BERITA GAMIFICATION Mengenal 7 Elemen Dasar Gamifikasi

Mengenal 7 Elemen Dasar Gamifikasi


#gamifikasi #elemen dasar #mekanik gamifikasi
Mengenal 7 Elemen Dasar Gamifikasi

Gamifikasi seperti yang kita ketahui, memanfaatkan mekanisme game untuk digunakan dalam meningkatkan

Yuk, belajar di GAME LAB ACADEMY harga lebih murah, bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Kelas ditulis oleh professional dari industri berkolaborasi dengan praktisi pendidikan. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Gamifikasi seperti yang kita ketahui, memanfaatkan mekanisme game yang digunakan untuk mencapai tujuan dari suatu kegiatan tersebut dengan lebih mudah dan menyenangkan. Dalam gamifikasi kita dapat menggunakan beberapa elemen dasar dalam sebuah mekanisme game untuk di terapkan pada kegiatan tersebut. Lalu elemen dasar game apa sajakah yang dapat diimplementasikan pada suatu kegiatan agar menjadi lebih menarik dan menyenangkan? 

Setidaknya ada 7 elemen dasar game yang dapat diimplementasikan pada gamifikasi, yaitu Lencana (Badges), Level, Papan Peringkat (Leaderboard), Progress Bar, Virtual Currency, Penghargaan Perdagangan dan Hadiah, serta Tantangan antar Pengguna. Ke 7 elemen dasar tersebut digunakan pada suatu kegiatan dengan tujuan untuk menaikkan tingkat keberhasilan suatu kegiatan tersebut dengan intensitas tujuan dari kegiatan tersebut dapat tercapai lebih besar sehingga level engangement yang dihasilkan akan meningkat.
7 Elemen Dasar Gamifikasi

Pada artikel ini kita akan membahas satu per satu elemen gamifikasi yang telah kita sebutkan sebelumnya dan fungsinya dalam sebuah kegiatan gamifikasi. Kita akan mulai dari elemen yang pertama yaitu Lencana atau Badges.

Badges (Lencana)

Bagdes pda game

Lencana atau badges merupakan sebuah aksesoris yang berupa medali yang ditampilkan untuk menunjukkan suatu prestasi atau simbol otoritas yang diberikan. Lencana dalam dunia militer digunakan untuk menunjukkan kesatuan, angkatan, kontingen atau laskar tempat pemakainya berasal dan juga jenjang yang diterima seperti pangkat dan pelatihan militer. 

Begitu pula lencana atau badges yang ada pada gamifikasi. Lencana yang terdapat pada gamifikasi digunakan pula sebagai penanda sebuah kesatuan atau kelompok. Di sini lencana digunakan sebagai penanda jika dalam gamifikasi tersebut terdapat beberapa kelompok atau grup yang berbeda. Hal ini untuk mempermudah proses identifikasi pemain satu dengan pemain lainnya. Karena menurut studi, bahwa visual lebih cepat diproses oleh otak manusia dibandingkan dengan teks.

Disisi lain lencana juga digunakan sebagai lambang untuk menunjukkan sebuah prestasi yang telah di capai oleh pemain. Dengan adanya lencana yang didapatkan sebagai simbolis penghargaan atas apa yang telah dicapai oleh pemain. Hal tersebut akan memberikan dorongan pada pemain untuk terus mendapatkan lencana lainnya sebagai bukti dari kemampuan pemain.

Hal ini lah yang diterapkan dalam proses gamifikasi, bahwa dalam sebuah kegiatan perlu adanya simbolis untuk menunjukkan prestasi apa saja yang sudah diraih oleh pemain. Dengan begitu akan memberikan dorongan bagi pemain untuk mengikuti gamifikasi hingga akhir.

Levels
Level pada Game

Dalam sebuah game tentunya membutuhkan leveling dalam mekanismenya. Dengan adanya level maka pemain akan menerima informasi dalam game tersebut dengan lebih mudah secara bertahap dari yang mudah hingga pada level yang lebih tinggi atau lebih sulit.

Hal tersebut juga bertujuan agar pemain terdorong untuk berpartisipasi atau memainkan game tersebut. Karena jika dalam sebuah game tidak memiliki mekanisme level di dalamnya maka besar kemungkinan pemain akan kesulitan dalam memainkan game tersebut. Bisa di bayangkan seorang pemain tidak mengetahui sejauh mana tingkat kesulitan yang ia hadapi dan tingkat kesulitan yang tidak terukur ini menyebabkan pemain harus mengira-ngira sejauh mana dirinya bermain dan pada tahap ini pemain akan mulai kehilangan antusiasnya untuk melanjutkan bermain.

Begitu pula dalam sebuah gamifikasi, level yang diberikan pada gamifikasi digunakan sebagai tingkat acuan sejauh mana game atau permainan yang harus dilakukan pemain. Misalkan pada level 1 tingkat permainan yang dimainkan adalah sangat mudah, maka di level selanjutnya pemain sudah bersiap-siap untuk tingkat kesulitan yang lebih tinggi. 

Selain itu penggunaan level pada sebuah gamifikasi juga di maksudkan untuk memberikan informasi secara berurutan, sehingga pemain dapat belajar dari proses gamifikasi tersebut secara perlahan-lahan, step by step.

Leaderboard (Papan Peringkat)

Leaderboard pada game

Elemen dasar lain yang ada pada suatu gamifikasi adalah leaderboard atau papan peringkat. Seperti namanya, Leaderboard digunakan sebagai penanda peringkat pemain dalam sebuah gamifikasi. Melalui leaderboard ini pemain dapat mengetahui posisi peringkat dirinya dibandingkan dengan pemain lain.

Leaderboard menjadi elemen inti dalam sebuah gamifikasi, hal ini untuk memberikan informasi sejauh mana tingkat keberhasilan pemain satu dengan lainnya dan dapat membandingkan kemampuannya dengan pemain lainnya. Hal ini juga dapat menjadi sebuah dorongan pada pemain agar dirinya lebih berusaha untuk meningkatkan performanya agar tidak tertinggal dengan pemain lainnya.

Melalui leaderboard dalam sebuah gamifikasi, kita juga dapat mengukur rata-rata kemampuan pemain di dalamnya, sehingga bagian pengembang ataupun manajemen dapat melakukan penilaian terhadap kemampuan rata-rata pemainnya sehingga dapat diambil strategi  kedepannya untuk meningkatkan kemampuan pemain dengan konten yang lainnya.

Progress Bar 

Progress Bar pada game

Selanjutnya adalah progress bar, meskipun terdengar sepele namun progress bar merupakan salah satu elemen inti yang ada pada gamifikasi. Dengan adanya progress bar dapat menjadi sebuah indikasi pada pemain sudah sejauh mana ia menyelesaikan gamifikasi. Mengapa elemen ini penting dalam sebuah gamifikasi?

Progress bar dibuat sebagai penanda progres setiap pemain, karena terkadang alur atau misi yang harus diselesaikan oleh pemain lebih dari satu sehingga untuk mempermudah pemain melihat progress yang telah ia lakukan maka dibuatlah progress bar. Dari progress bar pemain dapat melihat sudah sejauh mana misi yang  ia lakukan dan misi apa saja yang belum ia lakukan.

Hal tersebut juga untuk mengindari "lupa" atau "terlewat" pada salah satu misi yang dapat berakibat pada proses penilaian yang lebih rendah karena tidak semua misi tercapai. Penilaian yang tidak sempurna juga dapat berakibat pada level engangement yang kurang maksimal, sehingga mempengaruhi kinerja pemain nantinya.

Virtual Currency (Mata Uang Virtual)
Mata uang virtual dalam game

Virtual Currency atau mata uang virtual dalam sebuah gamifiaksi juga menjadi hal yang penting. Dimana untuk mendapatkan mata uang tersebut pemain harus melakukan semacam misi atau menukar item tertentu yang dimiliki untuk beberapa mata uang ini.

Mata uang ini biasanya digunakan untuk membuka level yang baru, membeli nyawa atau bahkan membeli item lainnya yang memang hanya dapat dibeli dengan mata uang tersebut. Pada sebuah gamifikasi satu dengan lainnya akan memiliki penggunaan mata uang virtual yang berbeda-beda tergantung dengan mekanisme game yang ada.

Award, Trading, Gift (Penghargaan, Perdagangan, Hadiah)

Reward dalam game

Elemen yang paling banyak digunakan dan yang terpenitng dalam sebuah gamifikasi adalah penghargaan, pertukaran, dan hadiah. Bagian yang membuat gamifikasi menjadi lebih menyenangkan selain karena permianannya adalah adanya penghargaan dan hadiah yang bisa didapatkan pemain setelah menyelesaikan permainan.

Seperti yang kita ketahui dalam sebuah permainan atau game, pastinya terdapat sebuah hadiah ataupun penghargaan bagi para pemain yang berhasil menyelesaikan misi maupun permainan. Hal ini merupakan bentuk penghargaan atau penyemangat pada pemain agar terus bermain dan menyelesaikan permainan hingga akhir.

Meskipun tujuan utamanya bukan tentang hadiah atau penghargaan namun dengan memberikan penghargaan atau hadiah akan menambah motivasi pemain, hal tersebut merupakan hal yang penting pada sebuah gamifikasi agar permainan di dalamnya lebih menarik dan menantang. 

Challenges Between Users

Duel antara pemain dalam game

Hal terpenting dalam sebuah gamifikasi adalah adanya tantangan di dalamnya. Ini berlaku untuk smeua pemain yang ikut berperan di dalam gamifikasi tersebut. Tantangan yang ada pada sebuah gamifikasi tentunya tidak hanya berupa tantangan yang muncul dari game atau konten yang ada di dalam gamifikasi tersebut namun juga berasal dari sesama pemain.

Dalam gamifikasi tantangan antara sesama pemain adalah hal yang penting untuk dilakukan terutama apabila hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan level engangement, maka setiap pemain haruslah memiliki daya saing untuk menjadi yang terbaik. 

Untuk mendapatkan penghargaan ataupun hadian, pemian harus menjadi yang terbaik dan mengalahkan pemain lainnya. Tantangan antara pemain dapat dilakukan melaluai tantangan langsung atau tantangan secara multiplayer namun juga dapat dilakukan melalui hasil akhir atau panilaian akhir. Dimana pemain akan bersaing untuk menjadi yang terbaik dengan nilai atau poin yang tertinggi.

Jika Anda menginginkan sebuah gamifikasi yang benar-benar dapat meningkatkan level engangement, gunakanlah ke 7 elemen dasar tersebut ke dalam gamifikasi yang Anda buat. Karena dari ke 7 elemen dasar tersebut memiliki fungsi dan kelebihan masing-masing yang bermanfaat untuk meningkatkan level engangement melalui gamifikasi.

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Febriani Sari

Febriani Sari

Senin, 17 Februari 2020