BERITA TIPS MAGANG & KARIER Dear Freshgraduate, Ketahui 7 Cara Berkomunikasi yang Baik di Tempat Kerja Berikut Ini

Dear Freshgraduate, Ketahui 7 Cara Berkomunikasi yang Baik di Tempat Kerja Berikut Ini

Oleh Ayu Larasati | Kamis, 29 Desember 2022

Dear Freshgraduate, Ketahui 7 Cara Berkomunikasi yang Baik di Tempat Kerja Berikut Ini

Ini 7 cara berkomunikasi yang baik di tempat kerja yang perlu kamu tahu. Simak baik-baik ya!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Komunikasi di dunia kerja sangatlah penting, karena berpengaruh ke kariermu. Lalu, bagaimana ya cara berkomunikasi yang baik di tempat kerja?

Yuk simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Cara Berkomunikasi yang Baik di Tempat Kerja

Komunikasi yang baik di tempat kerja dapat membantu meningkatkan produktivitas, menjaga harmoni dan kepercayaan di antara rekan kerja. Tidak hanya itu, hal tersebut juga dapat membantu dalam menyelesaikan masalah dan mencapai tujuan organisasi.

Berikut adalah beberapa cara untuk berkomunikasi dengan baik di tempat kerja. Yuk baca sampai akhir!

1. Gunakan bahasa yang sopan dan sesuai

Jangan menggunakan bahasa yang kasar atau tidak sopan saat berkomunikasi dengan rekan kerja atau atasan. Selalu gunakan bahasa yang sopan dan sesuai dengan situasi dan konteks.

2. Hindari Kesalahpahaman

Ada baiknya kamu memiliki kemampuan untuk benar-benar mendengarkan apa yang orang lain katakan dan memahami maksudnya. Dengan mendengarkan secara aktif, hal tersebut dapat membantu dalam meningkatkan kepercayaan dan menghilangkan salah paham yang mungkin terjadi. 

Selain itu, bisa juga coba ajukan rangkuman dari apa yang kamu pahami kepada lawan bicara, sehingga lawan bicara bisa mengonfirmasi atau mengoreksi tentang apa yang kamu pahami.

3. Beri tahu orang lain apa yang kamu pikirkan

Jangan ragu untuk berbagi pendapat dan ide-idemu dengan rekan kerja dan atasan. Namun, pastikan untuk melakukannya secara profesional dan tidak menyinggung perasaan orang lain.

4. Gunakan bahasa tubuh yang positif

Bahasa tubuh dapat memberikan informasi tambahan tentang apa yang kamu pikirkan atau rasakan. Pastikan untuk menggunakan bahasa tubuh yang positif seperti tersenyum, mengangguk, dan membuat kontak mata yang baik saat berkomunikasi dengan orang lain di tempat kerja.

5. Sampaikan pesanmu dengan jelas

Pastikan untuk menyampaikan pesanmu dengan jelas dan tidak membingungkan. Gunakan contoh-contoh atau analogi yang mudah dipahami untuk membantu menjelaskan ide atau pesan yang kamu sampaikan.

6. Jadikan komunikasi sebagai prioritas

Jangan menunda-nunda komunikasi yang penting dengan rekan kerja atau atasan. Segera sampaikan pesan yang kamu miliki sesegera mungkin agar tidak terjadi salah paham atau keterlambatan dalam menyelesaikan suatu masalah.

7. Fleksibel saat berkomunikasi

Setiap orang tentu mempunyai karakter yang berbeda-beda. Perbedaan karakter tersebut tentu akan memengaruhi dalam melakukan komunikasi yang baik dengan setiap orang. Kamu perlu memahami gaya komunikasi setiap orang yang ada di lingkungan kerjamu.

Walau begitu, hal tersebut terkadang menjadi hal yang tidak mudah. Pada dasarnya, terdapat 4 gaya komunikasi yang patut kamu tahu:

  • Pasif: Orang dengan gaya komunikasi ini umumnya terlihat cuek. Selain itu, mereka juga mengalami kesulitan dalam mengungkapkan kebutuhan atau perasaannya.
  • Agresif: Orang dengan tipe gaya komunikasi ini lebih mudah diketahui apa maksudnya. Hanya saja, mereka sering memberikan perintah, kurang mendengarkan orang lain, dan mengajukan pertanyaan dengan kurang baik. Jika kamu bertemu dengan orang tipe ini, persingkat saja waktu saat berkomunikasi dengannya. Bicaralah mengenai hal penting saja. Jika perlu, hindari berdebat dengan tipe orang ini.
  • Pasif-Agresif: Gaya komunikasi tipe ini cukup sulit untuk dipahami. Di permukaan, orang dengan tipe ini tampak pasif, tetapi di dalam hati mereka sangat aktif. Biasanya, orang dengan tipe ini menggunakan sindiran atau sarkasme. Untuk menghadapi orang dengan gaya komunikasi ini, kamu perlu memerhatikan bahasa tubuh atau ekspresi mereka lebih dulu.
  • Asertif: Orang dengan gaya komunikasi ini bisa kamu ajak kerja sama dengan baik karena mereka bisa diajak berkomunikasi secara lebih mudah. Mereka bisa mengekspresikan perasaan dan ide mereka dengan mudah, tanpa mengabaikan kepentingan orang lain. Orang dengan gaya komunikasi asertif sangat mudah untuk dipahami.
Baca Juga : Raih Masa Depan Gemilang: Temukan Peluang Karier Terbaik di GAMELAB.ID

Penutup

Itu dia penjelasan mengenai cara berkomunikasi yang baik di tempat kerja yang patut kamu ketahui sebelum benar-benar terjun di dunia kerja. Kamu ingin meningkatkan skill komunikasimu untuk menunjang karier? Yuk ikuti kelas Communication: Meningkatkan Keterampilan Komunikasi untuk Menunjang Karir di GAMELAB.ID.

Seperti penjelasan di atas, komunikasi sangatlah penting di dunia kerja. Untuk itulah kamu perlu mengikuti kelas ini agar bisa berkomunikasi dengan baik dan benar, sehingga kariermu makin bagus.

Klik di sini untuk bergabung dengan kelasnya!


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Kamis, 29 Desember 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI