BERITA SMK 7 Cara Memilih Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang Tepat

7 Cara Memilih Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang Tepat

Oleh Ayu Larasati | Senin, 19 Desember 2022

7 Cara Memilih Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang Tepat

Kamu ingin melanjutkan sekolah ke SMK dan masih bingung mau melanjutkan di mana? Yuk baca artikel ini dulu!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Memilih sekolah menengah kejuruan (SMK) adalah salah satu langkah penting buat kamu yang mau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. SMK memberikan pelajaran yang lebih terarah dan bertujuan untuk menyiapkan siswa agar dapat langsung bekerja setelah lulus. Namun, dengan banyaknya pilihan SMK yang ada, memilih yang terbaik tentunya tidak mudah.

Namun, kamu tidak perlu bingung. Di artikel ini, GAMELAB.ID akan menjelaskan tips memilih SMK yang tepat untukmu.

Cara Memilih SMK yang Tepat

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah sekolah yang menyediakan program pelatihan kejuruan yang bertujuan untuk menyiapkan siswa menjadi tenaga kerja yang terampil di bidang tertentu. Pilihan sekolah SMK yang tepat merupakan hal yang sangat penting buat kamu. Soalnya, hal ini akan mempengaruhi masa depanmu di dunia kerja. Berikut beberapa cara untuk memilih sekolah SMK yang tepat. Yuk simak baik-baik!

1. Tentukan minat dan bakat

Salah satu langkah pertama dalam memilih sekolah SMK yang tepat adalah menentukan minat dan bakatmu. Hal ini akan membantu kamu memahami program pelatihan yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan. Misalnya, kalau kamu suka bidang desain dan ilustrasi, maka sekolah SMK yang menawarkan program kejuruan DKV atau Multimedia bakalan jadi pilihan yang tepat.

 2. Memilih Jurusan yang Tepat

Setelah mengetahui apa yang menjadi minat dan bakatmu, tentukan jurusan yang ingin kamu ambil di SMK. Kamu bisa mempertimbangkan minat dan bakatmu, serta kesesuaiannya dengan jenjang pendidikan dan pekerjaan yang ingin kamu capai di masa depan. Kalau kamu masih tidak yakin, kamu bisa berkonsultasi dengan orang tua, guru, atau teman yang lebih senior

3. Lihat reputasi sekolah

Setelah menentukan program kejuruan yang sesuai dengan minat dan bakatmu, selanjutnya kamu perlu memperhatikan reputasi sekolah SMK yang akan kamu pilih. Sebaiknya pilih sekolah yang memiliki reputasi baik dalam menyelenggarakan program pelatihan kejuruan, serta memiliki tingkat kelulusan yang tinggi.

Kamu bisa mencari informasi tentang reputasi sekolah melalui internet atau menanyakannya langsung kepada siswa yang sudah pernah belajar di sekolah tersebut.

4. Lihat fasilitas yang disediakan

Fasilitas yang disediakan oleh sekolah SMK juga merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih sekolah yang akan kamu pilih. Pastikan sekolah yang akan kamu pilih memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Fasilitas yang perlu dipertimbangkan antara lain laboratorium, perpustakaan, dan lain-lain.

5.  Pertimbangkan Biaya

Biaya merupakan faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam memilih SMK. Pastikan untuk membandingkan biaya yang ditawarkan oleh masing-masing SMK, serta fasilitas yang diberikan. Pilihlah SMK yang menawarkan biaya yang sesuai dengan kemampuanmu, tetapi tidak mengorbankan kualitas pendidikannya.

6. Lihat hubungan kerja sama dengan industri

Sekolah SMK yang memiliki hubungan kerja sama dengan industri atau perusahaan di bidang yang sesuai dengan program pelatihan kejuruan yang ditawarkan, merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, SMK yang memiliki hubungan kerja sama yang baik dengan industri umumnya juga bagus untuk prospek kerjamu setelah lulus. Kamu bisa langsung disalurkan kerja ke perusahaan yang bekerja sama dengan sekolah.

Salah satu industri yang aktif bekerja sama dengan puluhan SMK adalah Gamelab Indonesia. Untuk memastikan lulusan SMK menjadi SDM yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan industri, Gamelab Indonesia menggandeng SMK dengan program-program yang dibutuhkan siswa dan guru SMK seperti program magang/PKL, kelas industri, teaching factory, UKK, dan masih banyak lagi.

7. Diskusikan Pilihanmu

Jika sudah menyangkut pendidikan lanjutan, jangan lupa untuk mendiskusikan pilihanmu dengan orang tua atau guru. Minta arahan, nasihat, masukan, dan pertimbangan yang matang dari mereka terkait jurusan serta SMK yang akan kamu pilih.

Baca Juga : Ekplorasi Game VR dan Animasi, SMK PGRI 1 Ponorogo Kunjungan ke Gamelab Indonesia

Penutup

Itu dia tips memilih SMK yang perlu kamu tahu. Pastikan kamu memilih sekolah yang terbaik untukmu ya.

Jika kamu memiliki keinginan untuk segera bekerja setelah lulus, SMK bisa menjadi pilihan terbaik. Apalagi, pilihan karier lulusan SMK juga cukup beragam. Mulai dari bekerja, wirausaha, freelance, hingga melanjutkan kuliah.

Kesempatan untuk langsung merasakan dunia kerja ini didukung oleh kerja sama dengan berbagai perusahaan, misalnya seperti GAMELAB.ID

Saat sekolah di SMK, kamu akan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Di kegiatan ini, kamu akan memperoleh pengalaman di dunia kerja dan tentu menambah pengalaman.

Kini, PKL/magang lebih mudah dengan adanya program Magang di GAMELAB.ID. Kamu bisa magang online dari mana saja, bebas memilih durasi magang dan bidang kompetensi. Kamu bakalan dapat pengalaman luar biasa, bimbingan dari trainer, dan e-sertifikat.

Yuk, segera daftar magang di GAMELAB.ID di sini!


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Senin, 19 Desember 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI