BERITA PRAKERJA Solusi Tidak Bisa Login Prakerja 2023, Padahal KTP Sudah Terdaftar

Solusi Tidak Bisa Login Prakerja 2023, Padahal KTP Sudah Terdaftar

Oleh Syamsul Arifin | Rabu, 1 Maret 2023

Solusi Tidak Bisa Login Prakerja 2023, Padahal KTP Sudah Terdaftar

KTP sudah terdaftar di situs prakerja.go.id tapi kamu tidak bisa login? Ternyata tidak sedikit peserta Prakerja 2023 yang mengalami masalah ini. Kamu bisa menemukan jawaban dan solusinya di artikel ini.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Prakerja 2023 atau Prakerja Gelombang 48 resmi dibuka. Untuk tahap awal, pemerintah setidaknya memulai program Prakerja 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 10.000 orang. Jumlah ini akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya lembaga pelatihan yang menjadi mitra Prakerja Gelombang 48.

Pendaftaran Prakerja 2023

Setelah memiliki akun Prakerja 2023, bagi peserta yang lolos tahap verifikasi dan tes online, nantinya dapat mengikuti pelatihan online, offline dan hybrid (gabungan keduanya) dengan jumlah total 15 jam. Jumlah ini merupakan jumlah secara keseluruhan selama mengikuti program Kartu Prakerja 2023.

Adapun untuk insentifnya adalah sebesar Rp4,2 juta per orang. Untuk pembagiannya, kamu bisa melihat artikel Wow, Insentif Kartu Prakerja 2023 Alami Kenaikan, Ini Detailnya!. Pada artikel tersebut, kamu juga akan melihat perbedaan antara insentif Kartu Prakerja 2022 dan Kartu Prakerja 2023.

Kamu perlu tahu jika pendaftaran akun Prakerja 2023 hanya lewat online melalui situs prakerja.go.id. Selain dari situs tersebut, kamu tidak bisa mendaftarnya. Kamu bisa mendaftar akun Prakerja 2023 melalui laptop, komputer atau bahkan daftar lewat HP (smartphone).

Tapi, salah satu kendala yang dialami oleh peserta Program Kartu Prakerja Gelombang 48 adalah mereka tidak bisa login karena KTP (Kartu Tanda Penduduk) dianggap tidak valid. Jika kamu memiliki permasalahan yang sama, kamu bisa ikuti cara di bawah ini.

Prakerja 2023 - GAMELAB.ID

Solusi Tidak Bisa Login karena KTP tidak Valid

Kamu mungkin sudah berhasil memiliki akun Prakerja 2023. Tetapi, bisa saja kamu mengalami kendala pada saat mau login karena NIK (Nomor Induk Kependudukan) dianggap tidak valid oleh sistem pada situs prakerja.go.id. Tenang, kamu bisa mencoba cara berikut ini:

1. Kunjungi situs resmi https://www.prakerja.go.id/

2. Login seperti biasa dengan memasukkan NIK dan password yang kamu gunakan saat melakukan pendaftaran akun Prakerja 2023

3. Ketika gagal login, pilih (klik) menu 'Lupa Password'

4. Setelah itu, kamu akan diminta untuk memasukkan kembali NIK yang sama dan password baru. Gunakan password yang berbeda, unik dan yang sekiranya mudah diingat tapi tidak lemah. Kamu mungkin bisa menyimpan password tersebut di HP (smartphone).

5. Klik menu ‘Konfirmasi’, seharusnya kamu sudah bisa kembali login dengan NIK yang sama dan password baru.

6. Jika masih mengalami kesulitan login, cara selanjutnya adalah dengan menghubungi Customer Service Prakerja.

7. Silakan mengisi formulir pengaduan melalui situs resmi https://www.prakerja.go.id/formulir-pengaduan.

8. Kamu juga bisa melakukan komplain atau menghubungi Customer Service via e-mail. Silakan kirimkan keluhan kamu ke alamat e-mail info@prakerja.go.id

9. Jika kamu sudah menghubungi Customer Service, maka mereka akan melakukan konfirmasi ke pihak Dukcapil terlebih dahulu. Konfirmasi ini dilakukan untuk mencocokkan data NIK yang kamu daftarkan dengan data dari Dukcapil.

10. Tunggu info dari Customer Service dan ikuti segala arahan yang diberikan. Pihak Customer Service akan membantu kamu hingga kamu bisa kembali login dan mengikuti Program Kartu Prakerja Gelombang 48.

Prakerja 2023 - GAMELAB.ID

Baca Juga : Prakerja Gelombang Terbaru Segera Dibuka, Cek Persyaratannya di Sini!

Penutup

Jika sudah kembali bisa login, pastikan untuk mengikuti Kelas Prakerja di GAMELAB.ID. GAMELAB.ID secara resmi menjadi partner atau mitra Prakerja 2023 dengan menjadi lembaga pelatihan resmi.

Kelas Prakerja di GAMELAB.ID diformulasikan khusus untuk peserta Program Kartu Prakerja dengan kurikulum industri (kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini). Sehingga, lulus dari Kelas Prakerja kamu akan memiliki skills yang dibutuhkan industri. Kamu akan lebih percaya diri untuk melamar kerja di perusahaan impian.

Tunggu apalagi? Yuk, segera gunakan saldo pelatihan Kartu Prakerja kamu untuk mengikuti kelas favorit di GAMELAB.ID. Untuk informasi lebih lanjut seputar program Kartu Prakerja 2023 di GAMELAB.ID, kamu dapat menghubungi Tim GAMELAB.ID dengan klik link ini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Rabu, 1 Maret 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI