BERITA SMK Mengenal Apa Itu PKL dan Prakerin - Anak SMK Wajib Tahu!

Mengenal Apa Itu PKL dan Prakerin - Anak SMK Wajib Tahu!

Oleh Syamsul Arifin | Rabu, 4 Januari 2023

Mengenal Apa Itu PKL dan Prakerin - Anak SMK Wajib Tahu!

Sebagai anak SMK, kamu harus tahu apa itu PKL dan Prakerin. Sehingga kamu dapat mempersiapkan diri sebelum mengikuti program PKL atau Prakerin. Berikut ini ulasannya.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Sebagai anak SMK, istilah PKL atau Prakerin tentu sudah sering kamu dengar. Tapi, sebenarnya, apa itu PKL atau ada juga yang menyebutnya Prakerin? Apakah memang anak SMK harus mengikuti program tersebut? Baca terus ya.

Mengenal Program PKL atau Prakerin

PKL adalah singkatan dari Praktik Kerja Lapangan. Sedangkan Prakerin adalah singkatan dari Praktik Kerja Industri. Keduanya merujuk pada kegiatan yang sama, yakni untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang didapat di sekolah pada dunia industri atau dunia usaha.

Sehingga PKL juga berarti kegiatan pendidikan, pembelajaran dan pelatihan anak SMK selama periode tertentu. Dalam periode tersebut, mereka akan mengaplikasikan apa yang selama ini mereka dapatkan di sekolah.

Oleh sebab itu, anak PKL akan mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman baru. Selain itu, mereka juga dapat meningkatkan keterampilan yang sudah mereka kuasai di sekolah.

Mengenal Apa Itu PKL dan Prakerin - GAMELAB.ID

Mempersiapkan Diri Mengikuti Kegiatan PKL

Biasanya, program PKL atau Prakerin ini berlangsung pada saat kamu sudah semester III/IV (tiga atau empat). Sebelum itu, pihak sekolah akan memberikan pembekalan seperti pengenalan dunia industri, penilaian selama PKL hingga pembuatan laporan PKL.

Oleh sebab itu, sebelum waktu itu datang, ada baiknya kamu mempersiapkan diri untuk mengikuti program PKL. Yang paling penting untuk kamu siapkan adalah keterampilan atau skills kamu.

Usahakan agar skills kamu di atas rata-rata teman lainnya yang mengikuti PKL. Dengan demikian, kamu tidak akan mengalami kesulitan ketika mendapatkan tugas dari industri atau perusahaan di mana kamu melakukan PKL atau Prakerin.

Mengenal Apa Itu PKL dan Prakerin - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mendapat Pemahaman Langsung dari Trainer Expert, SMKN 1 Buahdua Sumedang Kunjungan Industri ke Educa Studio

Penutup

Beruntung sekali kamu membaca artikel ini. Sebab, GAMELAB.ID memiliki banyak kelas magang online yang bisa kamu ambil sebagai persiapan untuk mengikuti PKL. Kurikulum materi yang ada di GAMELAB.ID sudah sesuai dengan kurikulum industri saat ini.

Sehingga, ketika kamu lulus magang online di GAMELAB.ID, kamu akan mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan industri. Kamu juga akan mendapatkan sertifikat yang dapat kamu jadikan sebagai portofolio ketika kamu akan mengikuti PKL atau bahkan melamar pekerjaan.

Opsi lainnya adalah kamu dapat menyampaikan pada sekolah agar sekolah kamu mengadakan PKL di GAMELAB.ID. Untuk itu, sekolah kamu dapat mengikuti program SMK Binaan GAMELAB.ID. Program ini telah diikuti oleh lebih dari 141 SMK di seluruh Indonesia.

Yuk segera persiapkan diri untuk mengikuti PKL dengan daftar Kelas Magang Online di GAMELAB.ID sekarang. Daftarkan juga sekolah kamu menjadi SMK Binaan GAMELAB.ID dengan mengklik link ini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Rabu, 4 Januari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI