BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Mengenal CorelDRAW: Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

Mengenal CorelDRAW: Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

Oleh Syamsul Arifin | Kamis, 12 Januari 2023

Mengenal CorelDRAW: Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

CorelDRAW adalah salah satu software andalan para desainer dari pemula sampai profesional. Di artikel ini kamu akan mengenal lebih jauh tentang CorelDRAW termasuk kelebihan dan kekurangannya.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Buat kamu yang mengambil jurusan desain atau memiliki ketertarikan dengan desain, bisa dipastikan akan berhubungan dengan CorelDRAW. Apakah kamu tahu apa itu CorelDRAW? CorelDRAW adalah software yang akan membantu kamu untuk membuat berbagai desain.

Apa Itu CorelDRAW?

CorelDRAW adalah editor grafis vektor yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan asal Ottawa, Kanada yakni Corel Corporation. Selain itu, CorelDRAW adalah software untuk mengedit gambar 2 dimensi seperti foto, ilustrasi, vektor dan lain sebagainya.

CorelDRAW adalah salah satu software desain yang paling banyak digunakan. Bahkan, perusahaan yang bergerak di industri percetakan dan desain juga menggunakan CorelDRAW untuk memproduksi berbagai gambar atau desain.

Awalnya software ini hanya bisa digunakan di platform tertentu. Tapi saat ini sudah dapat kamu gunakan di berbagai platform. Oleh sebab itu, banyak desainer yang memulai karirnya dengan menggunakan CorelDRAW sebagai software andalannya.

Ini karena cukup mudah untuk mempelajari CorelDRAW, termasuk untuk kamu yang ingin memulai karir sebagai desainer. Kamu dapat mengikuti kelas Menguasai CorelDRAW Dari Dasar Sampai Ahli untuk memulai karir sebagai desainer grafis. Di kelas ini kamu dapat belajar CorelDRAW dari materi dasar untuk pemula hingga materi untuk yang sudah berpengalaman.

Fungsi CorelDRAW

CorelDRAW adalah software andalan bagi desainer pemula dan bahkan yang berpengalaman hingga yang berstatus profesional. Ini karena CorelDRAW memiliki banyak sekali fitur yang dapat kamu manfaatkan untuk berbagai keperluan desain.

Berikut ini beberapa contoh fungsi dari penggunaan CorelDRAW yang dapat mempermudah pekerjaan desain kamu. Baca sampai selesai ya!

1. Membuat Desain Logo

Logo adalah unsur yang sangat penting bagi setiap perusahaan, produk, brand atau lembaga (instansi). Kamu dapat menggunakan CorelDRAW untuk membuat desain logo sesuai keinginan dari klien. Logo yang sederhana, bahkan dapat bernilai puluhan juta rupiah.

Kamu dapat mengikut kelas Mengoperasikan CorelDRAW untuk Menjadi Desainer Grafis jika ingin membuat desain yang kece. Di dalam kelas ini ada banyak materi yang sangat kamu butuhkan untuk menguasai CorelDRAW dan menjadi desainer grafis.

BANNER ARTIKEL_Templates (20)

2. Membuat Desain Poster, Brosur, Undangan, Flyer

Fitur-fitur yang ada di CorelDRAW dapat memudahkan kamu untuk membuat berbagai undangan, poster, brosur hingga flyer. Bahkan kamu dapat membuat kombinasi yang ciamik dengan gambar, warna serta ratusan font gratis yang dapat kamu gunakan.

3. Membuat Desain Sampul Buku

Selain desain poster, flyer, brosur dan undangan kamu juga dapat menggunakan CorelDRAW untuk membuat desain sampul buku. Bahkan, bisa juga mendesain halaman buku dengan CorelDRAW. Kamu tentu tahu kan sampul buku yang menarik akan membuat orang penasaran untuk membacanya.

4. Membuat Ilustrasi

CorelDRAW adalah software yang mengagumkan. Kamu dapat membuat gambar ilustrasi dengan mengombinasikan gambar, vektor dan juga warna. Memang, CorelDRAW membebaskan kamu untuk semakin kreatif dengan berbagai imajinasi yang kamu miliki.

5. Membuat Karakter Kartun, Maskot dan Lain-Lain

Jangan salah, kamu dapat menggabungkan lengkungan, garis, shape atau bentuk seperti lingkaran, kotak dan lain sebagainya untuk membuat karakter tertentu. Dengan CorelDRAW kamu dapat menciptakan tokoh imajinatif untuk berbagai kebutuhan.

Mengenal CorelDRAW - GAMELAB.ID

Fitur Unggulan CorelDRAW

CorelDRAW adalah aplikasi yang memiliki banyak sekali fitur unggulan. Nah, berikut ini hanya beberapa saja di antara fitur unggulan yang ada di CorelDRAW. Baca sampai selesai ya!

1. Kolaborasi

CorelDRAW adalah aplikasi yang memiliki fitur unggulan berupa kolaborasi. Fitur ini akan memudahkan kamu untuk bekerjasama dengan desainer lain. Bahkan, kamu juga dapat melihat dan mengedit file tertentu bersama pengguna CorelDRAW lainnya.

2. Alat Tipografi

CorelDRAW memiliki fitur atau alat tipografi yang dapat membantu kamu untuk mengkreasikan font sesuai gaya yang kamu inginkan. Bahkan, jika kamu kreatif, kamu dapat membuat font sendiri  baik dengan melengkungkan, menipiskan atau menebalkan font tersebut.

Font ini nantinya dapat kamu gunakan untuk melengkapi desain atau bahkan kamu dapat menjualnya secara online. Ada cukup banyak website yang dapat kamu gunakan untuk menjual font. Begitu juga website tersebut juga menyediakan font gratis yang dapat kamu unduh dan pasang di CorelDRAW.

3. PowerTRACE

Fitur unggulan selanjutnya dari CorelDRAW adalah kamu dapat dengan mudah melakukan konversi dari bitmap ke vektor. Cukup gunakan fitur PowerTRACE dan kamu dapat melakukan konversi dari gambar ke vektor, mengekstrak garis dan lain-lain.

Mengenal CorelDRAW - GAMELAB.ID

Kelebihan dan Kekurangan CorelDRAW

Secara garis besar, CorelDRAW adalah aplikasi yang sangat unggul dibandingkan lainnya. Tapi, tentu saja CorelDRAW juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu ketahui. Beberapa di antaranya seperti berikut ini:

Kelebihan CorelDRAW

Beberapa kelebihan CorelDRAW adalah seperti:

1. Mudah Digunakan

CorelDRAW adalah aplikasi desain dengan tampilan antara muka yang mudah untuk kamu gunakan. Fitur-fitur di dalamnya juga mudah untuk kamu pelajari. Jika kamu masih pemula, kamu juga tidak akan kerepotan untuk mempelajarinya. 

Oleh sebab itu, CorelDRAW adalah aplikasi desain yang sangat direkomendasikan untuk para desainer pemula. Ketika sudah mahir atau menguasai CorelDRAW maka menggunakan aplikasi desain lainnya akan mudah juga.

2. Berbagai Pilihan Format File Impor dan Ekspor dengan Resolusi Tinggi

CorelDRAW menyediakan fitur impor dan ekspor dengan berbagai format. Impor berarti kamu memasukkan gambar dari komputer ke CorelDRAW. Sedangkan ekspor artinya kamu mengeluarkan gambar atau desain yang sudah jadi untuk menjadi JPG, PNG dan lain sebagainya.

Selain itu, hebatnya CorelDRAW adalah hasil ekspor memiliki resolusi yang tinggi. Oleh sebab itu, ketika gambar hasil desain ingin kamu cetak, tidak akan pecah. Bahkan ketika kamu akan mencetak banner ukuran sekian meter kali sekian meter, gambarnya tetap tidak akan pecah.

3. CorelDRAW Memiliki Banyak Fitur dan Alat

Kelebihan lainnya dari CorelDRAW adalah ada banyak sekali fitur dan alat atau tools yang akan memudahkan kamu membuat desain. Bahkan fiturnya tergolong sangat lengkap untuk berbagai keperluan desain.

Kekurangan CorelDRAW

Selain kelebihannya, tentu CorelDRAW juga memiliki beberapa kekurangan. Tentunya, ini tidak akan membuat kamu untuk menghindar atau tidak mau mempelajari CorelDRAW. Adapun untuk kekurangan CorelDRAW adalah seperti berikut ini:

1. Ukuran File Besar

Kekurangan terbesar dari aplikasi CorelDRAW adalah ukurannya yang sangat besar. Oleh sebab itu, untuk dapat memasang (install) CorelDRAW di PC atau laptop kamu membutuhkan spek laptop atau PC yang tinggi. Pastinya, RAM juga harus mumpuni agar CorelDRAW dapat digunakan dengan lancar.

Selain dari ukuran aplikasinya, ukuran file yang dihasilkan oleh CorelDRAW juga besar. Ini karena hasil akhir pada saat kamu ekspor, filenya memiliki resolusi yang tinggi. Untuk beberapa hal, terkadang kamu perlu melakukan convert atau resize file. Misalnya ketika kamu akan posting di Instagram.

2. Colorspace Masih Butuh Perbaikan

Seringkali, desainer atau pengguna CorelDRAW mengeluh antara warna di CorelDRAW dengan warna hasil cetak file. Setidaknya, ada dua pilihan warna yang dapat kamu gunakan yakni antara RGB atau CMYK.

Mengenal CorelDRAW - GAMELAB.ID

Baca Juga : Hobi Desain? Berikut Peluang Kerja Lulusan Desain Grafis yang Kompetitornya Sedikit!

Penutup

Ternyata CorelDRAW adalah aplikasi atau software andalan desainer. Nah, kamu juga bisa menjadi desainer profesional dengan hanya menggunakan CorelDRAW. Di GAMELAB.ID ada beberapa kelas CorelDRAW yang dapat kamu ikuti.

Misalnya seperti:

1. Menguasai CorelDRAW Dari Dasar Sampai Ahli

2. Mengoperasikan CorelDRAW Untuk Menjadi Seniman Digital

3. Mengoperasikan CorelDRAW Untuk Menjadi Perancang Grafis

4. Mengoperasikan CorelDRAW untuk Menjadi Desainer Grafis

Tapi, jika kamu masih pemula sekali dengan CorelDRAW, kamu bisa ikuti kelas Menguasai CorelDRAW Dari Dasar Sampai Ahli terlebih dahulu. Setelah itu baru mengikuti kelas CorelDRAW lainnya. Jadi, yuk segera daftar kelasnya terlebih dahulu.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Kamis, 12 Januari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI