BERITA BISNIS & ADMINISTRASI Mau Tahu 5 Ide Bisnis Rumahan yang Sesuai dengan Jurusan SMK?

Mau Tahu 5 Ide Bisnis Rumahan yang Sesuai dengan Jurusan SMK?

Oleh Syamsul Arifin | Kamis, 26 Januari 2023

Mau Tahu 5 Ide Bisnis Rumahan yang Sesuai dengan Jurusan SMK?

Buat kamu siswa SMK yang mengambil beberapa jurusan di bawah ini dapat memilih untuk membuka usaha sendiri di rumah. Cobalah 5 ide bisnis rumahan berikut yang sesuai dengan jurusan SMK yang kamu pilih.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Bisnis rumahan didefinisikan sebagai bisnis atau usaha yang dijalankan dari rumah. Sehingga, kamu tidak perlu keluar rumah untuk menjalankan bisnis ini. Menariknya, ternyata ada lho ide bisnis rumahan yang juga cocok untuk pelajar SMK. Bahkan bisnis ini sesuai dengan jurusan kamu di sekolah.

Ide Bisnis Rumahan untuk Anak SMK

Jadi, bisnis rumahan itu bisa apa saja selama bisa dikerjakan dari rumah. Ini termasuk bisnis yang dapat kamu kerjakan secara online. Nah, bagi kamu anak SMK yang ingin menjalankan bisnis rumahan, 5 ide bisnis berikut ini dapat menjadi inspirasi.

1. Buka Bengkel Sendiri di Rumah - Jurusan Teknik Mesin

Sebenarnya, pelajar SMK yang mengambil jurusan Teknik Mesin, memiliki peluang untuk bekerja di sektor industri otomotif, energi, bioteknologi, kelistrikan, pertambangan dan banyak lagi. Tetapi, selagi masih sekolah, bisnis sederhana yang dapat kamu jalankan dari rumah bisa berupa bengkel.

Cukup dengan memanfaatkan tempat kosong di sebelah rumah, kamu sudah bisa membuka jasa ini. Pelanggannya bisa dimulai dari tetanggamu terlebih dahulu. Dengan demikian, kamu yang sudah lulus SMK dan pernah mengambil Jurusan Teknik Mesin, memiliki peluang yang bagus untuk membuka bengkel sendiri.

5 Ide Bisnis Rumahan - GAMELAB.ID

2. Bisnis Kue - Jurusan Tata Boga

Jurusan SMK yang satu ini biasanya disukai oleh siswi SMK. Tetapi, kamu jangan keliru karena saat ini banyak juga siswa SMK yang memilih jurusan Tata Boga. Ke depannya, kamu yang mengambil jurusan ini dapat menjadi Chef. Siapa tahu, kamu bisa menjadi seorang Chef terkenal.

Bagi kamu yang mengambil Jurusan Tata Boga, kamu dapat membuka bisnis kue. Bisnis kue kering atau basah termasuk membuat roti sangat disukai masyarakat. Kamu bisa menawarkan kue buatan kamu secara online atau ke tetangga-tetangga terlebih dahulu.

Saat hari-hari spesial seperti Idulfitri, Natal atau hari besar lainnya, bisnis kue sangat laris manis. Nah, kamu bisa memanfaatkan momen tersebut untuk memulai bisnis rumahan ini. Awalnya, bisa coba-coba dulu sampai kamu menemukan resep yang pas. 

Setelah itu, cobalah minta tetangga untuk mencicipi kue buatan kamu. Minta saran mereka apa yang kurang. Jika mereka tertarik dan menyukai, mereka bisa pesan untuk dibuatkan. Biasanya, mereka akan bercerita ke tetangga lainnya kalau kue buatan kamu itu enak. Pada akhirnya, bisnis rumahan kamu akan memiliki banyak pelanggan setia.

5 Ide Bisnis Rumahan - GAMELAB.ID

3. Menjahit Pakaian - Jurusan Tata Busana

Siswa yang mengambil jurusan SMK Tata Busana, ke depannya bisa memilih menjadi seorang desainer. Desainer ini nantinya akan merancang pakaian yang bisa menjadi trend baru. Nah, untuk kamu yang mengambil Jurusan Tata Busana dan ingin berwirausaha, dapat membuka jasa jahit di rumah.

Ide bisnis rumahan yang satu ini sangat laris. Apalagi ketika mendekati hari spesial seperti acara pernikahan, wisuda, Lebaran dan lainnya, banyak orang ingin menjahitkan pakaian. Jadi, tidak ada salahnya untuk membuka jasa jahit di rumah dan mulai menerima pesanan dari tetangga.

Cara lainnya adalah memasarkan jasa kamu secara online melalui media sosial. Bukan tidak mungkin, jika di kemudian hari kamu memiliki toko online sendiri. Kamu dapat menjual pakaian secara custom yang dijahit sesuai dengan ukuran dari pemesan.

5 Ide Bisnis Rumahan - GAMELAB.ID

4. Jasa Desain Grafis - Jurusan Desain Grafika

Buat kamu yang memilih Jurusan Desain Grafika, ada peluang bisnis rumahan yang dapat kamu jalankan dari rumah. Kamu bisa membuka jasa desain grafis secara online. Status pekerjaan ini bisa freelance atau sebagai pekerja lepas. Sehingga, waktunya bisa lebih fleksibel.

Kamu dapat menjual karya desain secara online di berbagai platform. Ada banyak sekali desainer grafis yang menjual karya mereka baik berupa logo atau desain lainnya secara online. Tetapi, untuk menjadi seorang desainer grafis kamu harus menguasai beberapa skills. Kamu dapat membaca artikel 11 Skills Graphic Designer yang Wajib Kamu Miliki.

5. Jasa Membuat Website - Jurusan TKJ

Pelajar SMK Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) dapat memilih menjalankan bisnis rumahan dengan membuka jasa pembuatan website. Jasa ini sangat laris di pasaran dan kamu bisa membuka jasa ini secara online sehingga bisa dikerjakan di rumah.

Kamu juga bisa memasarkan jasa kamu lewat media sosial atau forum online. Biasanya, konsumen atau pembeli jasa ini berasal dari pemilik bisnis UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Tetapi, bukan berarti kamu tidak akan mendapatkan proyek dengan nilai yang besar.

Bahkan, perusahaan yang masuk kategori corporate pun bisa saja memesan website ke kamu. Tentunya, skills kamu juga harus mumpuni sehingga hasil kerjaan kamu tidak akan mengecewakan pelanggan. Sebagai langkah awal, kamu dapat mengikuti kelas Membuat Website Menggunakan HTML dan CSS dari GAMELAB.ID.

5 Ide Bisnis Rumahan - GAMELAB.ID

Baca Juga : Memperkaya Ilmu Digital Accounting, SMK Gema Nusantara Melaksanakan UKK bersama Gamelab Indonesia

Penutup

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk menjalankan ide bisnis rumahan seperti di atas? Tentunya, walaupun jurusan SMK yang kamu pilih tidak ada di atas, bukan berarti tidak ada kesempatan untuk berwirausaha. Sejatinya, pelajar SMK memang dibekali dengan berbagai keterampilan agar lebih siap untuk bekerja atau berwirausaha, apa pun jurusannya.

Tentunya, ini sangat bergantung pada keterampilan atau skills yang kamu miliki. Makin tinggi skills-mu, maka makin besar kesempatan untuk menjadi orang yang sukses, baik itu dengan bekerja pada perusahaan atau membuka usaha sendiri. Kuncinya adalah meningkatkan skills.

Nah, kamu dapat meningkatkan atau optimasi skills di GAMELAB.ID. Ada banyak kelas online yang dapat kamu pilih sesuai dengan skills atau passion yang kamu miliki. Klik link ini untuk melihat daftar kelas online di GAMELAB.ID.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Kamis, 26 Januari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI