BERITA DESAINER GRAFIS Tips Membuat Story Book Menggunakan CorelDRAW

Tips Membuat Story Book Menggunakan CorelDRAW


#story book #desain #software
Tips Membuat Story Book Menggunakan CorelDRAW

Mungkin sebagian anak suka jika sebelum tidur dibacakan buku cerita anak. nah kali ini kita akan membahas tips membuat storybook menggunakan CorelDRAW dan manfaat storybook bagi anak

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

PENGERTIAN STORY BOOK

Menurut definisi Asosiasi Perpustakaan Amerika, Story Book / buku anak adalah buku yang sesuai dengan tingkat kemampuan membaca dan minat anak - anak dari kelompok umur tertentu atau tingkatan pendidikan mulai prasekolah hingga kelas enam sekolah dasar.

Story Book bertujuan untuk meningkatkan ketertarikan kepada anak agar gemar membaca buku dan tidak bosan karena pada story book ini tidak hanya menampilkan tulisan sajatetapi juga menampilkan gambar.

MANFAAT STORY BOOK

Adapun beberapa manfaat story book untuk anak, sebagai berikut :

  1. Memperkenalkan Kosakata Baru Mendongeng atau membaca cerita akan membantu si kecil belajar mengenali dan mengucapkan kata- kata dan ungkapan baru. Namrata Popat, ibu dari anak berusia enam tahun, mengatakan, "Anak saya sangat suka mendengarkan cerita dan karenanya, kapanpun saya punya waktu, saya membacakan cerita kepadanya. Kata Namrat, kalau anak baru mendengar kata baru, biasanya akan membuat anak penasaran dan ingin tau apa sih arti dari kata - kata baru tersebut.
  2. Mengembangkan Keterampilan Mendengar Kebanyakan anak memiliki rentang perhatian yang lebih rendah dan sulit berkonsentrasi pada sesuatu yang lama. Mereka juga berbicara lebih banyak daripada mendengarkan. Membacakan buku cerita untuk anak memastikan bahwa mereka tidak hanya memperhatikan, tapi juga ingin mendengarkan dan mengerti. Ketika kebiasaan mendengarkan ditanam di dalam diri anak, mereka belajar untuk menjadi pendengar yang lebih baik. Ini memberi mereka pelatihan yang diperlukan untuk mendengarkan dan memahami lebih banyak, daripada berbicara.
  3. Meningkatkan Kreativitas dan Imajinasi Anak Mendengarkan sebuah cerita membantu seorang anak membayangkan karakter, tempat, plot dan lainnya alih - alih melihatnya di media visual. Hal ini juga meningkatkan kreativitas, membuat mereka lebih imajinatif dan terbuka terhadap ide dan pemikiran bebas.
  4. Mempertajam Memori Membacakan buku cerita bisa membantu meningkatkan ingatan si kecil. Begitu Orang tua selesai membacakan cerita, kita bisa memintanya untuk mengulang cerita yang sama setelah beberapa hari. Atau sebagai alternatif, kita juga bisa memintanya untuk bisa mengembangkan lanjutan cerita tersebut versi si kecil. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk meningkatkan ingatannya dan mendorong konsentrasi.
  5. Membantu Berkomunikasi Lebih Baik Keuntungan lain dari kegiatan sederhana ini yaitu mendorong anak - anak untuk membingkai dan mengajukan pertanyaan tentang apa yang mereka dengarkan dan pelajari. Ini tidak hanya mengajarkan anak bagaimana memulai percakapan, tapi juga meminta mereka untuk berbicara dengan percaya diri. Terkadang, anak suka ragu untuk mengajukan pertanyaan meski pikiran mereka penuh dengan keingintahuan. Membacakan buku cerita anak dan mendongeng bisa membantu anak dalam mempelajari seni mengajukan pertanyaan yang tepat. Ini juga memberitahu mereka bagaimana melakukan percakapan yang sempurna dan membuat mereka lebih percaya diri. Membaca dan mendengarkan secara teratur juga bisa membuat anak menjadi orator yang lebih baik.
  6. Memperkuat Hubungan Keluarga Membacakan buku cerita ataupun mendongeng adalah seni yang membawa anak, orang tua, dan kakek - nenek mendekat secara fisik satu sama lain. Jadi ini merupakan cara yang bagus untuk menghabiskan waktu bersama. Artinya kegiatan ini bisa membantu membangun dan memperkuat ikatan keluarga. Bukan hanya itu, kegiatan ini juga meletakkan dasar untuk keterampilan sosial, komunikasi, dan interpersonal seumur hidup anak.

TIPS MEMBUAT STORY BOOK MENGGUNAKAN COREL DRAW

Berikut ini cara membuat story book menggunakan corel draw :

  1. Langkah pertama yaitu mencari referensi untuk membuat story book, yang paling penting dalam mencari referensi story book yaitu, pemilihan warna, style gambar, dan pemilihan angle.
  2. Setelah mencari referensi, selanjutnya membuat sketsa manual atau di kertas
  3. Kemudian, setelah membuat sketsa manual selanjutnya membuat sketsa secara digital atau membuat sketsa pada corel
  4. Setelah selesai membuat semua sketsa digitalnya, selanjutnya mewarnai sketsa digital. Pada saat mewarnai hal yang paling diperhatikan adalah pemilihan warna yang tepat.
  5. Jika telah selesai mewarnai semua sketsa langkah terakhir yaitu mengexport semua gambar.

Nah itu, tips membuat story book menggunakan corel draw dan manfaat story book bagi anak.


WAHYU IKA FEBRIYANTI

WAHYU IKA FEBRIYANTI

Jumat, 5 Juni 2020