BERITA PRAKERJA Wow, Insentif Kartu Prakerja 2023 Alami Kenaikan, Ini Detailnya!

Wow, Insentif Kartu Prakerja 2023 Alami Kenaikan, Ini Detailnya!

Oleh Syamsul Arifin | Selasa, 31 Januari 2023

Wow, Insentif Kartu Prakerja 2023 Alami Kenaikan, Ini Detailnya!

Besaran insentif atau bantuan Program Kartu Prakerja 2023 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Sehingga kamu dapat mengikuti lebih banyak program pembelajaran. Yuk, cek detailnya di artikel ini.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Ada kabar baik bagi kamu yang ingin mengikuti Program Kartu Prakerja 2023. Kabar baiknya adalah jumlah kuota penerima Program Kartu Prakerja 2023 pada tahap awal mencapai 1 juta orang. Selain itu, kabar baik lainnya adalah besaran insentif yang akan kamu terima mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya.

Jadwal Pendaftaran Program Kartu Prakerja 2023

Bagi kamu yang ingin menjadi peserta Program Kartu Prakerja 2023, sudah tentu harus memiliki akun terlebih dahulu. Pendaftaran akun dilakukan di situs resmi www.prakerja.go.id. Setelah itu, kamu bisa melakukan pengisian data sesuai dengan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan nomor KK (Kartu Keluarga).

Selanjutnya, kamu juga perlu mengerjakan tes yang diberikan secara online. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa membaca artikel Info Penting Kartu Prakerja 2023: Ketentuan, Syarat dan Jadwal Pendaftaran.

Untuk jadwal pasti pembukaan Program Kartu Prakerja 2023, masih belum ada informasi terbaru. Hanya saja, bisa dipastikan program ini resmi dibuka di triwulan pertama (Januari-Maret) tahun 2023. Untuk itu, sambil menunggu Program Kartu Prakerja 2023 resmi dibuka, sebaiknya kamu rencanakan mau ikut kelas online atau offline apa saja.

Ini karena Program Kartu Prakerja 2023 bisa kamu gunakan untuk mengikuti pembelajaran daring (online), luring (tatap muka) dan bauran (campuran). Untuk pembelajaran online, misalnya kamu dapat mengikuti Kelas Prakerja GAMELAB.ID.

Insentif Program Kartu Prakerja 2023 Naik - GAMELAB.ID

Besaran Insentif Program Prakerja 2023

Pemerintah secara resmi mengumumkan bahwa Program Kartu Prakerja akan kembali dilanjutkan pada tahun 2023 dengan skema normal. Menariknya, insentif Program Kartu Prakerja 2023 atau Kartu Prakerja Gelombang 48 ini mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya.

Sebelumnya, sejak Program Kartu Prakerja diluncurkan pertama kali pada April 2020, besaran manfaat yang diberikan pada penerima atau peserta adalah sebesar Rp3,5 juta per orang. Insentif tersebut terdiri dari bantuan untuk biaya latihan sebanyak Rp1 juta, insentif pascapelatihan Rp600.000 per bulan selama 4 bulan dan insentif survei sebanyak Rp150.000.

Berdasarkan Rapat Komite Cipta Kerja pada bulan Oktober 2022 lalu, untuk insentif Kartu Prakerja 2023 ditetapkan dengan nominal sebesar Rp4,2 juta per orang. Adapun rinciannya adalah bantuan biaya pelatihan sebanyak Rp3,5 juta, insentif pascapelatihan sebanyak Rp600.000 dan diberikan hanya satu kali serta insentif survei sebanyak Rp100.000 untuk dua kali pengisian survei.

Jika kamu lihat dengan detail, maka biaya pelatihan pada Program Kartu Prakerja 2023 ini mengalami peningkatan. Sebelumnya, bantuan biaya pelatihan hanya Rp1 juta, tetapi sekarang naik menjadi Rp3,5 juta. Sedangkan insentif pascapelatihan dipangkas dari sebelumnya Rp2,4 juta menjadi Rp600.000. Begitu juga dengan insentif survei dipangkas dari Rp150.000 menjadi Rp100.000.

Program Kartu Prakerja 2023 Bukan Semi-Bansos

Terkait hal ini, Denni Purbasari selaku Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja memberikan penjelasan. Ia menyebutkan bahwa perubahan anggaran ini didasarkan karena Program Kartu Prakerja bukan lagi bersifat semi-bansos (bantuan sosial). Oleh sebab itu, nilai bantuan pelatihan lebih besar daripada insentif pascapelatihan.

Selain bukan karena semi-bansos, besaran insentif ini juga didasarkan pada pelatihan Program Kartu Prakerja 2023 yang digelar secara online, tatap muka (offline) dan campuran. Oleh sebab itu, hal ini membutuhkan sarana dan prasarana yang dapat mendukung kelancaran program tersebut. Inilah yang menjadi pertimbangan kenapa bantuan pelatihan pada Program Kartu Prakerja 2023 mengalami peningkatan.

Insentif Program Kartu Prakerja 2023 Naik - GAMELAB.ID

William Sudhana sebagai Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menyebutkan bahwa program Kartu Prakerja 2023 akan dikembalikan pada tujuan utamanya. Tujuan tersebut adalah sebagai program untuk meningkatkan kompetensi kerja seiring dengan jumlah kasus Covid-19 yang terus mereda di Indonesia.

Dengan tujuan utama tersebut, yakni peningkatan kompetensi, maka insentif Program Kartu Prakerja 2023 mengalami peningkatan dan menjadi lebih besar dari tahun sebelumnya. Artinya, sebagai penerima manfaat bantuan tersebut, kamu memiliki kesempatan yang lebih besar untuk meningkatkan kompetensi.

Yuk, Ikuti Kelas Prakerja GAMELAB.ID

Sebagai persiapan jika kamu terpilih sebagai peserta Program Kartu Prakerja 2023, kamu bisa mulai mencari program atau kelas pembelajaran yang akan kamu ikuti. Beruntungnya, kamu tidak perlu jauh ke mana-mana, cukup pilih Kelas Prakerja di GAMELAB.ID saja.

GAMELAB.ID telah menyediakan sejumlah kelas online untuk Program Kartu Prakerja 2023. Materi dari setiap kelas pun sudah diformulasikan secara khusus untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi kamu. Sehingga, setelah menyelesaikan Kelas Prakerja GAMELAB.ID, kamu akan merasakan skills atau keterampilan dan kompetensi kamu mengalami peningkatan.

Apakah Kelas Prakerja GAMELAB.ID bersertifikat? Tentu saja, bagi kamu yang telah lulus Kelas Prakerja GAMELAB.ID sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh GAMELAB.ID, maka kamu akan mendapatkan sertifikat resmi.

Selanjutnya, kamu dapat menggunakan sertifikat tersebut untuk melengkapi CV atau resume kamu. Dengan demikian, kamu akan lebih percaya diri ketika akan melamar pekerjaan sesuai dengan keterampilan dan kompetensi yang kamu miliki.

Insentif Program Kartu Prakerja 2023 Naik - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mengintip Dunia Programmer, Apa yang Tidak Dikatakan di Kampus!

Penutup

Program Kartu Prakerja 2023 memang diperuntukkan bagi calon pekerja atau pekerja/buruh yang membutuhkan sumber daya untuk meningkatkan kompetensi. Jika kamu menjadi penerima manfaat atau bantuan Program Kartu Prakerja 2023, segera gunakan dengan mendaftar Kelas Prakerja GAMELAB.ID.

Yuk segera daftar Kelas Prakerja GAMELAB.ID atau jika masih ada pertanyaan seputar kelas tersebut, kamu bisa menghubungi Tim GAMELAB.ID. Klik link ini untuk bertanya pada Tim GAMELAB.ID secara langsung.

 

 

 

Sumber: https://ekonomi.bisnis.com/


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Selasa, 31 Januari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI