BERITA SMK Mengenal Apa Itu PKL: Pengertian, Tujuan dan Manfaat PKL Bagi Siswa-Siswi SMK

Mengenal Apa Itu PKL: Pengertian, Tujuan dan Manfaat PKL Bagi Siswa-Siswi SMK

Oleh Syamsul Arifin | Selasa, 7 Februari 2023

Mengenal Apa Itu PKL: Pengertian, Tujuan dan Manfaat PKL Bagi Siswa-Siswi SMK

PKL atau Praktik Kerja Lapangan adalah salah satu program pelatihan dan pendidikan di sekolah vokasi (SMK). Program ini memiliki sejumlah tujuan dan manfaat yang positif untuk siswa-siswi SMK. Berikut detailnya

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Bagi siswa-siswi SMK, istilah PKL (Praktik Kerja Lapangan) atau Prakerin (Praktik Kerja Industri) tentu sudah sering dengar. Tetapi, apakah kamu tahu juga tentang pengertian, tujuan dan manfaat PKL? Nah, di sini kamu akan mengetahui itu semua. 

Program atau kegiatan PKL dapat memberikan pengalaman kerja berharga bagi siswa SMK. Dengan PKL, siswa SMK akan mempelajari berbagai hal yang terkait dengan jurusan mereka. Selain itu, kegiatan PKL dapat menjadi gambaran awal tentang pekerjaan mereka pada masa yang akan datang.

Pengertian Program PKL

PKL adalah aktivitas pelatihan dan pendidikan dengan terlibat secara langsung di dunia industri atau usaha secara terarah dan sistematis. Sehingga kegiatan PKL dapat memberikan pengalaman kerja bagi setiap siswa-siswi SMK sesuai jurusan SMK masing-masing.

Pengertian lain, PKL adalah model pelatihan dengan tujuan memberikan keterampilan yang dibutuhkan siswa-siswi SMK dalam pekerjaan tertentu yang sesuai dengan tuntutan kemampuan kerja. Sehingga, PKL ini seperti wadah untuk mempersiapkan siswa-siswi SMK sebelum akhirnya mereka terjun di dunia industri.

Ada juga yang mengartikan PKL sebagai pelatihan dan pendidikan yang dilakukan di sekolah serta dipraktikkan di dunia industri. Sehingga, di sini akan terjadi kesesuaian antara keterampilan siswa yang mereka dapatkan di sekolah dengan tuntutan yang ada di dunia industri.

Sekolah vokasi (SMK), melalui jurusan yang tersedia, akan membekali siswa-siswinya dengan beberapa materi penting. Materi tersebut adalah seperti materi pendidikan umum (normatif), materi pengetahuan dasar penunjang (adaptif) dan teori serta kemampuan dasar kejujuran (produktif).

Di sisi lain, lingkungan dan budaya dunia industri dapat membantu siswa-siswi SMK untuk meningkatkan keahlian profesi dengan kegiatan PKL atau Prakerin. Sehingga antara sekolah dan industri akan mengadakan kerja sama yang saling menguntungkan baik bagi sekolah, siswa-siswi SMK ataupun industri itu sendiri.

Pengertian Tujuan dan Manfaat PKL - GAMELAB.ID

Tujuan Program PKL

Lalu, apa saja tujuan dari program PKL? Ada cukup banyak tujuan dari pelaksanaan PKL. Beberapa di antaranya dapat kamu lihat sebagai berikut:

1. Mencetak Tenaga Kerja Profesional

Tujuan pertama dari kegiatan PKL adalah untuk menghasilkan tenaga kerja dengan keahlian profesional. Diharapkan juga, siswa-siswi SMK yang melaksanakan program PKL dapat menjadi tenaga profesional yang berpengetahuan.

Selain itu, dengan mengikuti program PKL, siswa-siswi SMK dapat memiliki etos kerja yang sesuai dengan standar di dunia industri. Dengan demikian, program PKL ini akan membuat siswa-siswi SMK lebih profesional, berwawasan dan memiliki kompetensi sesuai kebutuhan industri.

2. Meningkatkan Keselarasan Sekolah dan Industri

Tujuan PKL berikutnya adalah untuk meningkatkan keselarasan atau link and match antara lembaga pendidikan dan pelatihan (sekolah SMK) dengan perusahaan (dunia industri). Dengan demikian, akan terjalin hubungan kerja sama yang baik antara kedua belah pihak.

Pada satu sisi, sekolah akan menyiapkan siswa-siswinya agar dapat memenuhi tuntutan industri, di sisi lain pihak industri juga akan menyediakan rangkaian kegiatan yang dapat membantu siswa meningkatkan skills. Tentu saja, siswa-siswi SMK juga akan mendapatkan banyak pengetahuan, pengalaman dan peningkatan keterampilan.

3. Meningkatkan Efisiensi Pelatihan Tenaga Kerja

Program PKL juga bertujuan untuk meningkatkan efisiensi penyelenggaraan pelatihan tenaga kerja profesional. Pihak sekolah dapat memanfaatkan dunia industri sebagai sumber daya pelatihan yang lebih nyata bagi siswa-siswi SMK.

Di sisi lain, pihak industri dapat memanfaatkan lembaga pendidikan atau sekolah untuk menyediakan sumber daya yang dapat dilatih untuk menjadi tenaga profesional. Ketika pihak sekolah dan industri mengadakan kerja sama, maka ini dapat meningkatkan efisiensi pelatihan tenaga kerja.

4. Menjadikan Pengalaman Kerja sebagai Proses Pendidikan

Tujuan PKL berikutnya adalah untuk memberikan penghargaan sekaligus pengakuan terhadap pengalaman kerja siswa-siswi SMK sebagai bagian dari pendidikan. Dari sini dapat diartikan, bahwa pengalaman kerja siswa-siswi SMK adalah bagian dari proses pendidikan di sekolah SMK.

Oleh sebab itu, PKL termasuk dalam kegiatan yang bersifat wajib bagi sekolah SMK. Program PKL juga sudah termasuk kegiatan yang ada di dalam kalender pendidikan sekolah vokasi.

Maka, dengan adanya program PKL ini, siswa-siswi SMK diharapkan dapat menjadi seorang tenaga kerja dengan kompetensi dan kualitas tinggi. Begitu juga dengan pengalaman dan wawasan siswa-siswi SMK akan makin bertambah.

Pengertian Tujuan dan Manfaat PKL - GAMELAB.ID

Manfaat Program PKL

Selain tujuan di atas, program PKL juga memiliki sejumlah manfaat yang sangat penting bagi sekolah, industri dan juga siswa-siswi SMK. Tetapi, tentu saja manfaat terbesar dari program PKL adalah untuk siswa-siswi SMK. Berikut ini beberapa manfaat program PKL untuk siswa-siswi PKL:

1. Melatih Keterampilan

Program PKL dapat memberikan kesempatan sekaligus melatih keterampilan bagi siswa-siswi SMK dengan menerapkan apa yang mereka pelajari di sekolah. Siswa-siswi SMK dapat mengaplikasikan teori, prinsip dan konsep yang telah mereka pelajari sebelumnya di dunia industri yang aktual.

2. Memberikan Pengalaman Praktis

Manfaat program PKL bagi siswa-siswi SMK lainnya adalah dapat memberikan pengalaman praktis. Pengalaman ini sangat penting untuk menyiapkan mental, pengetahuan dan juga wawasan siswa-siswi SMK terhadap dunia industri.

3. Melatih Keterampilan Problem-Solving

Masalah adalah hal biasa dan dapat terjadi pada siapa saja yang sedang melaksanakan program PKL. Di sinilah siswa-siswi SMK akan melatih skill problem-solving untuk menyelesaikan masalah tersebut. Mereka dapat menyelesaikan masalah baik secara individu atau berkelompok dengan rekan PKL lainnya.

4. Menjadi Jembatan ke Dunia Industri

Program PKL juga memiliki manfaat berupa menjadi jembatan untuk menyiapkan siswa-siswi SMK sebelum kemudian lulus dan terjun di dunia industri. Dengan mengikuti PKL, kamu akan lebih siap ketika bekerja di dunia industri. Ini karena kegiatan PKL itu sendiri dilaksanakan di dunia industri aktual.

Dengan demikian, selesai dari mengikuti program PKL, siswa-siswi SMK akan lebih percaya diri dengan keterampilan yang dimiliki. Selanjutnya, sebagai siswa atau siswi SMK, kamu akan lebih percaya diri ketika akan melamar pekerjaan di perusahaan favorit.

Pengertian Tujuan dan Manfaat PKL - GAMELAB.ID

Baca Juga : GAMELAB dan SMKS Pelita Al-Qur'an Gelar Seminar Industri untuk Tingkatkan Keterampilan Siswa

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu apa itu PKL, tujuan dan manfaatnya. Pertanyaannya adalah di mana lembaga yang tepat untuk melaksanakan program PKL? GAMELAB.ID adalah lembaga pendidikan dan pelatihan yang sangat tepat untuk mengadakan PKL atau magang secara online.

Ada banyak pilihan kelas magang online di GAMELAB.ID yang kurikulumnya sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Magang online di GAMELAB.ID bisa untuk individu atau sekolah. Untuk sekolah bisa dengan mengikuti Program SMK Binaan GAMELAB.ID.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Program Magang Online dan Program SMK Binaan GAMELAB.ID, kamu bisa hubungi Tim GAMELAB.ID dengan klik link ini. Yuk, segera daftar untuk Magang Online di GAMELAB.ID sekarang.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Selasa, 7 Februari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI