BERITA SMK Lowongan Kerja yang Cocok untuk Lulusan SMK, Cek Yuk!

Lowongan Kerja yang Cocok untuk Lulusan SMK, Cek Yuk!

Oleh Syamsul Arifin | Selasa, 24 Januari 2023

Lowongan Kerja yang Cocok untuk Lulusan SMK, Cek Yuk!

Lulusan SMK bisa kerja apa saja? Ini adalah pertanyaan yang sering diajukan baik oleh calon atau siswa SMK sendiri terutama yang akan segera lulus. Di sini, kamu akan mendapatkan jawabannya.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Buat siswa SMK yang saat ini duduk di kelas 3 atau 12, tentu sudah mulai berpikir, setelah lulus mau kerja apa? Lowongan kerja untuk lulusan SMK sendiri ada banyak sekali. Bahkan kamu dapat memilih pekerjaan sesuai dengan passion yang kamu sukai atau skills yang kamu miliki.

Lowongan Kerja untuk Lulusan SMK

Jika kamu lulusan SMK, kamu tidak perlu minder atau merasa kurang percaya diri. Sebab, di sekolah kamu sudah dibekali dengan berbagai keterampilan. Bahkan, saat kamu melakukan Kunjungan Industri, mungkin kamu sudah terbayang akan seperti apa pekerjaan di masa yang akan datang.

Tentunya, tipe pekerjaan tersebut tidak jauh dari jurusan yang kamu pilih di SMK atau sesuai dengan apa yang kamu minati. Di artikel ini, kamu akan mendapatkan wawasan yang menggambarkan kira-kira lowongan kerja apa saja yang cocok untuk siswa lulusan SMK? Berikut penjelasannya:

1. Bekerja Sesuai Skills atau Jurusan

Sebagai siswa SMK, tentu dari awal kamu sudah diperkenalkan dengan berbagai jurusan yang ditawarkan oleh sekolah. Ketika kamu memilih salah satunya, maka selama kamu sekolah, kamu akan mendapatkan berbagai keterampilan terkait dengan jurusan yang sudah kamu pilih.

Skills yang kamu pelajari dan praktikkan di sekolah itulah yang dapat menjadi modal awal ketika kamu akan bekerja nanti. Jadi, lowongan kerja untuk lulusan SMK yang dapat kamu pilih pertama adalah pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan yang kamu dapatkan di sekolah.

Misalnya jika kamu memilih jurusan Teknik Mesin, maka pekerjaan yang dapat kamu pilih, salah satunya adalah bekerja sebagai teknisi di bengkel. Jika kamu memilih Desain Grafika, maka kamu dapat memilih bekerja sebagai seorang desainer grafis.

Lowongan Kerja Lulusan SMK - Kerja Sesuai Jurusan - GAMELAB.ID

2. Magang untuk Tingkatkan Skills dan Kompetensi

Jika kamu masih belum percaya diri dengan keterampilan yang kamu dapatkan di sekolah, maka yang dapat kamu pilih selanjutnya adalah magang. Magang juga menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk lulusan SMK.

Terutama untuk kamu yang ingin mencari pengalaman atau meningkatkan skills. Dengan magang, kamu yang merasa belum cukup terampil dapat lebih jauh menggali kemampuan yang kamu miliki. Kamu juga akan mendapatkan pengalaman, pengetahuan dan pastinya ilmu yang dapat kamu praktikkan.

Jika kamu benar-benar ingin meningkatkan skills sebagai persiapan untuk bekerja nanti, kamu dapat bergabung dengan kelas atau magang online di GAMELAB.ID. Ada banyak sekali pilihan kelas yang dapat kamu pilih sesuai dengan passion dan skills kamu. Klik link ini untuk melihat daftar kelas GAMELAB.ID.

3. Berwirausaha

Lowongan kerja untuk lulusan SMK yang dapat kamu pilih selanjutnya adalah berwirausaha. Jadi, dengan keterampilan yang kamu dapatkan di sekolah, selain bekerja pada orang atau perusahaan, kamu juga dapat menciptakan lapangan kerja sendiri.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki keterampilan sebagai teknisi kendaraan, kamu dapat memilih untuk membuka bengkel sendiri. Kamu dapat memanfaatkan tempat kosong di sebelah rumah dan mulai membuka bengkel dengan memperbaiki kendaraan milik tetangga.

Awalnya, mungkin semuanya dikerjakan sendiri. Tapi, lambat laun kamu juga dapat merekrut teman atau lulusan SMK lain untuk bekerja bersama. Bahkan, bukan tidak mungkin jika nantinya kamu memiliki bengkel besar di pinggir jalan. 

Lowongan Kerja Lulusan SMK - Wirausaha - GAMELAB.ID

4. Freelancer atau Pekerja Lepas

Lowongan kerja untuk lulusan SMK terakhir yang dapat menjadi opsi adalah bekerja freelance atau sebagai pekerja lepas. Tipe pekerjaan ini lebih fleksibel. Biasanya, pemberi pekerjaan tidak peduli apakah kamu lulusan SMK atau Perguruan Tinggi. Selama kamu dapat melakukan pekerjaan dengan baik, maka mereka akan menerimanya.

Jika kamu berpendapat bahwa tipe pekerjaan freelance hanya untuk pekerjaan yang dapat dikerjakan secara online, maka kamu salah. Ini karena ada banyak pekerjaan freelance yang dapat kamu lakukan secara offline. Ini tergantung dari penyedia pekerjaannya, apakah pekerjaannya akan dilakukan secara online atau harus offline.

Untuk tipe pekerjaan freelance online, misalnya adalah desain grafis, membuat animasi dan lainnya yang biasanya dikerjakan melalui komputer atau laptop. Sedangkan tipe pekerjaan freelance offline misalnya seperti teknisi.

Sebagai contoh, ada perusahaan yang membuka jasa teknisi freelance terutama ketika sedang banyak pekerjaan dari klien dan jumlah teknisi dari kantor tidak mencukupi. Ada juga yang memang lebih menyukai untuk merekrut teknisi freelance daripada kontrak. Ya, dalam hal ini perusahaan memiliki kebijakan masing-masing.

Lowongan Kerja Lulusan SMK - Freelancer - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mendapat Pemahaman Langsung dari Trainer Expert, SMKN 1 Buahdua Sumedang Kunjungan Industri ke Educa Studio

Penutup

Sebenarnya, ketika kamu memiliki skills yang mumpuni, kamu tidak perlu khawatir lagi. Ada begitu banyak kesempatan yang dapat kamu ambil ketika skills kamu dapat memenuhi standar perusahaan. Sayangnya, materi yang kamu pelajari di sekolah saja belum tentu cukup untuk mengasah skills yang mumpuni.

Untuk itu, kamu dapat memilih meningkatkan skills dengan cara magang online di GAMELAB.ID. Dengan magang online di GAMELAB.ID, kamu akan mendapatkan materi yang sangat up to date dengan kebutuhan industri saat ini.

Kamu juga akan mendapatkan sertifikat resmi sebagai bukti kamu telah lulus magang online di GAMELAB.ID. Nantinya, kamu dapat menggunakan sertifikat dari GAMELAB.ID untuk melengkapi CV saat akan melamar pekerjaan atau mencari lowongan kerja untuk lulusan SMK. Yuk, klik di sini untuk daftar magang online di GAMELAB.ID sekarang.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Selasa, 24 Januari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI