan Jaringan atau yang biasa disebut dengan TKJ adalah jurusan yang mempelajari mengenai berbagai teknik komputer. Mulai dari perakitan komputer dan laptop, pengkabelan, dan tidak lupa beserta jaringannya juga.

Kamu akan belajar konfigurasi perangkat jaringan seperti switch, router, hub, dan lain sebagainya. Lulusan SMK jurusan SMK tidak hanya bisa bekerja untuk sebuah perusahaan, tetapi juga dapat membuka wirausaha penjualan komputer atau laptop serta service-nya, jasa pemasangan jaringan internet dan atau komputer, dan lain sebagainya.

Multimedia (MM)

Salah satu jurusan di SMK yang memiliki peluang kerja besar adalah jurusan Multimedia. Mengingat di era modern ini lulusan SMK jurusan Multimedia banyak dibutuhkan.

Di jurusan ini, kamu akan belajar cara menyajikan gambar, teks, dan video menggunakan berbagai software seperti After Effects dan Adobe Photoshop. Jika kamu memiliki jiwa kreatif, jurusan ini bakalan cocok untukmu. Setelah lulus, kamu dapat bekerja sebagai videographer, designer, animator, video editor, dan lain sebagainya.

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Lulusan SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak atau RPL juga termasuk mudah mendapatkan pekerjaan lho! Di jurusan RPL, kamu akan belajar seputar bahasa pemrograman, coding, desain, video editing, desain web, dan masih banyak lagi.

Peluang kerja untuk lulusan SMK jurusan RPL sangat menjanjikan, apalagi untukmu yang bercita-cita untuk bekerja sebagai software programer, software engineer, IT consultant, mobile computing development, software tester, system analyst, dan masih banyak lagi.

Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP)

Di jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) kamu bisa belajar mengenai bisnis online, penataan produk, administrasi transaksi, pengelolaan bisnis retail, inovasi produk, produk kreatif dalam bisnis, dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana dengan peluang kerjanya? Nah, peluang kerja untuk lulusan SMK jurusan BDP terbilang besar. Mengingat bisnis daring cukup pesat dan dibutuhkan banyak tenaga ahli marketing supaya sebuah perusahaan bisa terus berkembang.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa  menjadi seorang pengusaha dan menjual produkmu sendiri.

Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL)

 Di jurusan AKL, kamu akan belajar mengenai aplikasi pengolah angka, etika profesi, perbankan dasar, akuntansi dasar, proses dagang dan manufaktur, praktikum akuntansi perusahaan jasa, serta masih banyak lagi. Lulusan SMK jurusan ini dapat bekerja sebagai staf akuntan di sebuah instansi atau perkantoran. Bisa dibilang, prospek kerja untukmu yang sekolah di jurusan ini bagus karena setiap perusahaan tentu memerlukan tenaga akuntan.

Desain Komunikasi Visual (DKV)

Lulusan jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) memiliki prospek yang sangat luas, khususnya di industri kreatif. Kamu bisa bekerja di bidang periklanan, penerbitan, pengembang web, hingga instansi pemerintahan.

Posisi pekerjaan yang bisa kamu dapatkan antara lain seperti creative director, desainer grafis, video editor, art director, dan masih banyak lagi. Keahlian yang kamu dapatkan di jurusan ini bisa kamu manfaatkan juga untuk berbagai pekerjaan yang bersifat freelance lho.

Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG)

Kamu suka main game dan tertarik membuat game-mu sendiri? Mengambil jurusan Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG) bisa jadi pilihan yang tepat untukmu.

Di sini, kamu bisa belajar bidang informatika seperti pengembangan software, baik itu pengembangan web, pengembangan aplikasi mobile, hingga pengembang game. Lulusan SMK jurusan ini bisa menjadi desainer web, programmer, web programmer, hingga game programmer.

Baca Juga : Ekplorasi Game VR dan Animasi, SMK PGRI 1 Ponorogo Kunjungan ke Gamelab Indonesia

Penutup

Itu dia 8 jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan. Biar makin mudah mendapatkan pekerjaan, kamu bisa magang online bersertifikat dan mengikuti program SMK Binaan (Kelas Industri) di Gamelab.

Yuk optimasi skill digitalmu di Gamelab sekarang juga!

 


Referensi:

https://www.celebrities.id/read/jurusan-smk-yang-mudah-mendapat-pekerjaan-n2vP95 

https://edukasi.kompas.com/read/2022/02/23/142700871/siswa-intip-20-jurusan-smk-paling-diminati-dan-bergaji-tinggi?page=all 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Senin, 4 Juli 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI