BERITA SMK 10 Jurusan SMK Paling Menjanjikan

10 Jurusan SMK Paling Menjanjikan

Oleh Syamsul Arifin | Selasa, 17 Januari 2023

10 Jurusan SMK Paling Menjanjikan

Di antara jurusan SMK yang ada, ternyata setidaknya terdapat 10 jurusan yang paling menjanjikan. Apakah jurusan favorit kamu adalah salah satunya? Simak artikel ini ya.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Untuk kamu yang ingin cepat dapat kerja setelah lulus sekolah, kamu dapat memilih SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Ini karena ada beberapa jurusan SMK yang paling menjanjikan. Sehingga tidak butuh waktu lama untuk bisa  bekerja setelah lulus nanti.

10 Jurusan SMK Paling Menjanjikan

Di SMK sendiri, ada banyak sekali jurusan yang tersedia. Kamu dapat melihat daftar lengkapnya di artikel Apa Saja Jurusan SMK? Ini Daftar Jurusan SMK Paling Lengkap. Tapi, menurut beberapa sumber yang telah dikumpulkan, ternyata ada 10 jurusan SMK yang paling menjanjikan.

Kira-kira apa saja jurusan tersebut? Simak terus sampai selesai ya. 

1. Administrasi Perkantoran

Setiap kantor membutuhkan sistem administrasi yang dapat membantu semua proses administrasi lebih cepat dan rapi. Nah, kamu yang memilih jurusan ini nantinya akan mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan administrasi di lingkungan kantor.

Beberapa materi yang dipelajari di jurusan SMK ini adalah pengetikan dokumen, surat menyurat hingga tata kelola arsip kantor. Bagi kamu yang teliti, jurusan ini sangat cocok. Apalagi, jurusan Administrasi Perkantoran termasuk dalam salah satu jurusan SMK dengan gaji yang besar.

10 Jurusan SMK Paling Menjanjikan - GAMELAB.ID

2. Akuntansi

Jurusan SMK yang paling menjanjikan berikutnya adalah Akuntansi. Siswa SMK lulusan jurusan Akuntansi akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Sebab, ini masuk dalam salah satu jurusan SMK yang paling banyak dicari perusahaan.

Materi yang dipelajari di jurusan ini seputar transaksi keuangan, mengelola hingga menyajikan data keuangan. Bahkan nantinya akan berkaitan dengan finance atau keuangan perusahaan secara langsung.

Jika kamu memiliki skills yang tinggi, bahkan kamu dapat bersaing dengan lulusan perguruan tinggi. Menariknya lagi, Akuntansi masuk dalam daftar jurusan SMK yang bergaji besar. Kamu dapat membaca artikel 7 Jurusan SMK yang Bergaji Besar untuk lebih lengkapnya.

3. Bisnis dan Pemasaran

Jika tidak semuanya, maka hampir semua bidang usaha pasti membutuhkan tenaga ahli untuk mengisi divisi bisnis dan pemasaran. Jurusan SMK Bisnis dan Pemasaran sangat penting untuk perkembangan suatu usaha.

Di dalam jurusan ini, ada beberapa materi yang akan kamu pelajari. Misalnya seperti mempelajari teknik menjalankan bisnis online, melakukan inovasi produk hingga marketing dan administrasi transaksi. Inilah kenapa peluang untuk mendapatkan pekerjaan dari jurusan Bisnis dan Pemasaran sangat besar.

10 Jurusan SMK Paling Menjanjikan  - GAMELAB.ID

4. Animasi

Teknologi terus berkembang dan animasi saat ini sudah menjadi produk yang laku keras. Baik itu untuk entertainment atau hiburan maupun untuk pemasaran. Ini karena pemasaran dengan animasi lebih mudah untuk dicerna oleh masyarakat.

Kamu juga dapat bekerja di perusahaan yang fokus memproduksi konten animasi dan video. Perusahaan kreatif seperti ini, sekarang semakin banyak. 

Sehingga jika kamu mengambil jurusan SMK Animasi, peluang untuk cepat kerja pun terbuka lebar. Jurusan SMK yang satu ini juga menjadi salah satu jurusan SMK yang bergaji besar. Untuk memulainya, kamu dapat mengikuti kelas Belajar Membuat Animasi 3D Menggunakan Blender Untuk Menjadi Animator.

5. Broadcasting

Jurusan SMK Broadcasting sangat cocok untuk kamu yang memiliki kepercayaan diri tinggi. Apalagi kebutuhan di industri ini juga tinggi. Kamu memiliki peluang bekerja di industri TV dan siaran radio. Bahkan, dapat juga menjadi staff dari Youtuber.

Kamu juga memiliki peluang yang besar untuk menjadi Youtuber dengan kemampuan yang kamu dapatkan di jurusan Broadcasting. Sebab saat ini sudah zamannya streaming termasuk live streaming. 

Banyak perusahaan yang melakukan live streaming untuk meningkatkan engagement di media sosial sehingga mendapatkan banyak pelanggan baru. Tentu saja, jurusan SMK Broadcasting sangat dibutuhkan dalam hal ini.

10 Jurusan SMK Paling Menjanjikan  - GAMELAB.ID

6. Rekayasa Perangkat Lunak

Kamu yang memilih jurusan RPL atau Rekayasa Perangkat Lunak akan mempelajari tentang pengembangan perangkat lunak. Ini termasuk seperti pembuatan, pengembangan, pemeliharaan hingga manajemen kualitas.

Jurusan SMK RPL ini berhubungan dengan pembuatan website, aplikasi hingga pemrograman komputer. Nah, kamu yang ingin mendapatkan pekerjaan secara cepat dapat memilih jurusan RPL dengan menjadi game developer misalnya. Apalagi, jurusan ini juga masuk dalam daftar jurusan SMK yang bergaji besar.

Kamu dapat mengikuti kelas Membuat Game dengan Construct untuk Menjadi Pengembang Game di GAMELAB.ID. Kelas ini akan membantu kamu untuk menjadi pengembang game profesional.

7. Desain Grafis/Multimedia

Jurusan SMK yang paling menjanjikan berikutnya adalah desain grafis. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki ketertarikan dengan seni digital atau desain. Di dalam jurusan ini, kamu akan belajar membuat desain, teks, video dan animasi dengan berbagai software desain.

Lagi-lagi, jurusan desain grafis juga masuk dalam kategori jurusan SMK yang bergaji besar. Sehingga peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan dan berpenghasilan tinggi terbuka lebar. Belum lagi, tipe pekerjaan ini dapat kamu lakukan secara online, tidak harus ke kantor.

Kamu perlu mencoba mengikuti kelas Menguasai CorelDRAW Dari Dasar Sampai Ahli atau kamu dapat memilih kelas Mengoperasikan CorelDRAW untuk Menjadi Desainer Grafis. Kedua kelas tersebut sangat penting dan akan mengajarkan kamu berbagai skills yang dibutuhkan desainer grafis.

10 Jurusan SMK Paling Menjanjikan  - GAMELAB.ID

8. Pariwisata

Setelah pandemi Covid-19, industri pariwisata kembali menggeliat. Secara otomatis, perkembangan di industri ini juga harus diimbangi dengan staff atau SDM yang mumpuni. Lulusan SMK jurusan pariwisata dapat memberikan kontribusi yang besar untuk memajukan sektor pariwisata.

Tenaga yang terampil di bidang ini dapat memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran. Ini termasuk mempelajari bahasa asing, informasi objek wisata dan pelayanan. Tentu saja, pekerjaan di sektor ini menyenangkan dan cocok untuk kamu yang menyukai tempat wisata.

9. Tata Busana

Jurusan SMK yang menjanjikan selanjutnya adalah tata busana. Untuk kamu yang tertarik di dunia fashion, dapat memilih jurusan Tata Busana. Jurusan ini akan mengajarkan kamu untuk terampil dalam membuat pola, mengenal bahan tekstil dan pastinya mengetahui teknik menjahit.

Ingat, menjahit adalah salah satu skills yang belum tergantikan oleh mesin. Oleh sebab itu, perusahaan besar sekalipun, ketika menjahit, mereka masih menggunakan tenaga manusia walau sudah dibantu dengan mesin. Oleh sebab itu, peluang jurusan Tata Busana sangat besar.

10. Analis Kimia

Terakhir di daftar ini ada jurusan Analis Kimia. Kamu yang memilih jurusan SMK Analis Kimia akan belajar banyak hal terkait ilmu kimia baik kimia terapan maupun murni. Kamu juga akan belajar mengenai laboratorium kimia, operasi teknik, alat industri dan lainnya.

Lulusan jurusan ini dapat bekerja menjadi staf laboratorium atau analis mikrobiologi dan quality control. Untuk perusahaannya sendiri yang paling cocok adalah perusahaan farmasi dan pemerintah.

10 Jurusan SMK Paling Menjanjikan  - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mendapatkan Pemahaman Proses Karya Kreatif, SMKN 1 Ketapang Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Penutup

Jadi, apa jurusan yang akan kamu ambil? Atau apakah jurusan kamu termasuk yang di atas? Jika pun tidak, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, pada akhirnya yang paling menentukan adalah skills kamu, bukan jurusan SMK yang kamu ambil.

Kalaupun kamu mengambil salah satu jurusan SMK di atas, jika skills kamu biasa saja maka perusahaan tidak akan melirik kamu. Perusahaan atau industri mencari lulusan SMK yang memiliki skills mumpuni. Nah, untuk itu kamu bisa mengikuti kelas magang online di GAMELAB.ID.

Kelas magang GAMELAB.ID memiliki kurikulum sesuai dengan kebutuhan industri. Jumlah kelasnya juga ada banyak. Kamu dapat memilih kelas di GAMELAB.ID sesuai dengan passion yang kamu miliki. Yuk, daftar magang online di GAMELAB.ID. Lihat daftar kelasnya di sini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Selasa, 17 Januari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI