BERITA PRAKERJA Resmi! Program Kartu Prakerja 2023 Sudah Dibuka, Ini 8 Tahapan yang Harus Kamu Tahu!

Resmi! Program Kartu Prakerja 2023 Sudah Dibuka, Ini 8 Tahapan yang Harus Kamu Tahu!

Oleh Syamsul Arifin | Senin, 6 Februari 2023

Resmi! Program Kartu Prakerja 2023 Sudah Dibuka, Ini 8 Tahapan yang Harus Kamu Tahu!

Program Kartu Prakerja 2023 resmi dibuka. Setiap peserta yang berhasil lolos tahap seleksi, akan mendapatkan insentif sebesar Rp4,2 juta dengan rincian tertentu. Cek artikel ini untuk tahu tahapan mengikuti Program Kartu Prakerja 2023.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Pemerintah secara resmi mengumumkan bahwa Program Kartu Prakerja 2023 atau Prakerja Gelombang 48 telah dibuka. Pengumuman ini juga telah dipublish oleh akun Instagram @prakerja.go.id. Bisa dipastikan, antusiasme masyarakat pun sangat besar menyambut dibukanya program ini.

Besaran Insentif Kartu Prakerja 2023

Sebelumnya, penulis sudah memberitahukan besaran insentif Program Kartu Prakerja 2023 ini di artikel Wow, Insentif Kartu Prakerja 2023 Alami Kenaikan, Ini Detailnya! Berdasarkan informasi terbaru, bahwa besaran insentif untuk peserta Program Kartu Prakerja 2023 ini mengalami kenaikan daripada tahun sebelumnya.

Secara singkat, besaran insentif untuk para peserta adalah Rp4,2 juta. Untuk detail atau rincian insentif, kamu bisa membacanya di artikel tersebut di atas. Insentif sebesar itu nantinya dapat digunakan untuk mengikuti berbagai pelatihan online, offline atau campuran keduanya.

Prakerja 2023 Dibuka - GAMELAB.ID

8 Tahap Program Kartu Prakerja 2023

Buat kamu yang ingin mengikuti Program Kartu Prakerja 2023, sebaiknya kamu pahami terlebih dahulu tahapan berikut ini:

1. Tahap Pendaftaran

Sebagai calon peserta, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Untuk informasi pendaftaran dan persyaratannya, kamu bisa membaca artikel Info Penting Kartu Prakerja 2023: Ketentuan, Syarat dan Jadwal Pendaftaran.

Data yang harus kamu siapkan adalah seperti email, NIK, nomor KK hingga nomor ponsel yang masih aktif. Jika kamu sudah melakukan pendaftaran, maka masih ada tahap seleksi yang harus kamu ikuti.

2. Tahap Seleksi

Pada tahap seleksi ini, kamu harus mengikuti tes terlebih dahulu. Tes seputar motivasi dan kemampuan dasar ini dilakukan secara online. Sehingga sebaiknya kamu menyiapkan diri terlebih dahulu sebelum mengikuti tes.

3. Tahap Pengumuman Hasil Seleksi

Setelah mengikuti tes secara online, yang kamu lakukan selanjutnya adalah menunggu hasil tes. Kamu bisa mengecek pengumuman ini melalui dashboard akun Prakerja. Jadi, login seperti biasa dan lihat menu dashboard. Jika lolos, kamu bisa ke tahap berikutnya, yakni memilih pelatihan yang tepat.

4. Tahap Memilih Pelatihan

Tahap selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memilih program pelatihan yang sesuai dengan skills yang ingin kamu pelajari atau tingkatkan. Di GAMELAB.ID sendiri ada banyak pilihan Kelas Prakerja Online yang bisa kamu ikuti.

Pemilihan kelas ini terdiri dari kelas atau program pelatihan online, offline dan termasuk keduanya (bauran). Tetapi, biasanya kelas online lebih disukai karena lebih praktis dan bisa kamu ikuti dari rumah. 

Prakerja 2023 Dibuka - GAMELAB.ID

5. Tahap Ikut Pelatihan

Setelah kamu memilih program atau Kelas Prakerja sesuai keinginan, tahap selanjutnya adalah mengikuti kelas tersebut sampai selesai. Tentunya, kamu harus memilih program pelatihan yang dapat memberikan sertifikat resmi.

Di GAMELAB.ID, setelah kamu menyelesaikan Kelas Prakerja dan menjalankan tes sesuai dengan program yang kamu ambil, kamu akan mendapatkan sertifikat resmi. Sertifikat ini nantinya bisa kamu manfaatkan untuk melengkapi CV atau resume kamu.

6. Tahap Pemberian Review dan Rating

Usai mengikuti pelatihan, jangan lupa untuk memberi rating dan menuliskan review tentang pelatihan tersebut. Sehingga, peserta Program Kartu Prakerja 2023 lainnya dapat memutuskan dengan tepat apakah akan memilih kelas tersebut atau memilih kelas yang lain.

7. Tahap Pemberian Insentif Biaya Pascapelatihan

Mengenai pemberian insentif ini, ada perbedaan antara Program Prakerja 2023 dan sebelumnya. Pada tahun ini, pemberian insentif pascapelatihan sebesar Rp600.000 hanya satu kali.

Kamu cukup sambungkan e-wallet atau rekening di salah satu Mitra Pembayaran yang sudah tersedia. Jika sudah, maka kamu akan otomatis mendapatkan insentif sebesar Rp600.000 setelah menyelesaikan pelatihan.

8. Tahap Pemberian Insentif Survei

Program Kartu Kerja 2023 juga memberikan insentif untuk pengisian survei. Sehingga, sebagai peserta program ini, kamu juga sebaiknya mengisi survei yang sudah tersedia. Pemberian insentif pengisian survei ini akan diberikan dua kali masing-masing sebesar Rp100.000.

Sehingga, selain mendapatkan insentif sebesar Rp600.000, kamu juga berhak mendapatkan insentif Rp200.000 untuk pengisian dua survei. Insentif sisanya, hanya bisa kamu gunakan untuk mengikuti pelatihan lainnya.

Prakerja 2023 Dibuka - GAMELAB.ID

Baca Juga : Beberapa Faktor Kamu Tidak Lolos Prakerja Gelombang 67, Berikut Jawaban Lengkapnya!

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu informasi tentang Program Kartu Prakerja 2023 serta 8 tahapannya. Tapi, apakah kamu tahu juga jika di GAMELAB.ID juga terdapat beberapa pilihan Kelas Prakerja dengan materi yang sesuai kebutuhan Industri saat ini?

Materi di Kelas Prakerja GAMELAB.ID sudah diformulasikan secara khusus untuk para peserta Program Kartu Prakerja. Sehingga, setelah selesai mengikuti Kelas Prakerja GAMELAB.ID, kamu akan lebih percaya diri dan siap untuk kerja.

Tenang, setelah menyelesaikan kelas, kamu akan mendapatkan sertifikat resmi dari GAMELAB.ID. Sertifikat ini bisa kamu gunakan untuk melengkapi CV atau resume saat akan melamar kerja. Yuk, segera daftar Kelas Prakerja GAMELAB.ID sekarang.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Senin, 6 Februari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI