BERITA SMK Pelatihan Web Frontend dan 3D Modelling untuk Peningkatan Kompetensi Guru

Pelatihan Web Frontend dan 3D Modelling untuk Peningkatan Kompetensi Guru


#pelatihan #web frontend #3d modelling
Pelatihan Web Frontend dan 3D Modelling untuk Peningkatan Kompetensi Guru

Kompetensi guru sebagai pilar utama dalam mendidik siswa di kelas menjadi hal yang sangat penting bagi kemajuan siswa. Pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru merupakan salah satu solusinya.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Kompetensi guru sebagai pilar utama dalam mendidik siswa di kelas menjadi hal yang sangat penting bagi kemajuan siswa. Pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru merupakan salah satu solusinya. Terutama peningkatan guru yang disesuaikan dengan kebutuhan industri, hal tersebut dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam kegiatan belajar mengajar. Materi yang disesuaikan dengan kebutuhan industri akan mempermudah siswa untuk menentukan fokus belajarnya karena pada industri keahlian atau expert pada suatu bidang sangat dibutuhkan.

Foto: Kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru RPL SMK Bhinus Boja

Foto: Kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru RPL SMK Bhinus Boja

Begitu pula hal yang dilakukan oleh SMK Bhakti Nusantara Boja yang telah menjadi salah satu partner Game Lab Indonesia. Dengan tujuan saling membantu untuk memajukan pendidikan di Indonesia dan mencetak tenaga kerja yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan industri.

Kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi guru ini merupakan bagian dari program Kelas Industri yang dilakukan SMK Bhakti Nusantara Boja dan Game Lab Indonesia. Kegiatan tersebut pelatihan ini bertujuan agar kompetensi guru sesuai dengan standar di industri sehingga dapat mengajarkan pada siswanya sesuai dengan standar di industri tersebut.

Foto: Peningkatan Kompetensi Guru Multimedia SMK Bhinus Boja

Foto: Kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru RPL SMK Bhinus Boja

Dengan mengambil fokus pada 2 jurusan yang berbeda yaitu RPL mengambil fokus pada Programming Web dan Jurusan Multimedia mengambil fokus pada 3D Modelling. Pelatihan Web programming pada tahap 1 mengambil materi Web Frontend dengan Bootstrap. Sedangkan untuk jurusan Multimedia pada tahap 1 ini mengambil materi 3D Modelling denganblender.

Pelatihan diikuti oleh guru-guru produktif jurusan RPL dan Multimedia di SMK Bhakti Nusantara Boja. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 24-25 Februari 2020 dan dimulai pukul 09.00 hingga selesai pada pukul 16.00 WIB. Pelatihan dimulai dengan memperkenalkan dasar-dasar fundamental dan basic dari masing-masing kompetensi dan materi kepada masing-masing peserta. 

Foto: Kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru Multimedia SMK Bhinus Boja

Foto: Diskusi bersama dan evaluasi kegiatan Pelatihan

Pelatihan pada hari pertama berakhir dengan antusiasme dari peserta pelatihan. Semangat dan keinginan belajar yang kuat tidak menghentikan peserta berhenti setelah pelatihan hari pertama berakhir. Peserta masih mengulang materi yang diberikan untuk dipelajari lagi pada malam harinya. Hari kedua pelatihan, peserta pelatihan masih mengikuti acara dengan semangat.

Hingga pada pukul 16.00 pelatihan berakhir dan dilanjutkan dengan diskusi audiensi oleh masing-masing peserta dan panitian pelatihan. Dari diskusi tersebut terdapat banyak masukan dari masing-masing pihak untuk program Pelatihan dan Kelas Industri selanjutnya. Semoga dengan adanya program ini, bisa mendorong peningkatan kualitas siswa agar sesuai dengan industri dan industri dapat dengan mudah menemukan talent yang sesuai dengan standarnya.

 


Febriani Sari

Febriani Sari

Rabu, 26 Februari 2020