BERITA SMK 5 Keunggulan Jurusan RPL/PPLG di SMK

5 Keunggulan Jurusan RPL/PPLG di SMK

Oleh Syamsul Arifin | Rabu, 1 Maret 2023

5 Keunggulan Jurusan RPL/PPLG di SMK

Jurusan RPLG memiliki berbagai keunggulan yang dapat membuat banyak generasi muda saat ini memilihnya baik di tingkat SMK maupun Perguruan Tinggi. Yuk, cek 5 keunggulan dari jurusan RPL/PPLG

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Kemajuan teknologi saat ini mendorong banyak orang untuk terus meningkatkan keterampilan agar tidak tertinggal. Lowongan pekerjaan yang berhubungan dengan pemanfaatan teknologi ini pun sangat terbuka lebar. Ini membuat generasi muda di Indonesia menyukai belajar tentang teknologi, termasuk teknologi informasi dengan memilih jurusan SMK RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) atau PPLG (Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim).

Apa Itu Jurusan RPL

Trend dunia IT (Informasi Teknologi) ini, membuat jurusan SMK RPL/PPLG makin diminati. Nah, sebelum membahas beberapa keunggulan jurusan RPL/PPLG ini, ada baiknya untuk mengenal terlebih dahulu apa itu jurusan RPL/PPLG.

Jurusan RPL atau saat ini disebut dengan istilah PPLG adalah jurusan yang mempelajari pemrograman yang berkaitan dengan desktop (komputer), android, website dan lain sebagainya. Tentu saja, RPL ini juga mempelajari tentang pemrograman yang berhubungan dengan game dan termasuk memecahkan masalah melalui algoritma.

Keunggulan Jurusan RPL/PPLG

Ada beberapa kelebihan jurusan RPL/PPLG yang membuat banyak generasi muda memilihnya baik ketika di SMK maupun di Perguruan Tinggi. Berikut ini beberapa daftarnya:

1. Peluang Kerja Terbuka Lebar

Saat ini hampir semua aspek kehidupan sudah menggunakan sistem aplikasi atau komputerisasi. Banyak perusahaan saat ini juga mulai beralih menggunakan teknologi berbasis komputer untuk pengolahan data atau bahkan untuk manajemen dan pemasarannya (digital marketing).

Oleh sebab itu, banyak banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga IT dari mulai yang tingkat junior hingga tingkat senior atau profesional. Apalagi jika perusahaan tersebut bergerak di bidang atau industri yang berhubungan dengan komputer, game atau aplikasi, sudah pasti membutuhkan tenaga terampil sesuai bidang tersebut.

Jurusan RPLG - GAMELAB.ID

2. Ada Banyak Profesi yang Bisa Dipilih

Bagi kamu yang memilih jurusan RPL/PPLG, kamu sangat beruntung karena ada banyak profesi yang bisa kamu pilih. Misalnya seperti IT consultant, web designer, game developer, system analyst, software tester hingga programmer. Profesi ini juga sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan dari berbagai industri. 

Diprediksikan, profesi-profesi di atas memiliki prospek karier yang panjang hingga di masa depan. Ini karena dunia digital dan komputer terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Kamu hanya perlu meningkatkan keterampilan sesuai dengan kebutuhan perusahaan di industri teknologi informasi ini.

3. Bisa Menjadi Startup Founder

Lulusan SMK jurusan RPL, tidak harus selalu menjadi karyawan atau mengirim lamaran pekerjaan ke sana kemari. Buat kamu yang memiliki keterampilan di atas rata-rata seperti jago ngoding, membuat website, menciptakan aplikasi atau game kamu bisa mendirikan perusahaan startup.

Perusahaan startup yang fokus di bidang teknologi saat ini sedang menjamur. Jika perusahaan startup yang kamu dirikan memiliki valuasi yang tinggi, maka investor pun akan melirik. Pada akhirnya, kamu berkesempatan untuk mendirikan perusahaan startup yang dikenal di dalam dan luar negeri.

Jurusan RPLG - GAMELAB.ID

4. Berkesempatan Bekerja di Perusahaan Luar Negeri

Tenaga ahli di bidang IT atau programmer atau ahli coding, tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan dalam negeri, tetapi juga luar negeri. Jika kamu mahir berbahasa Inggris dan skills yang kamu miliki juga mumpuni, maka kamu berkesempatan untuk melamar pekerjaan di perusahaan luar negeri dengan sistem remote.

Perusahaan luar negeri ini bisa memberikan gaji yang besar dan kamu bisa bekerja dari mana saja. Untuk gajinya biasanya dikirim dalam bentuk dolar. Oleh sebab itu, jika kamu ingin bekerja di perusahaan luar negeri, kamu harus meningkatkan skills kamu mulai dari sekarang.

5. Prospek Gaji Besar

Buat kamu yang menginginkan bekerja dengan gaji besar, maka jurusan RPL/PPLG adalah pilihan tepat. Bagaimana tidak, kamu berkesempatan untuk mendapatkan gaji besar. Misalnya dengan memilih profesi cloud computing engineers, di mana range gajinya sekitar Rp10.000.000 per bulan.

Menurut situs payscale.com, seorang ahli di bidang Information Technology Leadership berkesempatan untuk mendapatkan gaji sekitar Rp12.000.000 per bulan. Tentunya, untuk mendapatkan gaji yang besar, dibutuhkan keterampilan yang memang dapat memenuhi kebutuhan industri atau perusahaan.

Jurusan RPLG - GAMELAB.ID

Baca Juga : Ekplorasi Game VR dan Animasi, SMK PGRI 1 Ponorogo Kunjungan ke Gamelab Indonesia

Penutup

Memilih jurusan RPL/PPLG di SMK memang keputusan yang tepat. Kamu hanya perlu belajar dengan serius dan mempraktekkan apa yang telah kamu pelajari di sekolah. Selanjutnya, pastikan untuk terus meningkatkan skills kamu karena industri yang membutuhkan tenaga ahli di bidang RPL/PPLG juga terus berkembang.

Kamu bisa memulainya dengan ikut Kelas Akademi di GAMELAB.ID. Ada banyak pilihan kelas terbaik untuk meningkatkan skills kamu. Di setiap kelas yang kamu pilih, nantinya kamu akan mempelajari dan mempraktikkan materi sesuai kurikulum industri. Di akhir kelas, kamu juga bisa membuat karya terbaik sesuai dengan materi yang telah kamu pelajari. 

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera ikuti Kelas Akademi di GAMELAB.ID untuk optimasi skills dan sukses dengan jurusan RPLG. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa hubungi Tim GAMELAB.ID dengan klik link ini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Rabu, 1 Maret 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI