BERITA SMK 4 Pertimbangan Sebelum Memilih Jurusan SMK

4 Pertimbangan Sebelum Memilih Jurusan SMK

Oleh Syamsul Arifin | Selasa, 10 Januari 2023

4 Pertimbangan Sebelum Memilih Jurusan SMK

4 Pertimbangan sebelum memilih jurusan SMK berikut ini dapat membantu kamu untuk memilih jurusan SMK yang tepat. Sehingga setelah lulus nanti, kamu dapat memperoleh pekerjaan impian dengan gaji sesuai ekspektasi.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Lulus dari SMP atau MTs, sekolah yang dapat kamu pilih berikutnya adalah SMK, terutama jika kamu ingin segera mendapatkan pekerjaan. Sebab ada banyak jurusan SMK yang dapat kamu pilih sesuai dengan skills atau bidang yang kamu minat sebagai persiapan untuk bekerja setelah lulus nanti.

4 Pertimbangan Sebelum Memilih Jurusan SMK

Setidaknya, terdapat 9 jurusan SMK dengan berbagai Kompetensi Keahlian yang dapat kamu pilih. Kamu dapat membacanya di artikel Apa Saja Jurusan SMK? Ini Daftar Jurusan SMK Paling Lengkap. Tapi, sebelum memilih jurusan SMK, ada 4 pertimbangan yang harus kamu ketahui.

1. Bagaimana Jenjang Karir Setelah Lulus?

Pertimbangan pertama saat kamu akan memilih jurusan SMK adalah bagaimana dengan jenjang karir setelah kamu lulus. Apakah jenjang karirnya dapat terus naik atau hanya di satu posisi saja. Jenjang karir di sini berarti peluang kamu untuk menempati jabatan atau posisi tertentu.

4 Pertimbangan Memilih Jurusan SMK - GAMELAB.ID

Misalnya, ketika kamu mengambil jurusan RPL karir apa saja yang dapat kamu pilih? Di jurusan RPL, kamu dapat memilih karir sebagai software tester atau game developer. Bagaimana dengan jenjang karir game developer?

Karir sebagai game developer sangat bagus karena sekarang di era digital, bisnis di bidang game atau permainan terus berkembang. Kamu dapat membaca artikel Mengejutkan! Indonesia Jadi Pasar Game Terbesar di Asia Tenggara sebagai referensinya.

Sehingga selain menjadi game developer, kamu juga berkesempatan untuk memiliki perusahaan sendiri yang fokus pada pengembangan sebuah game. Ini adalah contoh tentang jenjang karir dari jurusan SMK yang kamu pilih.

2. Dengan Jurusan Itu, Mau Daftar di Perusahaan Mana?

Pertimbangan kedua adalah dengan memilih jurusan SMK tersebut, kamu mau daftar di perusahaan mana setelah lulus nanti? Ini juga penting agar kamu dapat lebih fokus ketika mengambil jurusan tersebut.

Misalnya, kamu mengambil jurusan RPL dan menjadi game developer. Maka kamu dapat mendaftarkan diri di perusahaan pembuatan game. Misalnya seperti Educa Studio yang telah merilis puluhan games edukasi untuk anak-anak seperti Marbel.

4 Pertimbangan Memilih Jurusan SMK - GAMELAB.ID

Sedangkan jika kamu memilih jurusan Administrasi Perkantoran, maka kamu dapat bekerja di perusahaan mana saja. Ini karena hampir semua perusahaan saat ini membutuhkan tenaga ahli di bidang Administrasi Perkantoran.

3. Dengan Jurusan Itu, Berapa Besaran Gajinya?

Pertimbangan ketiga adalah soal gaji. Dengan jurusan SMK yang kamu ambil nanti, berapa kisaran gaji yang akan kamu terima ketika sudah bekerja? Kamu harus tahu bahwa beda jurusan, beda pula gajinya walau sama-sama fresh graduate.

Kamu dapat membaca artikel 7 Jurusan SMK yang Bergaji Besar, Ada yang 10 Juta per Bulan! Pastinya, selain 7 jurusan tersebut, jurusan SMK lainnya juga memiliki peluang untuk mendapatkan gaji yang besar.

Misalnya kamu sebagai game developer, cari saja di internet berapa gaji rata-rata game developer untuk anak SMK. Begitu juga dengan jurusan SMK lainnya. Kamu sebaiknya melakukan riset tentang besaran gaji dari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan SMK yang kamu pilih.

4 Pertimbangan Memilih Jurusan SMK - GAMELAB.ID

4. Apa Saja Job Desk Sehari-Harinya?

Pertimbangan terakhir adalah job desk atau pekerjaan yang akan kamu lakukan setiap hari. Jangan sampai pada saat kamu mengambil jurusan, kamu memang enjoy menjalaninya. Tapi, setelah lulus dan masuk dunia kerja, ternyata jurusan tersebut memiliki job desk yang tidak sesuai passion.

Setidaknya, job desk itu terbagi menjadi dua; 1) bekerja di dalam ruangan (kantor) dan 2) bekerja di luar ruangan (lapangan). Buat kamu yang mudah bosan, bisa memilih pekerjaan yang berhubungan dengan outdoor atau pekerjaan lapangan.

Sedangkan bagi kamu yang menyukai tempat kerja di dalam ruangan ber AC, bisa memilih tipe pekerjaan kantor. Dari sini saja, kamu sudah tahu jurusan mana yang pekerjaannya di dalam dan di luar ruangan.

Baca Juga : Mendapat Pemahaman Langsung dari Trainer Expert, SMKN 1 Buahdua Sumedang Kunjungan Industri ke Educa Studio

Penutup

Pahami baik-baik 4 pertimbangan di atas. Nah, setelah kamu memutuskan untuk mengambil jurusan SMK yang mana, tinggal cari cara untuk optimasi skills sesuai jurusan tersebut.

Kamu dapat memilih GAMELAB.ID untuk optimasi skills dengan cara magang online. Kamu juga akan mendapatkan sertifikat resmi setelah lulus dari kelas atau magang online di GAMELAB.ID. Klik di sini untuk melihat daftar kelas online yang dapat kamu ikuti. Yuk, daftar magang online di GAMELAB.ID sekarang.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Selasa, 10 Januari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI