BERITA SMK 7 Jurusan SMK yang Bergaji Besar, Ada yang 10 Juta per Bulan!

7 Jurusan SMK yang Bergaji Besar, Ada yang 10 Juta per Bulan!

Oleh Syamsul Arifin | Senin, 9 Januari 2023

7 Jurusan SMK yang Bergaji Besar, Ada yang 10 Juta per Bulan!

7 Jurusan SMK yang bergaji besar berikut ini dapat menjadi semangat untuk kamu yang mengambil jurusan tersebut. Tapi, yang harus selalu diingat adalah semua tergantung dari skills atau kompetensi kamu.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Lulusan SMK dapat bekerja di perusahaan swasta dan pemerintahan. Sehingga peluang untuk mendapatkan pekerjaan sangat besar. Pertanyaannya adalah apakah ada jurusan SMK yang bergaji besar? Jawabannya, pasti ada.

7 Jurusan SMK yang Bergaji Besar

Beruntung sekali jika kamu saat ini sekolah di SMK. Sebab, beberapa pekerjaan atau jurusan SMK di bawah ini memiliki gaji besar. Bagi kamu yang berencana untuk masuk SMK, beberapa jurusan berikut ini dapat menjadi rekomendasi.

1. Akuntansi

Dari dulu hingga sekarang, jurusan SMK Akuntansi memiliki peluang kerja yang besar. Tidak masalah apakah kamu lulusan SMK atau sarjana, ketika memiliki keahlian di bidang ini, kamu berpotensi untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji besar.

Akuntansi dibutuhkan di semua sektor baik itu perusahaan jasa, logistik, industri dan manufaktur. Bahkan yang bergerak di bidang pendidikan dan sosial pun membutuhkan seorang akuntan.

Rata-rata, seorang akuntan lulusan SMK akan mendapatkan gaji sekitar Rp6 jutaan atau setidaknya di atas UMR daerah di mana kamu bekerja. Tentu, angka ini cukup besar. Artinya, kamu yang mengambil jurusan ini, paling tidak gajinya di atas UMR.

2. Administrasi Perkantoran

Jurusan SMK yang bergaji besar berikutnya adalah Administrasi Perkantoran (AP). Ini karena setiap perusahaan juga membutuhkan orang yang ahli di bidang AP. Lowongan pekerjaannya pun banyak sehingga kamu dapat memilih mana yang paling sesuai.

Untuk lulusan SMK jurusan Administrasi Perkantoran dapat mengantongi gaji sekitar Rp3-4 jutaan. Tapi, angka ini masih bisa bertambah sesuai dengan pengalaman dan keahlian. Jadi, sebaiknya kamu melakukan optimasi skills jika ingin mendapatkan gaji lebih.

Jurusan SMK yang Bergaji Besar - GAMELAB.ID

3. Game Developer - RPL

Buat kamu yang mengambil jurusan SMK RPL dan memiliki ketertarikan di dunia game, dapat memilih karir menjadi game developer. Game developer sendiri berarti orang yang merancang dan membuat software khusus untuk game.

Kisaran gaji untuk game developer sendiri sekitar Rp6 juta. Tentunya, dengan skills yang semakin mumpuni, kamu berkesempatan untuk mendapatkan lebih. Untuk itu, kamu dapat mencoba kelas online GAMELAB.ID misalnya seperti kelas Membuat Game dengan Construct untuk Menjadi Pengembang Game.

4. Software Tester - RPL

Jurusan SMK yang bergaji besar selanjutnya masih berhubungan dengan jurusan RPL, yakni software tester. Pekerjaan ini mengharuskan kamu untuk menguji sebuah perangkat lunak atau software. Pekerjaan yang terlihat mudah tapi tetap membutuhkan ketelitian dan keseriusan.

Untuk kisaran gaji seorang software tester berkisar antara Rp6 juta hingga Rp10 juta per bulannya. Tentu saja, pengalaman dan keterampilan menjadi parameter apakah kamu akan digaji besar atau tidak.

5. Animator - Multimedia

Pekerjaan seorang animator adalah membuat gambar animasi dengan berbagai teknik dan tools agar gambar tersebut bergerak. Seorang animator memiliki kesempatan untuk mendapatkan gaji yang besar.

Untuk kisaran gajinya sendiri mulai dari Rp5 juta bahkan ada yang berani menggaji Rp10 juta. Tentu saja, ini tergantung dari kemampuan serta tingkat kesulitan pekerjaan. Tapi yang jelas, jika kamu menjadi animator, peluang kamu untuk bergaji besar sangat terbuka lebar.

6. Desainer Grafis - Multimedia

Jika kamu mengambil jurusan SMK Multimedia, maka dapat memilih untuk menjadi seorang desainer grafis. Sebagai desainer, peluang kamu untuk mendapatkan gaji besar sangat mungkin. Bahkan, kamu juga dapat melakukan pekerjaan ini secara online.

Untuk level junior saja, gaji yang dapat kamu terima sekitar Rp5 juta per bulan. Sedangkan jika levelnya sudah sampai expert atau profesional, tentu gaji yang bisa kamu dapatkan lebih besar lagi. Kamu dapat memulai dengan mencoba kelas Menguasai CorelDRAW Dari Dasar Sampai Ahli dari GAMELAB.ID.

Jurusan SMK yang Bergaji Besar - GAMELAB.ID

7. Teknisi Komputer - TKJ

Perusahaan mana yang tidak menggunakan komputer dalam menjalankan aktivitasnya? Hampir semua perusahaan sekarang sudah menggunakan komputer. Oleh sebab itu, jurusan TKJ bisa menjadi seorang teknisi komputer.

Jangan anggap remeh, pekerjaan ini sangat penting bagi perusahaan. Oleh sebab itu, gaji yang ditawarkan pun cukup besar yakni sekitar Rp6 juta. Seorang teknisi komputer dapat memastikan semua komputer perusahaan bekerja secara optimal dan pastinya dapat mengatasi semua kendala yang berhubungan dengan komputer.

Baca Juga : SMK Delta Presiden Kunjungan Industri ke GAMELAB untuk Mendapatkan Materi yang Relevan Industri

Penutup

Tentu saja ada beberapa faktor yang menentukan kenapa perusahaan mau memberikan gaji yang besar pada beberapa jurusan di atas. Tapi yang jelas, skills atau keterampilan kamu sangat menentukan.

Artinya, skills kamu harus di atas rata-rata jika ingin mendapatkan gaji yang besar. Untuk itu, sebaiknya kamu melakukan optimasi skills di GAMELAB.ID. Kamu akan dipandu oleh trainer profesional.

Ada banyak pilihan kelas online di GAMELAB.ID yang bisa kamu ikuti. Masing-masing kelas sudah menggunakan kurikulum terbaru sesuai kebutuhan industri. 

Sehingga lulus dari kelas tersebut kamu akan memiliki skills yang dibutuhkan oleh industri saat ini. Yuk, buruan daftar kelas magang online di GAMELAB.ID dan optimasi skills-mu sekarang juga.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Senin, 9 Januari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

TAGS

SMK

KATEGORI