BERITA TIPS MAGANG & KARIER 5 Alasan Kamu Harus Pilih Magang Online daripada Magang Offline

5 Alasan Kamu Harus Pilih Magang Online daripada Magang Offline

Oleh Syamsul Arifin | Senin, 26 Desember 2022

5 Alasan Kamu Harus Pilih Magang Online daripada Magang Offline

Magang online dapat memberikan banyak keunggulan daripada magang secara offline. Setidaknya, ada 5 alasan kenapa kamu harus ikut magang online.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Bagi siapa saja, magang adalah kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan, apalagi untuk anak SMK dan fresh graduate. Kabar baiknya, saat ini sudah tersedia fasilitas magang online. Magang online sendiri artinya kegiatan magang yang dilakukan secara daring dengan memanfaatkan teknologi dan jaringan internet.

5 Alasan Kamu Harus Magang Online

Magang online atau daring memiliki lebih banyak keunggulan serta kemudahan daripada magang offline. Beberapa di antaranya bisa kamu lihat seperti di bawah ini:

1. Lebih Mudah, Dilakukan di Mana Saja dan Kapan Saja

Berbeda dengan magang offline yang mengharuskan kamu datang ke lokasi, magang online dapat kamu lakukan dari mana saja dan kapan saja. Artinya, kamu tidak akan terikat dengan waktu dan tempat. Inilah alasan pertama, magang online lebih mudah.

Kamu hanya perlu smartphone atau laptop atau komputer yang sudah tersambung internet. Setelah itu, kamu sudah dapat mengikuti kegiatan magang secara daring. Kamu bisa mengikuti kelas magang dari rumah, coffee shop atau lainnya yang menurutmu nyaman.

lebih mudah di mana saja dan kapan saja - GAMELAB.ID

2. Lebih Murah, Tak Perlu Biaya Transport, Makan dan Lainnya

Ketika kamu magang secara offline, sudah pasti ada ongkos atau biaya yang harus kamu keluarkan. Misalnya seperti biaya transportasi, makan atau bahkan tempat tinggal jika jaraknya cukup jauh dan mengharuskan kamu untuk tinggal di kost.

Dengan magang online, semua biaya tersebut tidak perlu lagi. Kamu bisa mengalokasikan biaya tersebut untuk memilih kelas magang online lebih banyak lagi. Sebab kamu dapat melakukan kegiatan magang hanya dari rumah sehingga tidak membutuhkan biaya transportasi, makan atau tempat tinggal.

3. Lebih Fokus Pembahasan, Lebih Efisien Secara Waktu

Magang secara offline terkadang membutuhkan waktu lebih lama. Ada yang 1 bulan bahkan bisa lebih dari itu. Sayangnya, waktu selama itu terkadang kurang maksimal karena industri atau tempat magang yang belum siap. Sehingga setelah lewat 1 bulan, ternyata seperti tidak mendapatkan apa-apa.

Beruntungnya, saat magang online kamu bisa lebih fokus pada pembahasan atau kegiatan magang. Sebab, kegiatan magang online biasanya sudah diformulasikan secara khusus agar lebih cepat tapi peserta tetap dapat memahami tentang materi dan prakteknya. Hasilnya, walau lebih singkat, ada karya nyata yang dapat kamu hasilkan dari kelas magang online.

4. Lebih Banyak Pilihan Kelas Magang Online

Pada saat kamu magang secara offline, besar kemungkinan kamu hanya ditempatkan di satu lokasi. Kemudian, selama magang itu kamu hanya melakukan satu hal. Ini bagus karena kamu dapat fokus selama magang. Hanya saja, tidak jarang di tempat magang tersebut kamu tidak bisa menemukan passion atau peningkatan skills dari sebelumnya.

banyak pilihan kelas - GAMELAB.ID

Misalnya saja kamu memiliki skills desain. Ketika magang offline, kamu memiliki tugas untuk membuat desain undangan. Selama magang, kamu kemungkinan besar hanya akan melakukan hal itu saja. Tidak ada peningkatan kemampuan yang seharusnya kamu dapatkan.

Hal ini berbeda ketika kamu magang online. Ada banyak pilihan kelas magang yang dapat kamu pilih sesuai dengan passion. Tidak hanya itu, kamu juga dapat memilih kelas sesuai dengan kemampuanmu saat ini. Sehingga kamu dapat meng-upgrade skills atau keterampilan kamu setiap saat.

5. Lebih Banyak Teman Baru dari Berbagai Daerah

Salah satu hal yang paling menyenangkan ketika magang adalah bertemu dengan orang baru. Bertemu orang baru artinya akan ada banyak ilmu, informasi dan kesempatan yang bisa kamu dapatkan. Nah, ketika kamu magang online, kamu berkesempatan untuk mengenal lebih banyak orang dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Bukan tidak mungkin jika berawal dari kelas magang yang sama, suatu saat nanti dapat menjadi partner kerja yang solid. Siapa tahu kan? Bisa juga ada teman magang yang menawarkan informasi pekerjaan untuk kamu. Kamu hanya perlu bersiap diri, sehingga ketika kesempatan itu datang, kamu dapat memanfaatkannya dengan sempurna.

Baca Juga : Mempelajari Proses Pembuatan Game, SMKN 2 Demak Seminar Industri bersama Gamelab Indonesia

Penutup

Sekarang, seharusnya kamu sudah yakin dan mantap untuk memilih magang secara online daripada offline. GAMELAB.ID memiliki 5 alasan tersebut di atas. Sehingga ketika kamu berencana mengikuti kegiatan magang online, cukup daftar ke GAMELAB.ID saja.

Ada banyak kelas yang bisa kamu pilih sesuai passion kamu. Bahkan, jika kamu sudah menyelesaikan kelas sebelumnya, kamu bisa melanjutkan untuk meng-upgrade atau meningkatkan skills kamu. Okey, kami tunggu ya kamu di kelas GAMELAB.ID.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Senin, 26 Desember 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI