BERITA PRAKERJA Info Penting Kartu Prakerja 2023: Ketentuan, Syarat dan Jadwal Pendaftaran

Info Penting Kartu Prakerja 2023: Ketentuan, Syarat dan Jadwal Pendaftaran

Oleh Syamsul Arifin | Senin, 30 Januari 2023

Info Penting Kartu Prakerja 2023: Ketentuan, Syarat dan Jadwal Pendaftaran

Program Kartu Prakerja 2023 segera dibuka. Yuk, ketahui apa saja yang menjadi syarat dan bagaimana cara mendaftar Program Kartu Prakerja. Berikut informasi lengkapnya.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Seperti yang sudah kamu ketahui, Kartu Prakerja merupakan program kompetensi kerja atau pengembangan skills (keterampilan). Program ini diberikan kepada para pencari kerja, buruh atau pekerja yang terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dan pekerja yang memerlukan sumber daya guna meningkatkan kompetensi.

Program Kartu Prakerja 2023

Program Kartu Prakerja 2023 dikabarkan akan segera dibuka dalam waktu dekat. Berdasarkan informasi dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian), pemerintah akan membuka kembali pendaftaran program Kartu Prakerja.

Pada tahun 2023 ini, Program Kartu Prakerja memasuki gelombang ke 48. Informasi ini didapatkan dari laman resmi Sekretariat Kabinet atau setkab.go.id yang diakses pada Senin (30/1/2023). 

Di laman tersebut, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa tahap awal Program Kartu Prakerja 2023 (Prakerja Gelombang 48) menargetkan hingga 1 juta peserta. Jumlah yang cukup banyak, sehingga kamu pun berkesempatan untuk mengikuti tahap awal ini.

Program Kartu Prakerja 2023 - GAMELAB.ID

Nah, bagi kamu yang ingin mengikuti Program Kartu Prakerja 2023 tahap awal ini, harus segera melakukan pendaftaran akun, mengikuti tes dan pastinya lolos persyaratan administrasinya. Agar lebih jelas, silakan simak beberapa ketentuan di bawah ini:

Cara Daftar Akun Kartu Prakerja 2023

Untuk melakukan pendaftaran Program Kartu Prakerja 2023, kamu harus memiliki akun terlebih dahulu. Berikut ini cara membuat akun Kartu Prakerja 2023:

1. Kunjungi situs www.prakerja.go.id

2. Klik atau pilih menu Daftar Sekarang

3. Ketik alamat email kamu yang aktif

4. Masukkan password (kata sandi)

5. Selanjutnya, akan ada email dari Program Kartu Prakerja yang dikirim ke alamat email kamu yang sudah didaftarkan sebelumnya

6. Buka email tersebut dan lanjutkan dengan verifikasi akun

7. Sampai sini, seharusnya kamu sudah berhasil melakukan pendaftaran

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 48

Untuk mendaftar Program Kartu Prakerja 2023 atau Prakerja Gelombang 48, kamu harus memiliki akun terlebih dahulu seperti yang sudah dijelaskan di atas. Kemudian, berikut ini cara mendaftar gelombang Program Kartu Prakerja:

1. Kunjungi situs www.prakerja.go.id

2. Siapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK)

3. Isi data diri dengan benar dan ikuti seluruh petunjuk yang ada di layar

4. Siapkan alat tulis dan buku atau kertas kosong. Ini berguna untuk mengerjakan Tes Motivasi serta Kemampuan Dasar. Tes ini diberikan secara online.

5. Setelah selesai, selanjutnya klik ‘Gabung’ pada menu Gelombang yang tersedia

6. Terakhir, kamu hanya perlu menunggu update informasi atau notifikasi daftar peserta yang lolos. Update informasi ini bisa kamu ketahui melalui Dashboard Kartu Prakerja.

Program Kartu Prakerja 2023 - GAMELAB.ID

Syarat Peserta Program Kartu Prakerja 2023

Selain membuat akun dan melengkapi data seperti pada proses di atas, selanjutnya kamu juga perlu tahu apa saja yang menjadi syarat bagi calon peserta Program Kartu Prakerja 2023. Beberapa persyaratannya bisa kamu lihat di bawah ini:

1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah berusia 18 tahun atau lebih

2. Tidak sedang mengikuti atau menempuh pendidikan formal

3. Peserta adalah:

- Buruh/pekerja terkena PHK

- Buruh/pekerja yang sedang mencari kerja

- Buruh/pekerja yang memerlukan peningkatan kompetensi kerja

- Buruh/pekerja yang dirumahkan

- Buruh/pekerja bukan penerima upah

- Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK)

4. Bukan termasuk:

- Pejabat Negara

- Prajurit TNI

- ASN

- Pimpinan dan Anggota DPRD

- Dewan Pengawas/Komisaris/Direksi pada BUMD atau BUMN

- Kepala Desa dan perangkat desa 

5. Dalam 1 KK, maksimal yang menjadi Penerima Kartu Prakerja adalah 2 NIK

Program Kartu Prakerja 2023 - GAMELAB.ID

Jadwal Pendaftaran Program Kartu Prakerja 2023

Menko (Menteri Koordinator) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebutkan bahwa untuk Program Kartu Prakerja 2023 ini dibuka pada triwulan pertama tahun 2023. Adapun skemanya adalah skema normal yakni luring, daring dan bauran. Untuk daring, kamu bisa mengikuti kelas Prakerja online via HP, laptop atau komputer.

Artinya, jika kamu sudah terpilih menjadi peserta Program Kartu Prakerja 2023, kamu bisa memanfaatkan voucher Kartu Prakerja untuk meningkatkan keterampilan. Misalnya dengan mengikuti Kelas Prakerja GAMELAB.ID.

Airlangga Hartarto mengatakan bahwa untuk pelatihan offline akan dilakukan secara bertahap dengan 10 provinsi terlebih dahulu. Pembukaan gelombang pertama dimulai pada triwulan I-2023. 

Di tahap pertama nanti, yang akan memulai adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sumatra Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Bali dan Papua.

Adapun untuk kepastian tanggal dan bulan berapa dimulai Program Kartu Prakerja Gelombang 48, hingga tulisan ini dibuat masih belum ada informasi resmi. Untuk itu, sebaiknya kamu pastikan telah memenuhi syarat peserta Program Kartu Prakerja 2023 dan membuat akun seperti di atas.

Program Kartu Prakerja 2023 - GAMELAB.ID

Program Prakerja GAMELAB.ID

Jika kamu sudah terdaftar sebagai peserta Program Prakerja 2023, pastikan untuk mengikuti Kelas Prakerja di GAMELAB.ID. Ada banyak pilihan Kelas Prakerja dengan materi yang dapat kamu akses di GAMELAB.ID. Semua materi di Kelas Prakerja tersebut diformulasikan secara khusus untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi kamu.

Dengan demikian, setelah selesai mengikuti Kelas Prakerja di GAMELAB.ID, kamu akan lebih percaya diri dengan keterampilan yang telah kamu kuasai. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti kamu telah lulus sesuai dengan standar GAMELAB.ID.

Kamu dapat menggunakan sertifikat tersebut untuk melengkapi CV atau resume kamu saat akan melamar kerja. Artinya, ketika kamu mengikuti Kelas Prakerja GAMELAB.ID, kamu akan mendapatkan keterampilan dan sertifikat resmi sekaligus. Dengan catatan, kamu serius mengikuti Kelas Prakerja GAMELAB.ID.

Baca Juga : Mengintip Dunia Programmer, Apa yang Tidak Dikatakan di Kampus!

Penutup

Kelas Prakerja GAMELAB.ID terbukti telah membantu banyak para pencari kerja yang ingin meningkatkan skills sebagai bekal untuk melamar pekerjaan. Kamu bisa memilih kelas yang sesuai dengan skills yang ingin kamu optimasi atau tingkatkan.

Sebagai persiapan, kamu bisa mengecek ada kelas apa saja di Program Kelas Prakerja GAMELAB.ID. Kamu bisa klik link ini untuk melihat daftar Kelas Prakerja GAMELAB.ID. Jadi, pastikan jika kamu terdaftar sebagai peserta Program Prakerja 2023, jangan ragu untuk daftar Kelas Prakerja GAMELAB.ID. Untuk informasi lebih jauh tentang Kelas Prakerja, kamu bisa klik link ini.

 

 

sumber: https://setkab.go.id/pemerintah-lanjutkan-kartu-prakerja-2023-dengan-skema-normal/


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Senin, 30 Januari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI