BERITA BISNIS & ADMINISTRASI Mengenal Apa Itu Affiliate Marketing: Definisi, Cara Kerja dan Tips Menjadi Affiliate Marketer Sukses

Mengenal Apa Itu Affiliate Marketing: Definisi, Cara Kerja dan Tips Menjadi Affiliate Marketer Sukses

Oleh Syamsul Arifin | Selasa, 31 Januari 2023

Mengenal Apa Itu Affiliate Marketing: Definisi, Cara Kerja dan Tips Menjadi Affiliate Marketer Sukses

Affiliate marketing adalah satu satu strategi pemasaran yang mengandalkan kerja sama antara pemilik program affiliate marketing (merchant) dan orang atau perusahaan yang bergabung dengan program tersebut (affiliate marketer)

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Bagi kamu yang tertarik dengan dunia pemasaran (marketing), ada baiknya untuk memahami salah satu strategi marketing, yakni affiliate marketing. Strategi ini bahkan dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, yakni pihak merchant (pemilik program affiliate marketing) dan pihak affiliate marketer (orang yang mendaftar program affiliate marketing).

Definisi Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan sistem bisnis bersama antara merchant dan affiliate marketer dengan sistem komisi. Merchant ini bisa berupa pemilik produk atau brand (perusahaan). Sedangkan affiliate marketer bisa berupa individu atau perusahaan afiliasi. Jadi, siapa pun bisa menjadi affiliate marketer, termasuk kamu yang sedang membaca artikel ini.

Ketika kamu memilih menjadi affiliate marketer, kamu dapat menawarkan produk baik barang atau jasa milik merchant pada pelanggan. Biasanya, penawaran produk ini menggunakan kode afiliasi yang akan diberikan oleh merchant.

Ketika pelanggan menggunakan kode afiliasi milik kamu untuk melakukan pembelian, maka secara otomatis kamu akan mendapatkan komisi. Sehingga untuk menjalankan bisnis ini, kamu tidak membutuhkan modal yang besar. Selain itu, bisnis ini bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan tanpa mengganggu bisnis atau pekerjaan utama kamu.

Oleh sebab itu, siapa saja bisa menjadi affiliate marketer. Sehingga, walau kamu masih sekolah, kamu dapat memiliki penghasilan dengan menjadi seorang affiliate marketer. Apalagi tidak ada batasan komisi, artinya kamu berpotensi untuk memiliki penghasilan dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Mengenal Apa Itu Affiliate Marketing - GAMELAB.ID

4 Cara Kerja Affiliate Marketing

Di dalam program affiliate marketing, terdapat tiga pihak yang terlibat yakni merchant, affiliate marketer dan pelanggan. Oleh sebab itu, cara kerja affiliate marketing tidak akan lepas dari tiga pihak tersebut. Agar lebih jelas, kamu dapat simak ulasan berikut:

1. Daftar Program Affiliate Marketing

Pertama yang perlu kamu lakukan untuk menjadi affiliate marketer adalah dengan mendaftarkan diri pada sebuah merchant. Ingat ya, setiap merchant memiliki kebijakan masing-masing terkait program ini. Misalnya adalah besaran komisi yang mereka tetapkan bisa berbeda-beda dan itu hal biasa.

2. Bagikan Kode Afiliasi

Setelah kamu mendaftar program afiliasi atau affiliate marketing, maka kamu akan mendapatkan kode afiliasi dari merchant. Kode ini yang nantinya kamu gunakan untuk memasarkan produk milik merchant.

Setiap kali ada pelanggan yang membeli dengan menggunakan kode tersebut, maka secara otomatis kamu akan mendapatkan komisi. Sehingga, makin banyak orang yang menggunakan kode tersebut untuk berbelanja, makin besar pula komisi yang bisa kamu dapatkan.

3. Pelanggan Menggunakan Kode Afiliasi

Setelah kamu membagikan atau mempromosikan produk merchant dengan kode afiliasi. Tentu harapannya adalah ada pelanggan yang menggunakan kode afiliasi tersebut untuk berbelanja. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan komisi. Sebaliknya, jika tidak ada pelanggan yang menggunakan kode tersebut, kamu tidak akan mendapatkan komisi.

Di sinilah tantangannya. Jika kamu ingin menjadi affiliate marketer yang sukses, kamu pun perlu belajar bagaimana cara memasarkan produk merchant. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan banyak pelanggan. Misalnya dengan mencoba memasarkan produk melalui media sosial.

4. Affiliate Marketer Mendapatkan Komisi

Setelah pelanggan menggunakan kode afiliasi kamu, maka kamu sebagai affiliate marketer akan mendapatkan komisi. Sekali lagi, setiap merchant memiliki ketentuan masing-masing terkait kebijakan besaran komisi tersebut.

Mengenal Apa Itu Affiliate Marketing - GAMELAB.ID

Cara Sukses Menjadi Affiliate Marketer

Untuk menjadi seorang affiliate marketer, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pilih Program Affiliate Marketing yang Tepat

Ada banyak brand atau perusahaan yang menawarkan program affiliate marketing. Untuk itu, kamu harus bisa memilih program affiliate marketing yang tepat. Beberapa ciri program affiliate marketing yang tepat adalah seperti di bawah ini:

- Relevansi

Pilihlah program afiliasi atau affiliate marketing yang sesuai dengan yang kamu inginkan. Jika kamu adalah seorang pelajar, mahasiswa atau pencari kerja, maka program afiliasi yang berhubungan dengan pembelajaran dan pekerjaan adalah pilihan tepat.

- Komisi Affiliate Marketing

Sebagai seorang affiliate marketer, kamu perlu memperhatikan besaran komisi yang ditawarkan oleh merchant. Pastikan kamu memilih merchant dengan besaran komisi sesuai dengan yang kamu inginkan.

- Kredibilitas Merchant

Kamu harus memastikan merchant yang menawarkan program affiliate marketing atau afiliasi memiliki kredibilitas yang tinggi. Dengan begitu, produk yang nanti kamu tawarkan kepada pelanggan juga tidak meragukan. Selain itu, merchant juga dapat dipastikan akan membayar komisi kamu.

- Dukungan Layanan

Merchant yang kredibel dan terpercaya bisa dipastikan akan memberikan dukungan layanan pada setiap affiliate marketer yang bergabung. Oleh sebab itu, kamu perlu memastikan merchant yang memiliki program affiliate marketing memberikan dukungan secara penuh.

Dengan demikian, walaupun kamu sebagai affiliate marketer baru, kamu tidak akan mengalami kesulitan bagaimana teknis menjalankan bisnis afiliasi tersebut. Jadi, pastikan merchant memiliki layanan ini ya.

2. Tentukan Cara Promosi yang Tepat

Untuk menjadi seorang affiliate marketer yang sukses, sudah pasti kamu perlu menawarkan produk merchant melalui kode afiliasi yang kamu miliki. Beruntungnya, saat ini kamu dapat memanfaatkan berbagai platform sebagai media promosi.

Misalnya, kamu dapat menawarkan produk melalui media sosial seperti Instagram, Tiktok atau Youtube. Kamu juga dapat membagikan produk dengan kode afiliasi ke WhatsApp Group. Makin banyak media yang kamu gunakan untuk membagikan kode afiliasi, maka makin banyak pula pelanggan yang akan kamu dapatkan.

Mengenal Apa Itu Affiliate Marketing - GAMELAB.ID

3. Buat Materi Promosi yang Menarik

Selain menentukan media untuk promosi, sebagai affiliate marketer kamu juga perlu untuk membuat materi promosi yang menarik. Materi promosi yang menarik adalah yang mampu mendatangkan pelanggan.

Sehingga, ketika pelanggan mendapatkan pesan promosi dari kamu, mereka akan tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Tentu saja, mereka juga akan menggunakan kode afiliasi kamu.

Baca Juga : Pertanyaan Dasar Tentang Digital Marketing yang Wajib Diketahui Pemula!

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu apa itu affiliate marketing, cara kerja dan bagaimana cara menjadi affiliate marketer yang sukses. Lalu, program afiliasi seperti apa yang tepat buat kamu? Tenang, GAMELAB.ID memiliki program afiliasi yang tepat untuk kamu.

Dengan bergabung Program Afiliasi GAMELAB.ID, kamu berpotensi untuk mendapatkan komisi ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Apalagi program ini dapat kamu jadikan sebagai bisnis sampingan tanpa mengganggu aktivitas utama.

Yuk, buruan daftar Program Afiliasi GAMELAB.ID sekarang juga. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar Program Afiliasi GAMELAB.ID, kamu dapat klik link ini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Selasa, 31 Januari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI