BERITA UMUM Mengenal Google Slides: Platform yang Sering Digunakan Perusahaan dan 9 Keunggulannya

Mengenal Google Slides: Platform yang Sering Digunakan Perusahaan dan 9 Keunggulannya

Oleh Syamsul Arifin | Kamis, 23 Februari 2023

Mengenal Google Slides: Platform yang Sering Digunakan Perusahaan dan 9 Keunggulannya

Google Slides kaya akan fitur untuk membuat tampilan slide presentasi sesuai ide kreatif yang kamu miliki. Di artikel ini kamu akan memahami apa itu Google Slides dan 9 keunggulannya sehingga disukai oleh banyak kalangan termasuk perusahaan.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Dalam dunia pendidikan termasuk di lingkungan kerja, aktivitas presentasi adalah hal yang biasa dilakukan. Nah, salah satu platform untuk membuat materi presentasi yang mulai disukai oleh banyak orang adalah Google Slides. Bahkan banyak perusahaan menggunakan platform ini untuk membuat materi presentasi.

Apa Itu Google Slides?

Google Slides adalah platform untuk membuat dan mengedit materi presentasi. Kamu bisa menggunakan Google Slides secara online maupun offline (tanpa jaringan internet). Tapi, memang lebih mudah menggunakan Google Slides secara online karena ada fitur autosave  (menyimpan otomatis) yang akan menyimpan file presentasi secara otomatis.

Google Slides ini memang hampir mirip dengan PowerPoint, tapi Google Slides sudah menggunakan fitur cloud-based (penyimpanan berbasis cloud). Oleh sebab itu, kamu tidak perlu khawatir jika tiba-tiba jaringan internet bermasalah, mati listrik atau baterai laptop habis. Walau listrik tiba-tiba mati atau jaringan internet terputus, apa yang kamu kerjakan di slide tidak akan hilang.

9 Keunggulan Google Slides

Setidaknya, terdapat 9 keunggulan Google Slides yang akan memudahkan kamu untuk membuat materi presentasi. Keunggulan inilah yang membuat Google Slides banyak digunakan oleh perusahaan.

1. Gratis Digunakan Hanya dengan Akun Google 

Hanya dengan memiliki akun Google atau Gmail, kamu sudah bisa menggunakan Google Slides secara utuh dengan segala fiturnya secara gratis. Sebagai informasi, tidak banyak platform untuk membuat dan mengedit slide yang kaya akan fitur tersedia secara gratis seperti Google Slides.

Dengan keunggulan ini, Google Slides adalah pilihan tepat bagi pelajar termasuk siswa-siswi SMK, mahasiswa, pengajar bahkan perusahaan sekalipun. Bahkan ketika digunakan secara komersial, perusahaan tidak perlu membeli lisensi karena Google Slides benar-benar gratis.

Google Slides - GAMELAB.ID

2. Berbasis Web, Tidak Perlu Install

Biasanya, aplikasi presentasi mengharuskan kamu untuk mengunduh dan meng-install-nya baik itu di laptop, komputer atau bahkan HP/smartphone. Seringnya, aplikasi ini juga membutuhkan update. Bagi banyak orang, tentu semua aktivitas ini dapat mengganggu dan menghabiskan waktu.

Google Slides berbasis web sehingga kamu tidak perlu mengunduh atau meng-install-nya. Cukup kunjungi situs https://slides.google.com dan login dengan akun Google. Setelah itu, kamu bisa menggunakan Google Slides dengan segala fiturnya hanya lewat website. Kamu tidak perlu mengunduh, meng-install atau meng-update-nya.

3. Kolaborasi Real-Time

Keunggulan Google Slides berikutnya adalah adanya fasilitas atau fitur kolaborasi secara real-time (waktu nyata). Sehingga siapa pun yang memiliki akses terhadap file presentasi Google Slide dapat membuat perubahan (mengedit) secara real-time.

Fitur ini memungkinkan semua orang yang memiliki akses terhadap file tersebut dapat mengedit secara berbarengan. Setelah selesai mengedit, maka file akan otomatis tersimpan. Kamu juga bisa menambahkan komentar dengan fitur Komen (Comment) agar diketahui oleh orang lain yang memiliki akses ke file tersebut.

4. Mudah Diakses Di Mana Saja dan Kapan Saja

Ketika sedang terburu-buru dan lupa membawa flashdisk atau laptop berisi file presentasi, apa yang kamu rasakan? Tentu sangat kesal kan? Itu hanya terjadi ketika kamu menggunakan platform presentasi lain selain Google Slides. Tapi, ketika kamu menggunakan Google Slides, kamu tidak perlu khawatir lagi.

Ini karena file presentasi tersimpan di cloud, sehingga kamu dapat mengaksesnya dari device mana saja termasuk dari HP/smartphone. Ini layaknya sebuah e-mail yang bisa kamu akses kapan saja dan di mana saja selama ada jaringan internet dan device untuk mengaksesnya.

5. Materi Presentasi Tersimpan Otomatis

Di atas sudah disinggung tentang penyimpanan Google Slides yang berbasis cloud dan semua perubahan di slide akan tersimpan secara otomatis. Artinya, kamu tidak perlu menekan tombol Save atau Simpan, yang mana di Google Slides tidak ada opsi tersebut.

Oleh sebab itu, ketika kamu selesai mengedit file presentasi, file akan selalu tersimpan di cloud secara otomatis, dengan catatan terdapat jaringan internet. Kamu tidak perlu menyimpan secara manual karena semua perubahan pada slide akan tersimpan otomatis ke cloud.

Google Slides - GAMELAB.ID

6. Penyematan Elemen

Ketika kamu mengedit atau membuat materi presentasi, tentu kamu gunakan berbagai elemen seperti video, gambar hingga suara untuk melengkapi materi. Nah, di Google Slides semua fitur ini sangat nyaman untuk kamu gunakan. Bahkan kamu dapat menambahkan peta dan elemen grafis yang menarik.

Singkatnya, dengan Google Slides kamu dapat membuat materi presentasi yang terkesan profesional. Pastinya, untuk membuat tampilan slide yang profesional kamu membutuhkan skills dan pengetahuan tentang Google Slides termasuk mengetahui bagaimana menggunakan semua fiturnya.

7. Dapat Diakses di Berbagai Platform

Apapun perangkat atau device kamu, misalnya seperti laptop berbasis Windows, tablet atau smartphone berbasis Android hingga perangkat iOS, semua dapat kamu gunakan untuk mengakses Google Slides. Dengan demikian, apa pun platform yang kamu gunakan, selama kamu memiliki akun Google, kamu dapat menggunakan dan mengakses Google Slides.

Ya, kamu bisa mengedit atau melakukan perubahan dengan HP/smartphone, tablet, laptop dengan sistem operasi apa pun. Keunggulan Google Slides yang satu ini memang patut diacungi jempol.

8. Bisa Digunakan Secara Offline

Jangan salah, Google Slides dapat kamu akses secara offline. Sepertinya Google memahami bahwa pada kenyataannya kamu bisa saja berada di lokasi dengan jaringan internet yang tidak stabil atau lemah. Ketika kamu memiliki masalah jaringan internet dan harus membuat atau mengedit materi presentasi, lakukan saja di Google Slides.

Nanti, jika kamu berada di lokasi dengan jaringan internet yang lebih stabil, Google Slides akan melakukan sinkronisasi dan mengupdate file presentasi serta menyimpannya di Google Drive. Semua ini akan berjalan secara otomatis saat kamu perangkat yang kamu gunakan untuk membuat materi presentasi di Google Slides terhubung ke internet.

9. Mudah Dibagikan dengan Link

Di plaform lain, ketika akan membagikan file maka kamu bisa mengirimnya via e-mail. Tapi, di Google Slides kamu cukup membagikan link dari file tersebut. Nanti akan muncul pilihan apakah yang diberikan akses pada link tersebut dapat mengakses file secara penuh (melihat dan mengedit) atau hanya melihat saja.

Semua bisa kamu atur ketika kamu akan membagikan link tersebut. Jadi, kamu tidak perlu membagikan file lagi tapi cukup link saja. Sebagai catatan, jangan lupa untuk memberikan akses kepada penerima link tersebut. 

Caranya adalah dengan menambahkan e-mail para calon penerima pada saat kamu akan membagikan link. Yaitu dengan cara klik File - Share - Share to Others tambahkan e-mail penerima.

Google Slides - GAMELAB.ID

Baca Juga : 15 Rekomendasi Tools Marketing Praktis dari Google untuk Digital Marketer!

Penutup

Google Slides memang platform presentasi yang sangat powerful. Kamu bisa membuat presentasi dengan berbagai ide kreatif yang kamu miliki. Tentunya, kamu hanya perlu tahu caranya saja. Selebihnya, kamu dapat mengeksplor semua fitur yang ada.

Di GAMELAB.ID terdapat Kelas Industri yang di dalamnya terdapat pilihan materi Google Slides dan Membuat Presentasi dengan Google Slides yang bisa kamu ikuti. Untuk bisa mengikuti Kelas Industri, sekolah kamu harus mengadakan kerja sama dengan GAMELAB.ID terlebih dahulu.

Tapi, untuk melakukan presentasi kamu tidak hanya membutuhkan Google Slides saja tetapi juga skills kamu dalam berkomunikasi atau berbicara di depan umum. Keterampilan dalam komunikasi sangat penting untuk menunjang karier karena apa yang kamu sampaikan dapat diterima dan dipahami dengan baik oleh audiens.

Di GAMELAB.ID, kamu dapat mengikuti kelas Communication: Meningkatkan Keterampilan Komunikasi untuk Menunjang Karir. Di kelas ini kamu akan belajar bagaimana cara meningkatkan keterampilan komunikasi yang dapat membantu kariermu.

Nah, jika kamu tertarik dengan produk Google lainnya seperti Google Docs dan Google Sheets, kamu bisa mengikuti kelas Menguasai Google Docs dan Sheets Untuk Menjadi Tenaga Perkantoran Umum. Yuk, segera daftar sekarang.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Kamis, 23 Februari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI