BERITA SMK 4 Contoh Penulisan Latar Belakang Laporan PKL SMK [Bisa Ditiru]

4 Contoh Penulisan Latar Belakang Laporan PKL SMK [Bisa Ditiru]

Oleh Syamsul Arifin | Rabu, 1 Maret 2023

4 Contoh Penulisan Latar Belakang Laporan PKL SMK [Bisa Ditiru]

Dalam pembuatan laporan PKL, halaman Latar Belakang harus ditulis dengan baik dan benar. Buat kamu yang belum tahu bagaimana cara menulis Latar Belakang, silakan cek contoh berikut ini.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Laporan PKL (Praktik Kerja Lapangan) adalah salah satu tugas yang bersifat wajib bagi siswa-siswi SMK, terutama bagi kamu yang telah menyelesaikan kegiatan PKL atau Prakerin (Praktik Kerja Industri). Ini karena penilaian kegiatan PKL akan dilihat dari laporan PKL yang telah kamu buat.

4 Contoh Penulisan Latar Belakang

Dalam pembuatan laporan PKL, halaman Latar Belakang adalah bagian yang sangat penting. Bagi banyak siswa SMK, menulis halaman Latar Belakang adalah hal yang sulit. Tapi, kamu tidak perlu khawatir lagi karena di bawah ini ada beberapa contoh penulisan Latar Belakang yang bisa kamu tiru.

Contoh Latar Belakang 1

Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah program yang bertujuan untuk melatih siswa-siswi SMK untuk menerapkan apa yang sudah dipelajari di sekolah dan mengaplikasikannya pada dunia industri. Oleh sebab itu, kegiatan PKL bisa menjadi tolak ukur untuk menilai sejauh mana siswa-siswi SMK memahami dan mempraktikkan materi dari sekolah.

Pelaksanaan PKL juga merupakan sebagai sarana untuk mengenalkan dunia industri pada siswa-siswi SMK, agar lebih siap untuk berkompetisi setelah lulus nanti. Sehingga, dengan adanya pelaksanaan PKL, siswa-siswi SMK akan memiliki bekal untuk menghadapi dunia kerja sekaligus memiliki kompetensi untuk bersaing.

PKL bagi siswa-siswi SMK sangat penting karena selain yang sudah disebutkan di atas, kegiatan PKL juga dapat memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan siswa-siswi SMK dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin untuk lebih mengenal dunia industri.

Di sisi lain, PKL dapat membantu siswa-siswi SMK untuk meningkatkan kualitas keterampilan (skills) yang selama ini didapatkan di sekolah. Dengan begitu, saat masuk dunia industri nanti, siswa-siswi SMK tidak kaget lagi dan lebih siap untuk berkompetisi secara sehat.

Contoh Latar Belakang 2

Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah bagian dari pembelajaran akademik siswa-siswi SMK untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan agar menjadi tenaga kerja yang lebih siap dan profesional. Kegiatan PKL diharapkan dapat menjadi wadah bagi siswa-siswi SMK untuk mengembangkan sekaligus meningkatkan keterampilan yang sudah dimiliki sesuai jurusan masing-masing.

Dengan demikian, siswa-siswi SMK yang telah mengikuti kegiatan PKL nantinya dapat menjadi tenaga kerja berkualitas dan mampu bersaing secara sehat di dunia industri. Kegiatan PKL juga secara langsung dapat memberikan pengalaman, pengetahuan dan wawasan siswa-siswi SMK mengenai dunia industri.

Pelaksanaan kegiatan PKL juga bertujuan untuk menghubungkan antara dunia pendidikan dengan dunia industri. Pada kenyataannya, kegiatan ini dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Bagi industri, pelaksanaan PKL dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan. Dengan kegiatan PKL, industri juga turut mendukung program pemerintah dan pastinya industri dapat memiliki tenaga kerja sementara yang turut membantu kegiatan industri.

Sedangkan bagi sekolah, pelaksanaan PKL dapat menjadi program untuk mempraktikkan segala teori dan keterampilan yang mereka pelajari di sekolah. Sehingga kegiatan ini dapat mencetak lulusan SMK yang lebih berkompeten dan siap untuk berkompetisi di dunia kerja.

Contoh Latar Belakang - GAMELAB.ID

Contoh Latar Belakang 3: Laporan PKL SMK TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)

Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang diselenggarakan oleh SMK Negeri 1 Ibu Pertiwi adalah salah satu program yang bersifat wajib dan dilaksanakan secara berkala setiap tahun. Kegiatan ini dilaksanakan oleh siswa-siswi SMK Negeri 1 Ibu Pertiwi kelas XI sebagai bagian dari program atau kegiatan pembelajaran dan pelatihan sekolah.

Secara umum, PKL memiliki tujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan keterampilan siswa-siswi SMK Negeri 1 Ibu Pertiwi dalam bidang tertentu sesuai jurusan masing-masing. Adapun untuk jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan), salah satu tujuannya adalah mempersiapkan tenaga kerja yang handal di bidang digital dan komputer.

Dalam proses pembelajarannya, siswa-siswi SMK jurusan TKJ telah mempelajari sistem dan komponen komputer termasuk program-program yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu, kegiatan PKL yang dilakukan oleh siswa-siswi SMK Negeri 1 Ibu Pertiwi jurusan TKJ ini menjadi wadah untuk mempraktikkan semua teori dan keterampilan yang telah dipelajari di sekolah untuk diterapkan di dunia industri.

Dapat dikatakan, bahwa siswa-siswi SMK lulusan jurusan TKJ dapat menjadi tenaga terampil dengan kompetensi tinggi dan menjadi incaran berbagai perusahaan karena kebutuhan akan tenaga terampil di bidang IT sangat besar.

Dengan alasan tersebut, penulis melaksanakan kegiatan PKL di perusahaan swasta yang bergerak di bidang teknologi bernama PT Komputer Utama sebagai IT Support. PT Komputer Utama membutuhkan tenaga IT Support untuk melengkapi tim internal perusahaan dan membantu operasional perusahaan. Adapun, laporan PKL ini ditulis untuk memperlihatkan hasil kerja penulis di PT Komputer Utama selama 4 bulan. 

Selama masa PKL tersebut, penulis juga mendapatkan banyak kesempatan untuk belajar berbagai hal tentang dunia IT. Tentunya, penulis juga turut menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang selama ini telah dipelajari di sekolah untuk melakukan pekerjaan secara maksimal.

Secara keseluruhan, pelaksanaan PKL di PT Komputer Utama berjalan dengan baik dan lancar. Dengan demikian, penulis pun dapat menyelesaikan kegiatan tersebut tanpa kendala dan diakhiri dengan pembuatan laporan PKL ini. Semoga, laporan ini dapat memberikan manfaat bagi penulis dan pembaca sekalian. Terima kasih.

Contoh Latar Belakang - GAMELAB.ID

Contoh Latar Belakang 4: Laporan PKL SMK Administrasi Perkantoran

Praktik Kerja Lapangan atau sering disingkat PKL adalah sarana bagi siswa-siswi SMK untuk mengenal dunia kerja sehingga ketika lulus nanti sudah lebih terbiasa. Bagi siswa-siswi SMK Jurusan Administrasi Perkantoran, kegiatan PKL ini sangat penting karena jurusan ini membutuhkan banyak praktik kerja di lapangan secara nyata.

Jurusan Administrasi Perkantoran adalah jurusan yang mempelajari berbagai ilmu dan keterampilan yang berhubungan dengan administrasi, manajemen perkantoran hingga keuangan. Jurusan ini sangat populer karena peluang kerjanya sangat besar seiring dengan besarnya permintaan perusahaan akan tenaga terampil di bidang administrasi perkantoran.

Untuk memenuhi kebutuhan lulusan Jurusan Administrasi Perkantoran yang memenuhi standar perusahaan, penulis melakukan magang atau PKL di perusahaan swasta bernama PT Maju Sejahtera. PT Maju Sejahtera merupakan perusahaan retail dan di sini penulis bertugas sebagai bagian dari staff Administrasi.

Secara umum, pekerjaan penulis di PT Maju Sejahtera adalah menyusun laporan absensi dan kegiatan administrasi lainnya dengan menggunakan software selama 3 bulan. Laporan PKL ini ditulis sebagai bukti dan hasil kerja kegiatan PKL penulis di PT Maju Sejahtera selama 3 bulan. 

Selama masa PKL, penulis berhasil menerapkan apa yang sudah didapatkan selama di SMK ke dunia kerja. Tentunya, kegiatan PKL ini turut memberikan pengetahuan dan wawasan penulis tentang dunia kerja. Selain itu, PKL ini juga membantu penulis untuk meningkatkan keterampilan di bidang administrasi perkantoran.

Akhir kata, semoga laporan PKL ini dapat memberikan wawasan, pengetahuan dan informasi yang bermanfaat bagi pembaca. Penulis juga tidak lupa sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulisan laporan PKL ini.

Contoh Latar Belakang - GAMELAB.ID

Baca Juga : Kerjasama Magang Siswa SMK Maarif 1 Temon dan Gamelab Indonesia

Penutup

Dalam penulisan halaman Latar Belakang laporan PKL atau magang ini, yang menjadi poin penting adalah kamu menyampaikan apa yang menjadi latar belakang dari kegiatan PKL tersebut. Oleh sebab itu, kamu bisa menuangkan ide kreatif saat menuliskan latar belakang tanpa terpaku pada contoh di atas.

Tetapi, satu hal yang harus kamu perhatikan adalah pembuatan halaman Latar Belakang, bahkan laporan PKL secara umum akan lebih mudah jika tempat PKL memberikan tugas atau pekerjaan yang jelas dan terstruktur. Oleh sebab itu, kamu harus memilih tempat PKL yang benar-benar dapat membantu kamu meningkatkan skills atau keterampilan sesuai jurusan SMK.

GAMELAB.ID adalah tempat yang tepat untuk melaksanakan kegiatan PKL atau magang. Program magang di GAMELAB.ID sangat terstruktur dengan materi sesuai dengan kurikulum industri. Program magang ini juga akan dibimbing oleh trainer berpengalaman dan profesional. 

Setidaknya, ada beberapa keuntungan magang di GAMELAB.ID yang bisa kamu dapatkan. Nah, buat kamu yang ingin magang di GAMELAB.ID bisa hubungi Tim GAMELAB.ID ya dengan klik link ini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Terima kasih.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Rabu, 1 Maret 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI