BERITA SMK Perbedaan SMK, SMA, dan MA: Mending Pilih yang Mana?

Perbedaan SMK, SMA, dan MA: Mending Pilih yang Mana?

Oleh Ayu Larasati | Jumat, 9 Desember 2022

Perbedaan SMK, SMA, dan MA: Mending Pilih yang Mana?

Yuk cari tahu perbedaan SMK, SMA, dan MA di artikel ini!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Kamu baru lulus SMP dan bingung mau melanjutkan pendidikan ke mana? Ada 3 jenis sekolah lanjutan yang bisa kamu pilih: SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), SMA (Sekolah Menengah Atas), dan MA (Madrasah Aliyah). Lalu, apa sih perbedaan SMK, SMA, dan MA? Mana yang sebaiknya dipilih?

Yuk baca ulasan lengkap dari GAMELAB.ID di artikel ini!

Perbedaan SMK, SMA, dan MA

Menentukan sekolah lanjutan setelah lulus SMP dapat menjadi pilihan yang rumit. Sebelum memilih salah satunya, ada baiknya kamu benar-benar mengetahui perbedaan ketiga jenis sekolah tersebut.

1. Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)

Madrasah Aliyah (MA) merupakan jenjang pendidikan lanjutan dari SMP/MTs. Pada dasarnya, kurikulum Madrasah Aliyah (MA) sama dengan kurikulum SMA (Sekolah Menengah Atas). Letak perbedaannya adalah SMA dikelola oleh Depdikbud (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan), sedangkan MA dikelola oleh Depag (Departemen Agama).

Terdapat beberapa mata pelajaran yang diberikan di Madrasah Aliyah (MA) seperti Al-Quran dan Hadist, Aqidah dan Akhlak, Fiqih, Bahasa Arab, dan Sejarah Kebudayaan Islam.

Selain itu, biasanya MA memiliki beberapa jurusan seperti Agama, Bahasa, IPA, dan IPS.

Terdapat pula jenjang Madrasah Aliyah Kejuruan yang mirip dengan SMK, namun dengan kekhasan agama Islam dan pengelolaannya dilakukan oleh Kementerian Agama.

Sama seperti SMK, MAK juga memiliki ciri khas seperti adanya kegiatan PKL (Praktik Kerja Lapangan) dan Kelas Industri. Jurusan yang ditawarkan juga beragam seperti Animasi, Multimedia, Akuntansi, dan lain sebagainya.

2. Sekolah Menengah Atas (SMA)

Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah sekolah tingkat akhir yang dilalui oleh siswa sebelum melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. SMA memiliki jurusan IPA, IPS, dan Bahasa.

Di jurusan IPA, kamu bisa belajar berbagai hal yang berhubungan dengan alam dan sains. Jurusan ini direkomendasikan untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di bidang sains, kedokteran, atau teknik karena memiliki peluang lebih besar.

Sedangkan, jurusan IPS cocok untuk kamu yang lebih tertarik untuk mempelajari kehidupan dan hubungan sosial. Di jurusan Bahasa, kamu bisa belajar bahasa asing dan mempelajari karya sastra dengan lebih intens.

3. SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)

Nah kalau SMK, lebih spesifik. SMK merupakan sekolah yang mempersiapkan para siswanya untuk siap bekerja setelah lulus. Artinya, di SMK kamu nantinya akan memperoleh keahlian sesuai dengan jurusan yang kamu pilih, tentunya sesuai minat dan bakatmu.

Di SMK, kamu bisa mempelajari dan meningkatkan keahlian sesuai dengan kebutuhan industri, sehingga kamu lebih siap kerja. Apalagi, ditambah dengan program magang/PKL, Kelas Industri, dan Teaching Factory (TeFa), skill-mu akan makin terasah dan siap kerja.

Di SMK terdapat beragam jurusan yang bisa kamu pilih sesuai minatmu. Mulai dari Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Multimedia (MM), Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), dan masih banyak lagi. Kamu bisa memilih jurusan yang paling tepat dengan minat dan bakatmu.

Baca Juga : UKK RPL SMK NU Dolopo Mendapat Sentuhan Industri dengan Kolaborasi Gamelab Indonesia

Jadi, Mending Pilih yang Mana Ya?

Pilihan terkait sekolah tentu kembali ke diri kalian masing-masing. Mengingat setiap orang memiliki minat dan kemampuan di bidang yang berbeda-beda.

Jika kamu ingin sekolah sambil memperdalam ilmu agama, kamu bisa memilih untuk meneruskan pendidikan di Madrasah Aliyah (MA) atau Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).

Sedangkan untuk kalian yang ingin belajar ilmu alam atau ilmu sosial, memilih SMA bisa menjadi pilihan yang tepat.

Nah, untukmu yang ingin segera bekerja setelah lulus, SMK bisa menjadi pilihan terbaik. Apalagi, pilihan karier lulusan SMK juga cukup beragam. Kamu bisa langsung bekerja, berwirausaha, bekerja secara freelance, dan meneruskan kuliah.

Kesempatan untuk langsung merasakan dunia kerja ini didukung oleh kerja sama dengan berbagai perusahaan, misalnya seperti GAMELAB.ID

Saat sekolah di SMK, kamu akan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Di kegiatan ini, kamu akan memperoleh pengalaman di dunia kerja dan tentu menambah pengalaman.

Kini, PKL/magang lebih mudah dengan adanya program Magang di GAMELAB.ID. Kamu bisa magang online dari mana saja, bebas memilih durasi magang dan bidang kompetensi. Kamu bakalan dapat pengalaman luar biasa, bimbingan dari trainer, dan e-sertifikat.

Yuk, segera daftar magang di GAMELAB.ID di sini!

 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Jumat, 9 Desember 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI