BERITA BISNIS & ADMINISTRASI Mengenal Strategi Pemasaran: Pengertian, Fungsi dan Elemennya!

Mengenal Strategi Pemasaran: Pengertian, Fungsi dan Elemennya!

Oleh Syamsul Arifin | Rabu, 1 Maret 2023

Mengenal Strategi Pemasaran: Pengertian, Fungsi dan Elemennya!

Strategi pemasaran adalah kegiatan yang sangat penting bagi setiap perusahaan yang ingin berkembang dan meningkatkan penjualan atau keuntungan. Yuk, kenali lebih dalam tentang strategi pemasaran di artikel berikut.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Strategi pemasaran adalah hal yang sangat penting untuk dipahami oleh setiap orang yang terjun di industri pemasaran atau marketing. Ini termasuk kamu yang memilih jurusan pemasaran di SMK atau Perguruan Tinggi. Yuk, kenali lebih jauh tentang strategi pemasaran dengan baca artikel ini sampai selesai ya.

Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah rencana yang dibuat untuk mempromosikan produk baik berupa barang atau jasa termasuk untuk mempromosikan brand perusahaan (branding). Sehingga, aktivitas dari strategi pemasaran ini bisa sangat beragam.

Tujuan strategi pemasaran adalah untuk mengenalkan brand, produk (barang atau jasa) dan tentu saja untuk meningkatkan penjualan atau mendapatkan keuntungan. Adapun istilah lain dari strategi pemasaran adalah marketing strategy.

Strategi pemasaran adalah bagian penting dari setiap aktivitas perusahaan. Ini karena semua perusahaan tentu ingin menjangkau target konsumen lebih banyak, terutama konsumen yang dianggap prospektif. Kemudian, lewat strategi pemasaran perusahaan juga dapat mengubah konsumen prospektif menjadi konsumen tetap.

Fungsi Strategi Pemasaran

Lalu, apa saja fungsi dari strategi pemasaran? Secara umum, fungsi strategi pemasaran meliputi beberapa hal berikut ini. Silakan simak ya.

1. Meningkatkan Inovasi dan Pengembangan Bisnis

Dengan strategi pemasaran yang tepat, kamu dapat mengetahui kebutuhan konsumen saat ini atau mengetahui trend apa yang sedang disukai oleh konsumen. Dengan demikian, jika saat ini produk kamu belum dapat memenuhi kebutuhan konsumen maka kamu perlu membuat inovasi. 

Inovasi dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis dan selalu mengikuti keinginan serta kebutuhan konsumen. Bisnis akan mampu bersaing jika selalu melakukan inovasi. 

Sebagai contoh, konsumen memang tidak membutuhkan tas baru setiap bulan, tapi dengan strategi pemasaran yang baik, konsumen seakan merasa butuh dan ingin membeli tas baru setiap bulan. Ini adalah contoh sederhana agar mudah dipahami.

2. Membuat Koordinasi Tim Lebih Efektif

Strategi pemasaran juga dapat membantu koordinasi tim pemasaran lebih terarah dan efektif. Ini terjadi karena dengan adanya strategi pemasaran, semua pekerjaan yang berhubungan dengan pemasaran akan diarahkan pada tujuan yang sama.

Strategi pemasaran ini kemudian akan di-breakdown atau dirinci menjadi tugas untuk masing-masing staff baik di divisi pemasaran atau divisi lain yang berkaitan. Sehingga, kegiatan setiap staff yang ada di dalam tim pemasaran dan lainnya akan lebih terarah dan fokus sesuai dengan strategi pemasaran yang telah ditetapkan.

Strategi Pemasaran - GAMELAB.ID

3. Tujuan Perusahaan Terarah

Tujuan bisnis adalah hal yang sangat penting bagi setiap perusahaan. Dengan adanya strategi pemasaran, perusahaan dapat memiliki tujuan bisnis yang lebih terarah. Tujuan bisnis ini bisa berupa target besar (jangka panjang) atau target kecil (jangka pendek) di setiap bulan.

Tujuan bisnis yang jelas dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan nilai ekonomi. Selain itu, tujuan ini juga membantu perusahaan untuk mencapai target-target kecil atau jangka pendek.

4. Mengontrol Kegiatan Pemasaran

Strategi pemasaran juga dapat menjadi alat kontrol terhadap kegiatan pemasaran yang sedang berlangsung. Sebagai contoh, kamu bisa melihat bagaimana kinerja strategi marketing saat ini, apakah sudah efektif atau belum. 

Jika sudah, maka apa yang bisa ditingkatkan atau mana yang perlu dipertahankan. Sebaliknya, jika ternyata target belum tercapai maka kamu bisa melakukan kontrol untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab target tidak tercapai. 

Apakah strategi pemasaran yang diterapkan ada yang salah atau tim yang menjalankannya kurang maksimal. Bisa juga tim sudah maksimal dan strategi juga sudah dijalankan dengan baik, tapi target tidak tercapai karena ternyata kompetitor memiliki strategi pemasaran yang lebih inovatif.

5. Meningkatkan Penjualan (Keuntungan)

Semua aktivitas pemasaran pada akhirnya adalah harus dapat meningkatkan penjualan atau keuntungan. Tapi, untuk dapat meningkatkan penjualan maupun keuntungan bukan hal yang mudah, apalagi jika targetnya sangat besar.

Dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat dengan mengenal target pasar yang jelas, produk yang tepat dan pastinya strategi lainnya. Sehingga konsumen akan merasa butuh produk (barang atau jasa) perusahaan. Ketika konsumen butuh, mereka pun mendapatkan kemudahan untuk mendapatkan produk tersebut.

Strategi Pemasaran - GAMELAB.ID

Elemen Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan setiap perusahaan. Nah, strategi pemasaran yang tepat setidaknya mengandung 5 elemen atau sering juga disebut dengan istilah 5P (Product, Price, Promotion, Place dan People). Simak penjelasan berikut:

1. Product (Produk)

Produk bisa berupa barang atau jasa (layanan). Produk adalah elemen pertama dari strategi pemasaran. Dalam strategi pemasaran, produk adalah unsur utama dan sangat penting. 

Dalam menentukan produk, kamu harus mempertimbangkan beberapa hal seperti fungsi, kualitas, tampilan hingga pengemasan. Jika produk itu berupa jasa atau layanan, maka berikan keunggulan dan kenapa orang membutuhkan jasa tersebut.

2. Price (Harga)

Elemen strategi pemasaran berikutnya adalah price (harga). Jika berbicara tentang harga, maka kamu harus memperhatikan tentang value atau nilai. Apa yang akan didapatkan oleh konsumen dengan harga yang telah ditetapkan.

Sehingga, dalam menentukan harga kamu harus mempertimbangkan manfaat, fungsi, keunggulan dan kualitas produk tersebut. Selain itu, bisa juga dengan kemudahan melakukan pembayaran seperti bisa menggunakan kartu debit atau dengan e-money.

3. Promotion (Promosi)

Promosi adalah kegiatan untuk mengenalkan brand atau produk pada calon konsumen. Dalam strategi pemasaran, memilih metode promosi yang tepat adalah keharusan. Kamu harus dapat menentukan metode promosi yang sesuai dengan karakter produk yang ditawarkan.

Sehingga, kegiatan promosi tidak akan memakan budget terlalu banyak. Bagaimana pun, biaya untuk promosi akan diambil dari keuntungan produk yang dijual. Tapi, dengan promosi yang tepat, baik itu berbayar maupun gratis sangat berpengaruh terhadap peningkatan penjualan.

4. Place (Tempat)

Yang dimaksud dengan tempat sebagai elemen strategi pemasaran adalah kamu harus bisa memilih tempat pemasaran yang tepat. Tempat ini berarti area di mana produk dilihat, dibuat, dijual hingga didistribusikan.

Dengan maraknya industri pemasaran digital atau digital marketing, maka tempat ini bisa dibagi menjadi dua. Yaitu tempat yang berarti secara fisik di mana lokasi bisnis dapat ditemukan di dunia nyata dan tempat secara digital. Tempat secara digital bisa berupa website, toko online dan lain sebagainya.

5. People (Orang-orang)

Elemen strategi pemasaran terakhir adalah orang atau sumber daya manusia. Dalam bisnis, berarti staf perusahaan yang menjalankan semua kegiatan pemasaran. Misalnya staf dari divisi pemasaran, produksi hingga staf yang melakukan distribusi.

Dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat, penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan sumber daya manusia yang ada. Misalnya, tenaga untuk produksi hanya mampu memproduksi 1.000 barang setiap hari, jika penjualan mengalami peningkatan maka harus ada strategi yang tepat.

Strategi yang bisa dilakukan adalah menambah jumlah tenaga produksi, menambah waktu kerja dengan kompensasi penambahan upah atau menambahkan mesin dan peralatan produksi agar kemampuan produksi dapat meningkat.

Strategi Pemasaran - GAMELAB.ID

Baca Juga : Rahasia Tersembunyi, Strategi Email Marketing yang Meningkatkan Penjualan!

Penutup

Strategi pemasaran adalah hal yang sangat penting bagi bisnis atau perusahaan yang ingin meningkatkan penjualan (keuntungan). Strategi pemasaran ini juga bisa digunakan untuk pengenalan brand (brand awareness) kepada calon konsumen.

Menarik sekali kan belajar tentang pemasaran? Tapi, lebih menarik lagi jika kamu dapat meningkatkan skills di bidang pemasaran. GAMELAB.ID memiliki Kelas Bisnis yang dapat kamu ikuti untuk optimasi skills kamu di bidang pemasaran. 

Hingga 30 Maret 2023, kamu bisa menggunakan promo Coba Kelas Gratis di GAMELAB.ID. Dengan promo ini, kamu bisa coba mengikuti kelas secara gratis terlebih dahulu, tanpa perlu membayar. Yuk, segera cek daftar kelasnya dan pilih kelas sesuai passion kamu dan manfaatkan promo Coba Kelas Gratis ini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Rabu, 1 Maret 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI