BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA 6 Alasan Kenapa Tablet Disukai Ilustrator dan Desainer Grafis

6 Alasan Kenapa Tablet Disukai Ilustrator dan Desainer Grafis

Oleh Syamsul Arifin | Rabu, 25 Januari 2023

6 Alasan Kenapa Tablet Disukai Ilustrator dan Desainer Grafis

Menjadi ilustrator atau desainer grafis membutuhkan perangkat yang tepat untuk menggambar atau membuat desain. Tablet adalah salah satu perangkat yang sangat disukai oleh ilustrator dan desainer.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Buat kamu yang memiliki keterampilan desain atau menggambar ilustrasi, kamu bisa memilih menjadi desainer grafis atau ilustrator. Pekerjaan ini dapat dilakukan secara online dan gajinya bisa mencapai dua digit. Kamu juga masih dapat bekerja freelance atau pekerja lepas dengan menjual gambar ilustrasi atau desain secara online.

Alasan Ilustrator dan Desainer Grafis Suka Tablet

Aktivitas menggambar dan membuat desain memang lebih mudah ketika menggunakan pensil dan buku atau kertas. Tapi, masalahnya adalah ketika kamu akan mentransfernya menjadi karya digital. Nah, dari sinilah penggunaan tablet sebagai media untuk menggambar dan membuat desain bermula.

Ilustrator dan desainer grafis menyukai tablet untuk membuat gambar ilustrasi dan karya desain karena beberapa alasan. Simak penjelasannya di bawah ini ya.

1. Fitur Tablet Memudahkan Proses Gambar dan Desain

Tentu saja, fitur adalah hal yang paling penting untuk dibahas. Tablet dengan teknologi terbaru memberikan lebih banyak fitur yang dapat mempermudah pekerjaan seorang ilustrator dan desainer grafis. Misalnya adalah fitur undo-redo yang berguna untuk membatalkan dan mengulang tahapan ketika sedang menggambar atau membuat desain.

Fitur lainnya adalah zoom-in dan zoom-out yang dapat dilakukan dengan hanya menggunakan jari. Fitur ini sangat membantu untuk mengecek detail pada gambar atau desain. Pemberian dan pemilihan warna juga dapat lebih maksimal dengan adanya fitur zoom-in dan zoom-out.

Untuk fitur warna sendiri, tablet generasi terbaru sangat kaya dengan pilihan warna. Oleh sebab itu, apa pun kebutuhan warna yang kamu inginkan ketika membuat gambar ilustrasi atau desain, kamu dapat mendapatkannya dengan mudah.

Alasan Tablet Disukai Ilustrator dan Desainer Grafis - GAMELAB.ID

Fitur layer juga dapat membuat gambar dan desain semakin ciamik. Layer merupakan lapisan-lapisan lembar kerja yang berguna untuk meletakkan berbagai objek. Dengan layer, kamu dapat mempercantik tampilan gambar atau desain. Kamu dapat mengombinasikan berbagai layer untuk menghasilkan karya yang sempurna.

2. Ringan dan Mudah Dibawa

Selain kaya akan fitur, ilustrator dan desainer grafis menyukai tablet karena ringan dan mudah untuk dibawa ke mana-mana. Berbeda dengan komputer yang tidak bisa kamu bawa ke mana-mana atau laptop yang terlalu berat dan tidak simple.

Berat tablet berkisar antara 400 hingga 500 gram. Dimensinya pun tak sebesar laptop sehingga lebih mudah untuk kamu tenteng. Tablet generasi baru memiliki ukuran layar sekitar 10 inci. Lebih kecil dari laptop yang biasanya memiliki layar berukuran 14-15 inci.

Dengan berat dan ukuran layar seperti itu, pastinya sangat membantu ilustrator dan desainer grafis untuk mengerjakan proyek di mana saja dan kapan saja. Kamu bisa menggambar atau membuat desain di rumah, cafe, coffee shop atau di mana pun kamu mau.

3. Fitur Multitasking

Secara singkat, tablet saat ini memiliki kinerja yang sama dengan laptop, tentu saja dengan ukuran yang lebih compact dan lebih ringan. Tablet generasi terbaru memiliki fitur multitasking layaknya sebuah laptop. Sehingga kamu dapat menjalankan beberapa program sekaligus.

Kamu bahkan dapat menampilkan beberapa program di layar secara bersamaan. Sehingga akan sangat memudahkan untuk membuat karya baik itu gambar ilustrasi maupun desain. Fitur ini juga dapat mempercepat pekerjaan kamu.

4. Stylus Pen

Rasanya tidak lengkap jika tablet tidak memiliki stylus pen. Untuk tablet generasi terbaru, sudah memiliki stylus pen dengan latensi rendah. Bahkan tingkat sensitivitasnya mencapai 4.096. Dengan fitur ini, kamu sebagai ilustrator atau desainer grafis dapat membuat karya semudah menggunakan pensil di atas kertas.

Stylus pen dari tablet terbaru bahkan sudah dilengkapi dengan kekuatan baterai yang bertahan sangat lama. Bahkan ada yang mampu bertahan hingga 10.000 jam lamanya. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir lagi saat harus bekerja lama-lama menggunakan tablet.

Alasan Tablet Disukai Ilustrator dan Desainer Grafis - GAMELAB.ID

5. Menggunakan Chipset Terbaru

Saat ini, produsen tablet terus berlomba membuat karya yang sempurna untuk para penggunanya. Sebaiknya kamu memilih tablet dengan dapur pacu atau chipset terbaru yang dapat bekerja dengan sangat cepat.

Proses menggambar dan membuat desain bukan proses yang ringan. Oleh sebab itu, dibutuhkan tablet dengan chipset terbaru bahkan ada yang sudah menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) untuk memaksimalkan kemampuannya.

Sebagai ilustrator atau desainer grafis, tentu kamu tidak ingin berkompromi dengan kinerja tablet. Kelancaran proses adalah segalanya. Kamu bisa bayangkan, jika sedang menggambar kemudian tiba-tiba tablet mengalami freeze atau lag. Gambar yang sudah kamu buat bisa hilang begitu saja. Tentu tidak mau kan?

6. Kekuatan Baterai

Tablet generasi terbaru sangat disukai oleh ilustrator dan desainer grafis karena kekuatan baterainya. Ada yang mampu bertahan hingga di atas 10 jam. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir ketika sedang mengerjakan proyek desain atau gambar ilustrasi dan lupa membawa charger.

Jika kamu ingin membeli tablet, pastikan untuk memperhatikan daya tahan baterainya. Ketika kamu menggambar atau membuat desain, maka screen atau layar tablet akan terus menyala. Belum lagi dengan program atau proses lainnya yang berjalan pada saat kamu menggambar, semua ini tentu akan menghabiskan daya baterai.

Alasan Tablet Disukai Ilustrator dan Desainer Grafis - GAMELAB.ID

Baca Juga : Memahami Figma dalam Dunia Desain UI/UX, Berikut Penjelasannya!

Penutup

Tentu saja, selain beberapa hal di atas, masih ada lainnya yang membuat ilustrator dan desainer grafis menyukai tablet untuk bekerja. Tapi, secanggih apa pun alat atau teknologi yang kamu gunakan, semua tergantung dari skills yang kamu miliki dalam memanfaatkan teknologi tersebut.

Untuk menjadi seorang desainer grafis atau ilustrator, setidaknya kamu harus memiliki 11 skills. Kamu dapat membaca artikel 11 Skills Graphic Designer yang Wajib Kamu Miliki. Selanjutnya, untuk memulai karier sebagai desainer grafis atau ilustrator, kamu dapat memulainya dengan mempelajari CorelDRAW. 

CorelDRAW adalah platform desain grafis yang banyak digunakan baik oleh ilustrator dan desainer grafis baik pemula atau profesional. Untuk lebih jelasnya tentang CorelDRAW, kamu dapat membaca artikel Mengenal CorelDRAW: Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan.

Kamu juga dapat menggunakan CorelDRAW di tablet favoritmu. Tentunya, spesifikasi tablet juga harus dapat menjalankan semua fitur yang ada di CorelDRAW. Jika kamu masih pemula, kamu dapat mengikuti kelas Menguasai CorelDRAW Dari Dasar Sampai Ahli. Yuk, segera daftar kelasnya sekarang!

 


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Rabu, 25 Januari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI