BERITA PENDIDIKAN Storybook Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini

Storybook Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini


#storybook #media interaktif
Storybook Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini

Media pembelajaran yang menarik seperti storybook yang di dalamnya terdapat gambar dan teks akan lebih mudah untuk di mengerti dan di pahami oleh anak-anak.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, desain, coding, 3D artwork, art dan illustrasi dan digital music hanya di GAMELAB.ID!

Buku merupakan salah satu media pembelajaran yang sangat populer dan masih terus digunakan sampai saat ini. Namun, minat membaca buku di kalangan anak-anak semakin menurun karena digerus dengan perkembangan era teknologi saat ini. Anak-anak lebih memilih menghabiskan waktu mereka dengan bermain smartphone karena dinilai lebih menarik.

Gambar merupakan sebuah media komunikasi visual. Kemajuan teknologi dan inovasi saat ini menjadikan gambar sebagai media pembelajaran yang cukup efektif bagi anak-anak karena dapat dikemas dalam sebuah storybook.  Mereka bukan hanya dapat membaca melainkan juga disuguhkan dengan berbagai ilustrasi yang menarik untuk diikuti. Bagi anak-anak yang belum bisa membaca, storybook tetap bisa menjadi media pembelajaran karena melalui ilustrasi yang ada mereka akan belajar menafsirkan sebuah cerita dan memahaminya. Tak hanya itu, anak-anak juga bisa belajar mengenal hal-hal yang selama ini belum pernah dilihatnya di dunia nyata. Inilah salah satu alasan mengapa storybook sangat penting dikenalkan pada anak sedini mungkin.

Memberikan pembelajaran dan pengetahuan kepada anak-anak adalah tanggung jawab setiap orang tua. Oleh karena itu, media pembantu seperti storybook sangat diperlukan agar apa yang ingin kita berikan kepada anak sebagai pembelajaran bisa diterima dengan baik oleh mereka. Selain itu, storybook memiliki beberapa manfaat penting lainya bagi anak usia dini yang akan di jelaskan di bawah ini.

"person carrying baby while reading book" Photo by Picsea on Unsplash

1. Sebagai Langkah Awal yang Menyenangkan untuk Mengenalkan Dunia Buku pada Anak

Kita tahu bahwa buku adalah sesuatu yang sangat penting yang perlu dikenalkan kepada anak-anak. Banyak penelitian membuktikan bahwa buku mempunyai manfaat besar. Oleh karenanya, buku harus dikenalkan sedini mungkin pada anak.

Untuk menciptakan persepsi bahwa buku adalah sesuatu yang menyenangkan, dapat dimulai dengan mengenalkan storybook kepada mereka.

2. Menumbuhkan Minat Baca

Pada awalnya, anak-anak mungkin hanya bisa mendengarkan kita bercerita. Karena terbiasa mendengar cerita dari kita, mereka akan mulai penasaran dan ingin membaca sendiri cerita-cerita dari storybook. Mungkin tahapan hingga anak bisa membaca sendiri bukunya masih sangat panjang. Justru inilah proses penanaman bibit gemar membaca dalam diri anak.

Kebiasaan gemar membaca yang tumbuh dari kecil ini akan dibawa hingga anak dewasa kelak. Nantinya, anak akan tumbuh menjadi seseorang yang berwawasan yang luas, cerdas, dan memiliki nilai pondasi yang kuat.

Terlebih, anak yang gemar membaca juga akan mempunyai perbendaharaan kata yang lebih luas. Kemampuan berbahasa anak pun akan lebih baik daripada anak-anak lain yang tidak dikenalkan dengan buku bacaan sejak dini.

3. Mengasah Rasa Ingin Tahu Anak

Melalui storybook,kita akan mengenalkan banyak hal baru pada anak. Kita bisa mulai merangsang anak-anak untuk bertanya tentang hal-hal apa saja yang belum mereka ketahui. Pada dasarnya, tanpa disuruh pun, anak-anak pasti akan bertanya jika mereka tertarik pada sesuatu.

Hal ini sangat baik untuk mengasah kemampuan anak dan mengembangkan rasa ingin tahunya. Anak yang memiliki rasa ingin tahu yang baik, akan tumbuh menjadi anak yang kritis dan logis. Tentunya jika orang tua mampu memberikan “asupan” pengetahuan yang tepat.

4. Membantu Anak Mengekspresikan Diri

Melalui cerita atau konflik-konflik yang ada pada buku cerita bergambar, anak-anak akan belajar tentang bagaimana cara bersikap ketika menghadapi sesuatu yang baru. Anak-anak akan mencoba mengekspresikan diri dan pikirannya. Hal ini sangat baik untuk mengajarinya berani bersikap atas sesuatu.

Itulah beberapa manfaat penting storybook sebagai media pembelajaaran. Ayo kenalkan anak-anak dengan storybook sejak usia dini.

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Ryan Sbastio Damayoga

Ryan Sbastio Damayoga

Senin, 17 Februari 2020