BERITA PRAKERJA 10 Ribu Peserta Lolos Kartu Prakerja 2023, Ini Dia Bocoran Cara Lolosnya!

10 Ribu Peserta Lolos Kartu Prakerja 2023, Ini Dia Bocoran Cara Lolosnya!

Oleh Syamsul Arifin | Senin, 20 Februari 2023

10 Ribu Peserta Lolos Kartu Prakerja 2023, Ini Dia Bocoran Cara Lolosnya!

Sebanyak 10 ribu peserta Program Kartu Prakerja 2023 atau Gelombang 48 dipastikan lolos dan mendapatkan insentif sebesar Rp 4,2 juta. Jumlah ini akan terus bertambah sesuai dengan jumlah lembaga pelatihan yang berhasil memenuhi persyaratan.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Program Kartu Prakerja 2023 atau dikenal juga dengan istilah Prakerja Gelombang 48, cukup berbeda dengan tahun sebelumnya. Salah satunya adalah bahwa Program Kartu Prakerja 2023 memiliki skema normal, bukan semi bantuan sosial. Artinya, semua orang yang memenuhi persyaratan dapat melakukan pendaftaran.

10 Ribu Orang Lolos Program Kartu Prakerja 2023

Berdasarkan informasi dari akun Instagram resmi @prakerja.go.id, Pemerintah secara resmi telah membuka Program Kartu Prakerja Gelombang 48 pada tanggal 17 Februari 2023, pukul 19.00 WIB. Artinya, saat ini kamu sudah bisa mendaftar Prakerja Gelombang 48.

Pembukaan ini secara resmi diumumkan oleh Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI sekaligus Ketua Komite Cipta Kerja, di Jakarta. Adapun untuk skema Prakerja Gelombang 48 ini adalah skema normal seperti yang sudah diberitakan sebelumnya.

Dari rencana 1 juta kuota peserta di tahun 2023, Pemerintah telah membuka 10 ribu kuota peserta untuk Prakerja Gelombang 48 di awal. Jumlah kuota ini secara bertahap akan mengalami kenaikan seiring dengan jumlah lembaga pelatihan yang bergabung. 

Lembaga pelatihan yang telah lolos seleksi, nantinya akan masuk ke dalam ekosistem Program Kartu Prakerja 2023. Seiring dengan bertambahnya jumlah lembaga pelatihan, maka jumlah pilihan kelas pun bertambah. Kamu bisa memilih kelas atau program pelatihan sesuai dengan skills yang ingin kamu tingkatkan.

Jadi, untuk awal pembukaan ini sebanyak 10 ribu peserta Program Kartu Prakerja 2023 dipastikan lolos. Pertanyaannya, apakah kamu di antara 10 ribu peserta yang lolos tersebut? Jika belum yakin, cobalah lakukan beberapa cara di bawah ini agar bisa lolos Program Kartu Prakerja 2023.

10 Ribu Peserta Lolos Kartu Prakerja 2023 - GAMELAB.ID

Bocoran Cara Lolos Program Kartu Prakerja 2023

Untuk bisa lolos menjadi peserta Program Kartu Prakerja 2023, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Yuk, perhatikan poin-poin berikut ini agar kamu bisa lolos Prakerja Gelombang 48!

1. Pastikan kamu memenuhi persyaratan Kartu Prakerja 2023 seperti:

- Warga Negara Indonesia

- Usia 18 - 64 tahun

- Pekerja/pencari kerja yang membutuhkan peningkatan keterampilan

- Dalam 1 KK, maksimal 2 NIK yang bisa mendaftar

2. Lakukan pendaftaran di situs resmi www.prakerja.go.id. Pendaftaran hanya bisa dilakukan secara online dan kamu bisa mendaftar Program Kartu Prakerja 2023 lewat HP.

3. Pastikan kamu menggunakan e-mail dan nomor HP yang aktif. E-mail aktif berguna untuk melakukan verifikasi pendaftaran. 

4. Saat lakukan pendaftaran, pastikan sinyal internet dalam keadaan bagus karena pendaftaran ini dilakukan secara online termasuk pada saat kamu mengisi data-data pribadi.

5. Isi data pendaftaran sesuai dengan Dukcapil (KTP, NIK dan KK). NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan nomor KK (Kartu Keluarga) yang tidak sesuai data Dukcapil, tidak bisa melakukan pendaftaran dan tidak akan diterima menjadi peserta Program Kartu Prakerja 2023.

6. Upload foto KTP secara langsung dari kamera HP/smartphone. Kamu harus memastikan pada saat kamu foto KTP, hasil fotomu jelas, tidak goyang atau buram. Bila perlu, aktifkan fitur autofocus pada kamera HP agar hasil fotonya lebih jelas.

7. Pada saat melakukan verifikasi wajah, sebaiknya kamu menggunakan kamera HP dengan ketentuan seperti berikut:

- Wajah terlihat jelas di kamera, pencahayaan juga cukup (tidak terlalu gelap atau terang).

- Gunakan teknik foto close-up, yakni wajah memenuhi 80% area frame foto.

- Jangan menggunakan aksesoris seperti kacamata, topi dan lain sebagainya. Bahkan, untuk kamu yang menggunakan kacamata karena minus, plus, silinder dan lain sebagainya, kamu tetap harus melepas kacamata tersebut. Ini dilakukan untuk memastikan foto wajah jelas dan mudah untuk proses verifikasi.

- Pada saat foto wajah, tidak perlu membawa KTP. Kamu hanya perlu foto wajah saja.

- Izinkan akses lokasi pada saat foto. Jika pada saat foto muncul pemberitahuan (notifikasi) tentang lokasi, maka izinkan akses lokasi. Kamu bisa tap tombol Izinkan/Allow pada notifikasi tersebut.

8. Kerjakan tes dengan baik dan benar. Semua peserta yang mendaftar Program Kartu Prakerja 2023 harus mengikuti tes yang dilakukan secara online. Nantinya, hanya pendaftar yang lulus dari tes ini yang akan menjadi peserta Program Kartu Prakerja 2023 dan mendapatkan insentif sebesar Rp4,2 juta.

10 Ribu Peserta Lolos Kartu Prakerja 2023 - GAMELAB.ID

Baca Juga : Jadi Desainer Poster Dadakan? Tips Membuat Desain Poster yang Memukau dalam Sekejap!

Penutup

Program Kartu Prakerja 2023 atau Prakerja Gelombang 48 dengan total 15 jam pembelajaran telah dibuka untuk 10 ribu peserta. Jumlah ini akan meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah lembaga pelatihan yang berhasil lolos dari seleksi. Artinya, peluang kamu untuk menjadi peserta Program Kartu Prakerja 2023 sangat terbuka lebar walaupun kamu lulusan SMK.

Jika nanti kamu terdaftar sebagai peserta Program Kartu Prakerja Gelombang 48, pastikan untuk mengikuti Kelas Prakerja di GAMELAB.ID. Ada banyak pilihan kelas dengan materi berbobot, yang dapat membantu kamu untuk optimasi skills.

Materi Kelas Prakerja di GAMELAB.ID ini juga sudah sesuai dengan kurikulum industri. Itu artinya, jika lulus dari Kelas Prakerja GAMELAB.ID, kamu akan memiliki skills yang dibutuhkan oleh industri saat ini. Dengan demikian, potensi kamu untuk diterima kerja oleh industri pun sangat besar. Yuk, segera daftar Kelas Prakerja di GAMELAB.ID.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Senin, 20 Februari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI