BERITA INFO GAMELAB.ID Code Playground, Fitur Keren dari Gamelab: Bisa Belajar Ngoding dari HP!

Code Playground, Fitur Keren dari Gamelab: Bisa Belajar Ngoding dari HP!

Oleh Ayu Larasati | Jumat, 19 Agustus 2022

Code Playground, Fitur Keren dari Gamelab: Bisa Belajar Ngoding dari HP!

Ingin belajar ngoding dengan mudah? Gamelab Code Playground solusinya! Yuk kenali lebih dalam fitur keren dari Gamelab ini!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Pernah nggak kamu merasa ragu-ragu saat mau memulai belajar coding? Entah karena keterbatasan gadget, entah karena spesifikasi laptopmu yang kurang memadai, atau malah tidak punya laptop/PC sama sekali.

Tenang, masalah tersebut bukan lagi halangan berkat adanya fitur Code Playground dari Gamelab Indonesia. Di sini kamu bisa belajar menulis kode dalam berbagai bahasa pemrograman tanpa perlu menggunakan laptop dengan spesifikasi tinggi. Bahkan, kamu juga bisa belajar menulis kode hanya dengan menggunakan smartphone, lho.

Code Playground Gamelab merupakan yang pertama di Indonesia, dan memiliki 14 bahasa pemrograman yang bisa dieksplorasi. Keren banget, ya?

Lalu, sebetulnya apa itu fitur Code Playground Gamelab? Bagaimana cara menggunakannya? Mari kita simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Mengenal Fitur Code Playground Gamelab

Gamelab Code Playground

Code Playground adalah salah satu fitur andalan Gamelab yang sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin belajar ngoding. Di sini, kamu bisa belajar ngoding sambil bereksperimen. Selain itu, kamu juga bisa langsung melihat hasil coding-mu di halaman yang sama, jadi nggak perlu pindah-pindah halaman.

Uniknya lagi, kamu bisa membagikan hasil codinganmu ke sosial media lho. Selain untuk menunjukkan hasil karyamu ke banyak orang, kamu juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk meminta masukkan kepada teman atau orang lain yang lebih ahli. Keren, kan?

Kelebihan Fitur Code Playground Gamelab

Kelebihan Code Playground GamelabIni beberapa kelebihan fitur Code Playground di Gamelab yang perlu kamu tahu.

1. Bisa Diakses Menggunakan Smartphone

Dengan fitur Gamelab Code Playground, kamu bisa belajar coding dengan lebih mudah. Walaupun kamu belum memiliki laptop dengan spesifikasi tinggi, kamu tetap bisa belajar coding karena fitur ini ada di website Gamelab. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan Code Playground di smartphone.

2. 100% Gratis

Untuk menggunakan fitur Gamelab Code Playground, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Cukup dengan memiliki akun Gamelab, kamu bisa menggunakannya untuk ngoding dan bereksperimen.

3. Tanpa Perlu Instalasi Aplikasi Apapun

Karena fitur Code Playground berbasis web, kamu tidak perlu instal aplikasi apapun. Kamu cukup mengakses website Gamelab saja dari browser.

4. Bahasa Pemrograman Lengkap

Gamelab Code Playground memfasilitasimu untuk belajar berbagai bahasa pemrograman. Mulai dari HTML, CSS, JavaScript, C, C++, C#, Kotlin, Python, Ruby dan masih banyak lagi.

5. Ringan untuk Digunakan

Mengingat Gamelab Code Playground berbasis web dan tidak perlu menginstal aplikasi apa pun, fitur ini ringan untuk digunakan. Jadi, tidak akan menyebabkan gadget-mu menjadi lelet.

6. User-Friendly

Walaupun kamu masih pemula di bidang coding, fitur Code Playground sangat mudah dipahami. Desain antarmuka di fitur ini dibuat dengan cukup simpel. Hal ini bertujuan agar kamu bisa nyaman saat menulis kode serta melakukan eksperimen.

7. Hasil Coding Dapat Dibagikan ke Sosial Media

Kamu dapat membagikan hasil codinganmu ke orang lain di berbagai media sosial untuk menunjukkan pencapaianmu atau meminta masukkan dari mereka. Keren, kan?

Ternyata, banyak sekali ya kelebihan dari fitur Code Playground Gamelab. Lalu, bagaimana sih cara menggunakan fitur tersebut? Yuk simak artikel ini sampai habis!

Manfaat Code Playground Gamelab

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, fitur Code Playground Gamelab sangat bermanfaat untuk belajar coding dan bereksperimen. Belajar coding jadi bisa dinikmati oleh lebih banyak orang karena tidak membutuhkan laptop berspesifikasi tinggi dan bisa digunakan di smartphone. Artinya, siapapun bisa menggunakan fitur ini.

Selain itu, Code Playground Gamelab memungkinkanmu untuk melakukan berbagai eksperimen secara real time. Dengan begitu, kamu dapat menulis dan menguji potongan kode tertentu tanpa harus menjalankan aplikasi secara utuh.

Baca Juga : Tips Praktis! Mempelajari Coding untuk Pemula

Cara Menggunakan Fitur Code Playground Gamelab

Nah, buat kamu yang bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan fitur Code Playground Gamelab, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Membuat Akun Gamelab

Mendaftar akun Gamelab

Hal pertama yang perlu kita lakukan agar bisa mengakses fitur Code Playground Gamelab adalah membuat akun di www.gamelab.id khususnya buat kamu yang belum punya akun di Gamelab. Walaupun kamu dapat langsung menulis kode tanpa mempunyai akun, tapi kamu tidak bisa menyimpan kode yang ditulis.

Maka, kamu perlu mendaftar dan membuat akun di Gamelab terlebih dahulu. Membuat akun di Gamelab sangat mudah lho! Kamu hanya perlu mengisi form berupa nama, alamat email, nomor HP, dan password. Setelah itu, klik Daftar. Kemudian, kamu akan menerima email verifikasi. Jangan lupa untuk melakukan verifikasi akun melalui tautan email yang masuk.

Setelah memiliki akun Gamelab, kamu bisa menggunakan fitur Code Playground dan menyimpan hasil karyamu!

2. Klik Hub

Pada tampilan ini, klik menu Hub. Lalu, klik Code Playground. Di tampilan utama, kamu bisa melihat hasil-hasil coding dari para member Gamelab.

3. Klik New Code

Untuk memulai penulisan kode, klik New Code.

4. Pilih Bahasa Pemrograman

Kamu perlu memilih bahasa pemrograman yang akan kamu gunakan. Pilihan bahasa pemrograman di Code Playground Gamelab terbilang lengkap, lho. Apa sajakah itu?

  • HTML, CSS, dan JavaScript (Website)
  • C
  • C++
  • C#
  • Kotlin
  • Python
  • Ruby
  • Swift
  • Java
  • JavaScript
  • Lua
  • PHP

5. Mulai Menulis Kode

Setelah memilih bahasa pemrograman yang ingin kamu gunakan, mari mulai menulis kode. Di artikel kali ini, kita akan mencoba menulis kode menggunakan bahasa pemrograman untuk website.

Di Code Playground Gamelab, sudah ada struktur dasar yang makin memudahkanmu dalam menulis kode.

6. Melihat Hasil Koding

Klik tombol dalam lingkaran merah untuk melihat preview hasil coding

Kamu bisa langsung melihat preview dari hasil kodingmu. Caranya, klik tombol Run Fullscreen di kanan atas untuk menampilkan pratinjau.

 7. Menyimpan Hasil Coding

tekan tombol dalam lingkaran merah untuk menyimpan hasil coding

Simpan hasil coding-mu dengan menekan CTRL + S atau meng-klik tombol Save Code (lihat gambar).

8. Bagikan ke Sosial Media

Kamu juga bisa membagikan hasil kodingmu ke media sosial lho! Kamu dapat membagikannya ke Facebook, Twitter, Line, WhatsApp, Pinterest, LinkedIn, e-mail, hingga Telegram.

9. Mengatur Siapa yang Dapat Melihat

Selain membuat coding dari awal, kamu juga bisa melihat hasil codingan milik orang lain dan melakukan eksperimen dengan codingan tersebut. Tenang, hasil eksperimenmu akan tersimpan di akunmu sendiri, sehingga kamu tidak perlu takut akan mengubah file aslinya. 

Jika kamu ingin hasil kodingmu dilihat banyak orang, kamu bisa mengaturnya untuk dapat dilihat oleh publik. Namun, jika kamu tidak ingin hasil kodingmu dilihat banyak orang, kamu bisa menonaktifkan fitur tampilan untuk publik.

10. Fitur Like dan View

Fitur like dan view pada Code Playground GamelabYang membuat Code Playground Gamelab unik adalah adanya fitur like dan view. Kamu bisa melihat berapa orang yang menyukai hasil codingmu dan berapa orang yang melihatnya. Jadi, makin semangat deh untuk belajar ngoding!

Bagaimana? Gampang kan menggunakan fitur Code Playground? Kamu bisa segera mencoba fitur Code Playground di sini.

Agar makin handal dalam programming dan coding, yuk optimalkan skill-mu dengan mengikuti kelas coding di Akademi Gamelab. Dengan materi dari profesional dan pembelajaran yang fleksibel, kamu bisa menjadi programmer handal! Klik di sini ya untuk bergabung dengan kelas koding Gamelab!


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Jumat, 19 Agustus 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI