BERITA SMK 4 Fakta Menarik Sekolah SMK yang Banyak Tidak Disadari oleh Pelajar SMK

4 Fakta Menarik Sekolah SMK yang Banyak Tidak Disadari oleh Pelajar SMK

Oleh Syamsul Arifin | Senin, 20 Februari 2023

4 Fakta Menarik Sekolah SMK yang Banyak Tidak Disadari oleh Pelajar SMK

Ternyata ada cukup banyak fakta menarik tentang sekolah SMK, termasuk pelajarnya, kurikulumnya hingga program-programnya. Sehingga wajar saja jika banyak lulusan SMP/MTs yang memilih sekolah di SMK daripada yang lain.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Saat ini banyak pelajar SMP yang lebih memilih SMK daripada sekolah lainnya dengan berbagai alasan. Saat ini, karya dan prestasi pelajar SMK sangat diperhitungkan. Dunia industri juga sangat membutuhkan tenaga terampil dari pelajar SMK.

Pelajar SMK Bisa Bersaing

Salah satu alasan untuk masuk atau mendaftar SMK adalah karena ingin cepat dapat kerja. Ini tidaklah salah dan memang demikian kenyataannya. Pelajar SMK dididik dengan kurikulum sesuai dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia industri. Oleh sebab itu, begitu lulus dari SMK, kamu pun bisa langsung melamar kerja sesuai dengan keterampilan yang kamu kuasai.

Saat ini, alasan yang menjadikan pelajar SMP memilih SMK untuk melanjutkan pendidikan bukan hanya karena ingin mendapatkan pekerjaan, tetapi lebih dari itu. Mereka ingin menguasai satu skills yang bisa mereka tingkatkan ketika di Perguruan Tinggi. Iya, pelajar SMK juga sangat berpeluang untuk mendaftarkan diri ke Perguruan Tinggi favorit.

Sehingga, ketika kamu menjadi pelajar SMK, kamu akan lebih siap untuk bekerja dan melanjutkan studi. Jika setelah lulus SMK ingin bekerja, kamu sudah memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh industri/perusahaan. Sedangkan jika ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi sekalipun, kamu sudah siap dengan bekal akademik dan skills yang kamu dapatkan di SMK.

4 Fakta Menarik Pelajar SMK

Fakta menarik seputar SMK tidak hanya beberapa hal di atas, tapi masih banyak fakta menarik lainnya. Setidaknya, ada 4 fakta menarik yang dapat kamu temukan di sekolah SMK. Yuk, cek fakta menarik tersebut apa saja!

1. Fokus pada Minat (Passion)

Saat ini, sudah mulai banyak pelajar SMP yang memahami tentang pentingnya sebuah minat dan bakat. Untuk itulah mereka memilih sekolah SMK, yakni untuk mengembangkan dan mengarahkan minat yang sudah mereka miliki.

Di sekolah SMK, banyak yang memilih jurusan SMK yang sesuai dengan minat dan bakat. Minat dan bakat yang sudah tertampung dengan pilihan jurusan SMK, nantinya dapat menjadi pilihan profesi di masa depan. Artinya, minat dan bakat yang kamu miliki, nantinya di SMK akan lebih diarahkan dan ditingkatkan hingga kamu bisa menguasai suatu bidang atau skills.

Sehingga dalam memilih jurusan SMK, sebaiknya kamu memperhatikan minat dan bakat yang kamu miliki dan ingin kamu tingkatkan. Dengan begitu, kamu bisa fokus pada passion yang nantinya berpeluang untuk menjadi profesi setelah lulus SMK.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki ketertarikan di bidang administrasi dan perkantoran, kamu dapat memilih Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK. Begitu juga ketika memiliki passion di bidang lain, carilah jurusan SMK yang sesuai dengan passion kamu tersebut.

4 Fakta Menarik SMK - GAMELAB.ID

2. Praktik, Praktik dan Praktik

Tentu kamu sudah tahu kan bahwa pembelajaran di SMK itu sekitar 30% teori dan 70% praktik. Sehingga, kamu akan melakukan lebih banyak praktik daripada teori. Pastinya, sebelum mulai pembelajaran praktik, guru akan menyampaikan beberapa materi terlebih dahulu.

Dengan begitu, kamu dapat memahami materi dan bisa praktik dengan lebih baik. Apalagi, guru di SMK juga kompeten dan berpengalaman sehingga mampu mendampingi pelajar SMK untuk meningkatkan keterampilan.

Bahkan, fasilitas yang ada di sekolah juga sangat mendukung untuk pelajar SMK melakukan praktik berbagai materi pembelajaran sesuai kurikulum. Misalnya seperti fasilitas laboratorium dan bengkel kerja dengan peralatan dan perlengkapan yang komplet.

Kegiatan praktik ini tidak hanya berhenti di laboratorium atau bengkel, melainkan akan berlanjut di tempat magang. Program magang ini bisa dilakukan secara langsung ke perusahaan atau melalui program magang online. Misalnya dengan mengikuti Program Magang Online di GAMELAB.ID.

3. Keterampilan (Skills)

Ketika akan melamar pekerjaan, selain CV atau resume, HRD (Human Resource Development) juga akan bertanya tentang keterampilan yang dimiliki oleh pelamar kerja. Sebagai pelamar kerja, kamu harus siap menjawab atau bahkan mendemonstrasikan skills atau keterampilan yang kamu miliki.

Di SMK, kamu akan dibekali dengan berbagai skills sesuai dengan jurusan yang kamu pilih. Keterampilan ini sesuai dengan kebutuhan industri. Maka wajar saja jika beberapa industri atau perusahaan sudah melakukan kerja sama dengan SMK agar siswa yang telah lulus nantinya dapat melamar pekerjaan di perusahaan.

Untuk program peningkatan skills ini, sekolah SMK memiliki kebijakan masing-masing. Misalnya adalah dengan mengikuti Program Magang di GAMELAB.ID. Program Magang di GAMELAB.ID dapat membantu siswa-siswi SMK untuk optimasi skills. Salah satu bentuk program tersebut yaitu mengikuti Program SMK Binaan.

Program ini akan membantu pelajar SMK dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan, hingga lulus dari program tersebut kamu akan lebih siap untuk bekerja dan berwirausaha. Setidaknya, saat ini sudah lebih dari 140 SMK yang telah bergabung dalam Program SMK Binaan GAMELAB.ID.

4. Kemandirian

Dengan berbagai pilihan jurusan, pelajar SMK dilatih untuk lebih mandiri. Sikap mandiri ini sangat penting untuk semua jurusan SMK. Tidak masalah jika ke depan pelajar SMK akan menjadi seorang karyawan atau pengusaha, sifat mandiri tetap penting.

Sebagai buktinya, kemandirian ini dapat kamu lihat dari diri pelajar SMK yang sudah lulus dan mulai bekerja. Mereka yang baru lulus SMK dan memilih untuk bekerja, setidaknya sudah memiliki uang sendiri untuk hidup sendiri atau bahkan membantu orang tua.

Tetapi, kemandirian ini tidak hanya dalam wujud sudah bekerja dan menghasilkan uang. Ini karena kemandirian di sini berarti setelah lulus SMK kamu bisa lebih siap untuk bekerja atau berwirausaha. 

4 Fakta Menarik SMK - GAMELAB.ID

Baca Juga : Ekplorasi Game VR dan Animasi, SMK PGRI 1 Ponorogo Kunjungan ke Gamelab Indonesia

Penutup

Ternyata ada cukup banyak fakta menarik tentang sekolah SMK baik itu berhubungan dengan pelajar, jurusan maupun kurikulumnya. Hal yang perlu kamu pahami adalah bahwa ketika kamu memilih sekolah SMK, artinya kamu sudah siap untuk dididik agar lebih mandiri dan berkompeten agar bisa bersaing di dunia kerja atau wirausaha.

Pelajar SMK memang dididik dengan kurikulum sesuai dengan kebutuhan industri. Oleh sebab itu, Kelas Online di GAMELAB.ID pun dirancang dengan kurikulum industri agar dapat memenuhi kebutuhan industri saat ini. Kelas Online ini bertujuan untuk membantu pelajar SMK optimasi skills dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia industri. Yuk, segera daftar.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Senin, 20 Februari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

TAGS

SMK

KATEGORI